Ajinomoto Indonesia Jalin Kerjasama Renewable Energy dengan PLN

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 13 September 2024 - 22:36 WIB

Naoto Minemura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia, dan Faisal Muslim, Vice President Enterprise Solution PT PLN menandatangani kerjasama energi terbarukan dari PLN yang tersertifikasi REC.
Naoto Minemura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia, dan Faisal Muslim, Vice President Enterprise Solution PT PLN menandatangani kerjasama energi terbarukan dari PLN yang tersertifikasi REC.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai bagian dari upaya mendukung pengurangan emisi karbon, PT Ajinomoto Indonesia telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT PLN (Persero) terkait penggunaan Renewable Energy Certificate (REC). 

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Ajinomoto untuk mendukung program global Net Zero Emission (NZE), sekaligus menjadi solusi bagi permasalahan polusi udara di Indonesia. 

Melalui inisiatif keberlanjutan Ajinomoto Health Provider, perusahaan ini tidak hanya berfokus pada kesehatan manusia, tetapi juga kesehatan lingkungan. 

Setelah pada Oktober 2023 beralih dari penggunaan batubara ke biomassa untuk mesin boiler di pabrik, kali ini Ajinomoto melangkah lebih jauh dengan menggunakan energi terbarukan dari PLN yang tersertifikasi REC. 

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Naoto Minemura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia, dan Faisal Muslim, Vice President Enterprise Solution PT PLN, pada 5 September 2024 di Jakarta Convention Center.

Samsul Bakhri, Direktur PT Ajinomoto Indonesia, mengungkapkan bahwa sebelum kerjasama dengan PLN, pabrik Ajinomoto di Karawang dan Mojokerto telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi emisi. Seperti pemasangan panel surya di beberapa gedung produksi dan kantor, serta penggunaan biomassa sebagai bahan bakar mesin boiler di pabrik Mojokerto. 

Saat ini, sekitar 30% energi yang digunakan oleh Ajinomoto berasal dari sumber energi terbarukan.

"Dengan kerjasama REC ini, kami berhasil meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan menjadi lebih dari 45%. Langkah ini adalah bagian dari target kami untuk mencapai dekarbonisasi sebesar 60% pada tahun 2030. Kami juga terbuka untuk kolaborasi lain guna mengurangi emisi gas rumah kaca (GHG) melalui penggunaan energi terbarukan," jelas Samsul.

Sebagai bagian dari inisiatif Health Provider, Ajinomoto juga mengolah limbah dari produksi MSG menjadi produk sampingan bernilai tambah, seperti pupuk daun AJIFOL, pupuk tanah AMINA, dan tambahan nutrisi pakan ternak FML. Proses ini merupakan bagian dari praktik siklus-bio yang bertujuan menciptakan proses produksi yang ramah lingkungan.

Selain itu, Ajinomoto turut mengambil langkah konkret dalam menangani masalah sampah plastik yang semakin meningkat di Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLBN

Rabu, 18 September 2024 - 11:57 WIB

Jaga Kedaulatan Negara, Sebanyak 7 PLBN Rampung Dibangun

Dalam rangka menjaga kedaulatan negara, mengurangi disparitas, serta memeratakan pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat…

Pegadaian Gelar The Gade Fest 2024

Rabu, 18 September 2024 - 11:19 WIB

Wujud Employee Well-being, Pegadaian Gelar The Gade Fest 2024

Sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung Employee Well-being, PT Pegadaian menggelar acara The Gade Fest 2024 yang merupakan ajang unjuk mengekspresikan minat, bakat dan talenta, serta…

Stockity

Rabu, 18 September 2024 - 11:10 WIB

Daftar Akun Stockity Hanya Butuh 1 Menit!

Di era digital saat ini, kemudahan dan kecepatan dalam mengakses berbagai platform trading menjadi kebutuhan utama bagi para pengguna. Salah satu platform trading yang menonjol karena kemudahan…

Pemasangan SPC Flooring

Rabu, 18 September 2024 - 11:05 WIB

Tips: Begini Cara Memasang Lantai SPC dengan Mudah dan Presisi

Salah satu SPC Flooring yang bisa menjadi pilihan adalah buatan TACO yang memiliki banyak pilihan warna dan tekstur, dan serta berkualitas tinggi agar mendongkrak tampilan ruangan rumahmu

Budianto Liman, Wakil Dirut PT Jababeka Tbk (KIJA)

Rabu, 18 September 2024 - 10:50 WIB

Visi Jababeka (KIJA) Kembangkan Kota Modern dan Mandiri di Seluruh Indonesia

Di bawah kepemimpinan Budianto Liman, Jababeka telah menjelma menjadi perusahaan terkemuka dalam pengembangan kota mandiri dan kawasan industri di Indonesia. Hampir tiga dekade Budianto berkarier…