Tingkatkan Kualitas Gizi Anak Sekolah, Dompet Dhuafa Yogyakarta Salurkan 150 Paket Sayuran Segar Kepada Para Murid dan Warga Sekitar SD Muhammadiyah

Oleh : Candra Mata | Jumat, 13 September 2024 - 11:31 WIB

Dompet Dhuafa gelar Program Berbagi Sayuran Segar untuk Siswa SD Muhammadiyah dan warga sekitar Gunungkidul, Yogyakarta
Dompet Dhuafa gelar Program Berbagi Sayuran Segar untuk Siswa SD Muhammadiyah dan warga sekitar Gunungkidul, Yogyakarta

INDUSTRY.co.id - Gunung Kidul, Yogyakarta –Tingkatkan kualitas gizi anak sekolah, Dompet Dhuafa Yogyakarta salurkan 150 paket sayuran segar kepada para murid dan warga sekitar sekolah SD Muhammadiyah Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta pada hari Rabu (11/9/2024). Program ini sebagai upaya untuk menanamkan kebiasaan mengosumsi sayur mayur dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian sejak dini.

Semakin rendahkan kebiasaan mengonsumsi sayur mayur dikalangan anak – anak, berbanding terbalik dengan semakin tingginya kebiasaan mengonsumsi makanan siap saji di kalangan anak – anak. Makanan siap saji memiliki rasa enak dan mudah untuk diolah, namun dibalik itu terdapat kandungan senyawa yang tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi terus menerus dan berlebihan. Oleh karena itu dengan kegiatan ini Dompet Dhuafa Yogyakarta berupaya untuk memperkenalkan serta menumbuhkan kebiasaan anak – anak mengonsumsi sayur mayur dalam memenuhi kebutuhan harian, karena sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serta serat yang sangat dibutuhkan dalam massa pertumbuhan dan perkembangan anak – anak.

Adanya fenomena lesunya ekonomi yang dikarenakan turunya harga sayur mayur saat ini, membuat para petani menjadi kebingungan. Rendahnya harga sayur – mayur tidak sebanding dengan biaya perawatan, membuat para petani mengalami kerugian yang cukup besar dan banyak para petani memutuskan untuk tidak memanennya, bahkan menyedekahkan hasil panennya kepada warga yang membutuhkan secara cuma – cuma. Dengan adanya dua persoalan tersebut Dompet Dhuafa Yogyakarta mengadakan program borong sayur, dimana sayur yang dibeli berasal dari petaninya langsung tepatnya petani di lereng gunung Merapi dengan harga yang lebih tinggi dan kemudian kami salurkan kepada sekolahan khususnya daerah pelosok yang sulit mendapatkan sayuran segar serta berkualitas.

“ Dengan adanya program borong sayur ini saya berharap dapat membantu para petani untuk lebih sejahtera dan pendistribusian sayuran segar ini dapat menumbuhkan tingkat kesadaran serta menjadikan sebuah kebiasaan para murid untuk mengonsumsi sayur mayur pada setiap harinya, karena kita tahu bahwa sayur mayur mengandung kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak,” ujar Bambang selaku Manager program Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Kepala SD Muhammadiyah Karangtengah, Reski Raezita, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat sejak dini. “Kami ingin menanamkan kebiasaan makan sayuran kepada anak-anak agar mereka bisa tumbuh sehat dan cerdas. Sayuran memiliki banyak manfaat, seperti sumber vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk tubuh kita”.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan gedung baru SMK - SMAK Bogor (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 18 September 2024 - 14:57 WIB

Ciptakan SDM Berwawasan Global, Menperin Agus Resmikan Gedung Baru SMK - SMAK Bogor

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan gedung dan fasilitas pendidikan baru SMK- SMAK Bogor. Gedung dan fasilitas pendidikan baru SMK - SMAK Bogor ini berdiri…

Inagurasi Mövenpick Hotel Jakarta City Centre

Rabu, 18 September 2024 - 13:47 WIB

Mövenpick Hotel Resmi Hadir di Jakarta, Tawarkan Gaya Hidup Berkelas di Pusat Kota

Mövenpick Hotel Jakarta City Centre memiliki 256 kamar dan suite mewah, juga diharapkan menjadi pusat kuliner baru di Jakarta, dengan berbagai pilihan bersantap yang menggabungkan warisan khas…

MIND ID berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menjadikan industri mineral dan batubara sebagai tulang punggung ekonomi.

Rabu, 18 September 2024 - 13:21 WIB

MIND ID Dukung Industri Pertambangan Jadi Tulang Punggung Ekonomi

BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menjadikan industri mineral dan batubara sebagai tulang punggung ekonomi.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI M. Herindra bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun Anggaran 2024.

Rabu, 18 September 2024 - 13:00 WIB

Wamenhan M. Herindra Tetapkan 1.145 Anggota Komcad Matra Darat TA. 2024

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI M. Herindra bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun Anggaran 2024, yang bertempat di lapangan…

PLBN

Rabu, 18 September 2024 - 11:57 WIB

Jaga Kedaulatan Negara, Sebanyak 7 PLBN Rampung Dibangun

Dalam rangka menjaga kedaulatan negara, mengurangi disparitas, serta memeratakan pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat…