MIND ID Dukung Industri Pertambangan Jadi Tulang Punggung Ekonomi

Oleh : Candra Mata | Rabu, 18 September 2024 - 13:21 WIB

MIND ID berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menjadikan industri mineral dan batubara sebagai tulang punggung ekonomi.
MIND ID berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menjadikan industri mineral dan batubara sebagai tulang punggung ekonomi.

INDUSTRY.co.id - Jakarta — BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menjadikan industri mineral dan batubara sebagai tulang punggung ekonomi.

MIND ID konsisten mendukung penciptaan nilai tambah komoditas mineral kelolaan melalui program hilirisasi serta industrialisasi, sehingga mampu menyerap dan meningkatkan kualitas tenaga kerja sekaligus mampu memberikan kontribusi optimal pada penerimaan negara.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan, pengembangan sumber daya alam lewat program hilirisasi dan industrialisasi telah memberikan dampak positif pada peningkatan serapan tenaga kerja lokal.

Kualitas tenaga kerja juga terus meningkat yang dibuktikan dari kontribusi tenaga kerja lokal pada operasional dan manajerial yang semakin besar pada usaha-usaha Grup MIND ID.

Kontribusi pada penerimaan negara juga terus meningkat dari sisi pajak, dividen dan penerimaan bukan pajak lainnya seiring dengan peningkatan produksi serta nilai tambah dari produk turunan yang dihasilkan.

“Kami sadar sebagai aset milik negara, kami harus mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi perekonomian. Kami pun yakin kekayaan sumber daya alam ini mampu dijadikan kekuatan untuk basis kita mengembangkan ekonomi masa depan," kata Hendi.

Lebih lanjut Hendi menjelaskan, Indonesia memiliki tenaga kerja yang besar dan membutuhkan lapangan pekerjaan besar dan berkualitas. Grup MIND ID memiliki kemampuan untuk terus menyediakan proyek-proyek strategis yang mampu mengakomodir kebutuhan penyerapan tenaga kerja tersebut.

Selanjutnya, Grup MIND ID juga mampu menyediakan komoditas mineral yang mampu menyokong penguatan industri hilir Indonesia. Mineral kelolaan Indonesia juga mampu mencukupi kebutuhan industri untuk bertransformasi sekaligus menyongsong program transisi energi.

"MIND ID, tentunya dengan pelaku usaha swasta lainnya, mampu menjadi pemasok bahan baku untuk industri barang jadi yang akan membuat skala ekonomi nasional menjadi lebih kuat," imbuhnya.

Adapun, Hendi memaparkan sejumlah proyek strategis program hilirisasi yang saat ini tengah diselesaikan oleh Grup MIND ID. PT Freeport Indonesia (PTFI) akan meresmikan smelter baru berteknologi single lines terbesar di dunia. Ditambah dengan smelter yang telah ada, pabrik pemurnian konsentrat tembaga ini akan meningkatkan kapasitas produksinya dari 1 juta ton menjadi 3 juta ton.

Ada pula proyek yang dijalankan PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) melalui PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) dengan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah yang akan semakin melengkapi rantai pasok dari produksi aluminium Indonesia.

“Program hilirisasi ini akan terus dilanjutkan. Sektor unggulan kita dari komoditas seperti timah, tembaga, aluminium, nikel, dan lainnya akan terus diperkuat agar mampu seoptimal mungkin memberikan manfaat bagi sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anang Hermansyah

Kamis, 19 September 2024 - 17:39 WIB

Anang Hermansyah Ajak Pelanggan Raih Emas Melalui Program PESTA Belanja di VIVA Apotek

VIVA Apotek menggandeng musisi dan selebriti ternama, Anang Hermansyah, dalam kampanye promosi terbaru mereka di Instagram. Melalui postingan Instagram yang menampilkan Anang, VIVA Apotek menghadirkan…

Pembukaan The 10th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024

Kamis, 19 September 2024 - 17:31 WIB

Di IIGCE 2024, PGE Dorong Penciptaan Ekosistem Ideal untuk Percepatan Pengembangan Energi Panas Bumi

Ajang The 10th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024 mengukuhkan posisi energi panas bumi sebagai energi hijau yang strategis untuk membantu agenda transisi…

Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Transjakarta gelar acara Hero serves Hero sekaligus meluncurkan aplikasi TJ: Transjakarta

Kamis, 19 September 2024 - 17:28 WIB

Rayakan Puncak Hari Pelanggan Nasional 2024, Transjakarta Gelar Ajang 'Hero Serves Hero' Sebagai Bentuk Apresiasi Kepercayaan Pelanggan Setia

Sebagai bagian dari puncak acara Hari Pelanggan Nasional 2024, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan bangga menggelar Hero Serves Hero, ajang untuk mengapresiasi kepercayaan pelanggan…

PLTS Atap

Kamis, 19 September 2024 - 17:09 WIB

Lazada Gunakan Panel Surya di Gudang Utamanya di Cimanggis

Platform eCommerce, Lazada Indonesia (Lazada) terus menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, khususnya pada operasional logistik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dukungan ini dilakukan dengan…

Ilustrasi BCA

Kamis, 19 September 2024 - 16:48 WIB

BCA Kembali Raih Predikat World’s Most Trustworthy Company

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali meraih predikat bergengsi berupa World’s Most Trustworthy Company atau perusahaan paling dapat dipercaya di dunia versi Majalah Newsweek. Mewakili…