DPR Setujui Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers, Siap Perkuat Timnas!

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 18 September 2024 - 20:11 WIB

Foto Kolase Eliano Reijnders dan Mees Hilgers bersama Erick Thohir (Foto TvOnenews com)
Foto Kolase Eliano Reijnders dan Mees Hilgers bersama Erick Thohir (Foto TvOnenews com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komisi III DPR RI secara resmi menyetujui permohonan naturalisasi dua pemain keturunan, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers, untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

Keputusan tersebut diambil dalam rapat kerja Komisi III bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Atgas, serta perwakilan PSSI di Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Sebelum menyetujui, Komisi III terlebih dahulu memverifikasi kelengkapan dokumen yang diajukan oleh Kementerian Hukum dan HAM terkait proses naturalisasi kedua pemain. 

Setelah dinyatakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, persetujuan diberikan oleh seluruh anggota Komisi III.

Pimpinan rapat, Pangeran Khairul Saleh, menutup sesi dengan mengonfirmasi keputusan dari seluruh anggota, yang menyetujui proses naturalisasi. "Kawan-kawan, kira-kira apakah setuju?" tanya Khairul, yang kemudian dijawab dengan suara bulat "setuju" oleh anggota Komisi III.

Selanjutnya, proses naturalisasi akan berlanjut ke rapat kerja dengan Komisi X DPR, sidang paripurna, dan kemudian Keputusan Presiden (Keppres). 

Tahap terakhir adalah pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kementerian Hukum dan HAM, sebelum kedua pemain resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan dapat berpindah federasi.

Dalam rapat kerja, Menpora Dito Ariotedjo memaparkan profil singkat kedua pemain. Eliano Reijnders dan Mees Hilgers memiliki darah keturunan Indonesia dan diharapkan dapat memperkuat Timnas dalam ajang internasional. 

Kedua pemain ini akan berperan penting dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027, yang merupakan bagian dari target jangka pendek.

Untuk jangka panjang, naturalisasi ini diharapkan dapat membawa Timnas Indonesia mencapai peringkat 100 besar dunia atau 10 besar di Asia.

Sidang paripurna untuk persetujuan akhir rencananya akan digelar pada Kamis (19/9/2024), sebelum dilanjutkan dengan pelantikan di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Dengan ini, Indonesia semakin memperkuat barisan pemainnya di level internasional, sekaligus mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai turnamen penting di masa mendatang. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung livin dan Kopra by Mandiri

Sabtu, 28 September 2024 - 14:52 WIB

Fantastis ! Aset Bank Mandiri Tumbuh 46% sejak 2020, Tegaskan Peran BUMN Dalam Pembangunan Ekonomi

Bank Mandiri sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus konsisten menjaga pertumbuhan bisnis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Terbukti, hingga kuartal II 2024, total aset konsolidasi…

Gelar Rakernas ke-20 sekaligus merayakan HUT ke-26, PSMTI siap berkontribusi dalam rangka mendorong pembangunan ekonomi nasional.

Sabtu, 28 September 2024 - 13:52 WIB

Dalam Rakernas ke-20 PSMTI Ungkap Lima Poin Harapan Dalam Menyosong Indonesia Emas 2045

Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Wilianto Tanta, menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung pembangunan nasional dalam Rakernas ke-20 dan peringatan HUT PSMTI…

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas

Sabtu, 28 September 2024 - 13:33 WIB

Tips: Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas, Dijamin Tetap Segar dan Terjaga Kualitasnya

Kulkas menjadi alat elektronik paling penting di rumah untuk menjaga makanan tetap segar dan tahan lama. Kulkas tidak hanya berfungsi sebagai wadah pendingin, tetapi juga dapat memperlambat…

Midea Hadiran Solusi Sistem Tata Udara Komersial hingga Rumah Tangga di Pameran RHVAC Indonesia

Sabtu, 28 September 2024 - 13:28 WIB

Midea Hadiran Solusi Sistem Tata Udara Komersial hingga Rumah Tangga di Pameran RHVAC Indonesia

Perusahaan alat elektronik kelas dunia, Midea Electronics Indonesia, hadir di pameran RHVAC Indonesia yang digelar di Jiexpo Kemayoran – Jakarta, pada 25 – 27 September 2024.

Talk show Industrial Festival 2024 bertajuk How to Gain Profit Through Marketplace

Sabtu, 28 September 2024 - 13:23 WIB

Influencer Top Zaskia Meica Blak-Blakan Ungkap Cara Meraih Cuan di Industrial Festival Kemenperin

Influencer yang juga entrepeneur muda Zaskia Adya Mecca berkesempatan menjadi pembicara dalam talk show Industrial Festival 2024 bertajuk How to Gain Profit Through Marketplace di Tangerang,…