Kabar Gembira Buat ASN, Pembangunan Rusun ASN di IKN Rampung, Desember Bisa Pindah...

Oleh : Candra Mata | Minggu, 15 September 2024 - 07:58 WIB

Desain Kamar Rusun IKN
Desain Kamar Rusun IKN

INDUSTRY.co.id - Penajam Paser Utara - Pemerintah terus mengebut pekerjaan pembangunan hunian di Ibu Kota Negara (IKN) untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN). Medio Desember 2024 tower-tower rusun tetsebut ditargetkan siap dihuni.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, sebanyak 14 tower rumah susun (rusun) hunian ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah selesai dan full furnished.

"Rusun ASN terdapat 14 tower yang sudah selesai dan full furnished," ujar Basuki beberapa waktu lalu di Jakarta.

Terkait apakah 14 tower rusun tersebut bisa dimanfaatkan oleh para ASN, dia mengatakan secara prasarana siap

"Saya kira kalau prasarana siap," katanya.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan melakukan pembangunan rusun ASN di IKN dengan total keseluruhan 47 menara atau tower rusun dalam rangka mendukung pemindahan ASN secara bertahap mulai 2024.

Sementara itu, dalam Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw menyoroti tiga hal fokus utama yaitu akses tol menuju IKN, Bandara IKN, dan Rusun ASN. 

Dalam hal pembangunan Rusun ASN, ia menekankan bahwa desain struktural dan kualitas konstruksi harus memenuhi standar teknis menjamin keamanan dan kenyamanan penghuni.

"Dalam kunjungan hari ini kami lihat sangat berbeda jauh dengan empat bulan lalu waktu rombongan mengadakan kunjungan spesifik ke (IKN) ini. Menurut saya melihat progres pembangunan tadi hampir semua persiapan untuk (pemindahan) ASN terkait perumahan, rumah susun, dan lain sebagainya itu sudah betul-betul hampir final. Mudah-mudahan laporan Menteri PUPR bahwa desember 2024 itu (diharapkan) bisa selesai semuanya,” pungkas Roberth dalam keterangannya seusai melakukan Kunjungan Kerja Spesifik Tim Komisi V di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (12/09/2024).

Adapun proyek pembangunan Rumah Susun ASN yang saat ini sedang berjalan, diawasi langsung oleh Menteri dan Dirjen di KemenPUPR. Sehingga, secara kualitas bangunan yang sedang berjalan maupun sudah selesai betul-betul sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Harapan kami bukan cuma di sini tapi juga di seluruh infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah di daerah itu harus seperti ini agar pengawasan yang betul-betul agar kualitas daripada bangunan itu betul-betul sesuai dengan harapan kita semua,” tambah Politisi Fraksi Partai Nasdem itu.

Politisi Dapil Papua itu juga menyoroti pentingnya perbaikan jalan provinsi secara cepat. Termasuk kerapian dalam pembangunan akses tol IKN dan juga jalan di pinggir ibu kota Nusantara.

Ia menerangkan saat pihaknya melewati jalan di pinggir IKN tersebut dengan kecepatan di bawah 100 km/h, terlalu banyak goncangan. Sehingga, ia menilai perlu banyak perbaikan. Padahal, seharusnya, pengerjaan jalan di pinggir IKN ini dapat berlangsung cepat tapi juga tetap rapi.

“Itulah yang harusnya kita dapatkan di perjalanan tol yang kita lewati menuju ke sini (IKN) dan juga ada jalan provinsi yang seharusnya dibangun. Semua ini seharusnya bisa menunjukan bahwa kualitasnya memang betul-betul (baik), apalagi kalau kita bilang sekarang di sini (IKN) sudah menjadi ibu kota negara. Masak dipinggir ibu kota negara jalannya seperti itu? Jadi inilah yang juga harus menjadi perhatian pemerintah. Saya sudah sampaikan kepada pak menteri bahwa ini menjadi catatan,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Studi berjudul "Studi Kesenjangan & Kebutuhan Strategis Implementasi GRC: Analisis Persepsi & Realita Implementasi GRC Lintas Industri" dalam seminar yang digelarVeda Praxis

Kamis, 19 September 2024 - 00:05 WIB

Veda Praxis & DIGITS Unpad Luncurkan Hasil Studi Implementasi GRC di Indonesia

Veda Praxis bersama dengan Center for Digital Innovation Studies (DIGITS) Universitas Padjadjaran, meluncurkan hasil riset terbaru mereka tentang GRC di industri Indonesia.

Vinilon luncurkan pipa KRAH berstandar internasional di Indo Water Expo & Forum 2024.

Rabu, 18 September 2024 - 23:47 WIB

Vinilon Group Luncurkan Pipa Vinilon KRAH Berstandar Internasional

Dengan sambungan Electrofusion socket dan spigot, pipa KRAH dari Vinilon dirancang untuk memastikan sistem perpipaan yang kuat, bebas bocor, dan tahan lama hingga 100 tahun, menawarkan solusi…

Peluncuran Yogurto Wonderful DragonFruit.

Rabu, 18 September 2024 - 23:37 WIB

Sukses di Pasaran, Yogurto Luncurkan Produk Baru "Wonderful DragonFruit"

PT Ohealty Karichy Elysian (OKE) berinovasi kembali dengan menghadirkan kombinasi antara yoghurt dan buah naga di Yogurto Wonderful DragonFruit.

Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Titimangsa menggelar teater musikal bertajuk Tanah Yang Terpenjara

Rabu, 18 September 2024 - 22:35 WIB

Kolaborasi Bersama Titimangsa, Dompet Dhuafa Gelar Teater Musikal untuk Palestina

Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Titimangsa menggelar teater musikal bertajuk Tanah Yang Terpenjara, Lantangkan Suara untuk Palestina. Sajian…

Irjen TNI, Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mewakili Kasum TNI membuka Forum Group Discussion (FGD)

Rabu, 18 September 2024 - 21:02 WIB

Babinkum TNI Gelar FGD Bahas Fenomena Judi Online

(Puspen TNI) - Irjen TNI Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mewakili Kasum TNI membuka Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Hukum (Babinkum) TNI dengan tema Fenomena…