Perpusnas Gelar Lomba Bertutur Nasional 2024

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 18 September 2024 - 07:39 WIB

Perpusnas menggelar Lomba Bertutur Nasional 2024 tingkat sekolah dassar.
Perpusnas menggelar Lomba Bertutur Nasional 2024 tingkat sekolah dassar.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kembali menggelar Lomba Bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nasional 2024. 

Acara yang dilangsungkan pada Selasa, 17 September 2024, ini menjadi momentum penting dalam pelestarian budaya lokal. Sebagai bagian dari upaya menumbuhkan kegemaran membaca serta mengenalkan budaya daerah melalui cerita. 

"Budaya daerah, jika tidak dikenali sejak dini dan dilestarikan, suatu saat akan hilang," ujar Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Adin Bondar, dalam pembukaan acara tersebut. 

Lomba Bertutur dinilai sebagai salah satu cara efektif untuk memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada generasi muda sekaligus menumbuhkan semangat membaca di kalangan anak-anak.

Melalui kegiatan ini, Perpusnas berupaya menghidupkan kembali nilai-nilai kearifan lokal melalui cerita rakyat. Harapannya, Indonesia dapat memiliki generasi masa depan yang mencintai Tanah Air serta budayanya.

Finalis Lomba Bertutur tingkat Nasional 2024 merupakan para pemenang dari tingkat provinsi yang sebelumnya mengikuti seleksi berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Tahun ini, sebanyak 30 finalis akan bersaing menunjukkan kemampuan bercerita di hadapan para juri.

Pedongeng sekaligus juri, Kak Awam Prakoso, memberikan pesan kepada para peserta agar tetap percaya diri saat tampil di atas panggung. 

“Namun, rasa percaya diri yang berlebihan justru bisa menjadi bumerang bagi peserta,” tambahnya, mengingatkan.

Pemenang Lomba Bertutur akan mendapatkan kesempatan tampil dalam acara malam apresiasi Gemilang Perpustakaan 2024, sebagai bentuk penghargaan atas prestasi mereka dalam menghidupkan kembali cerita rakyat dan budaya lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Physiorehab Resmi Buka Klinik Keenam di Gandaria

Kamis, 19 September 2024 - 15:25 WIB

Physiorehab Resmi Buka Klinik Keenam di Gandaria

Pembukaan klinik di Gandaria menambah jajaran enam cabang Physiorehab yang tersebar di Jakarta dan Tangerang, sebagai bagian dari strategi untuk memenuhi kebutuhan layanan fisioterapi berkualitas…

Halaqah nasional masyarakat sipil

Kamis, 19 September 2024 - 12:45 WIB

Masyarakat Sipil Menuntut Kemenkes Menghentikan Pembahasan RPMK 2024 terkait Tembakau dan Rokok Elektrik

Aliansi masyarakat sipil menuntut pembahasan Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan (RPMK) 2024 dihentikan karena terlalu memasung ruang gerak produk tembakau, rokok elektronik dan tata niaga…

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid

Kamis, 19 September 2024 - 11:55 WIB

Kemenparekraf - FPTI Jalin Kolaborasi Terapkan SKKNI Jasa Pemanduan Panjat Tebing

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) bersinergi dalam mengimplementasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)…

Penerima penghargaan ASABRI

Kamis, 19 September 2024 - 11:52 WIB

ASABRI Tingkatkan Literasi Cerdas kan Generasi

Program ASABRI Literasi (ASLI) Untuk Indonesia merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ASABRI yang diperuntukkan kepada Putra Putri Peserta ASABRI (Prajurit TNI, Anggota…

Gerakan #NextMillionJobs, Jobstreet by SEEK

Kamis, 19 September 2024 - 11:49 WIB

Perluas Peluang Kerja, Jobstreet by SEEK Luncurkan Gerakan #NextMillionJobs

Dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045 yang menetapkan Indonesia sebagai "Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan," Jobstreet by SEEK meluncurkan gerakan #NextMillionJobs. Visi…