Kapolres Se-Indonesia Kumpul di Balikpapan, Ada Apa?

Oleh : Candra Mata | Jumat, 13 September 2024 - 07:45 WIB

Apel Kapolres Se-Indonesia di Mapolresta Balikpapan
Apel Kapolres Se-Indonesia di Mapolresta Balikpapan

INDUSTRY.co.id - Balikpapan, Suasana di halaman Mapolresta Balikpapan tampak berbeda pada Kamis pagi (12/9). Biasanya halaman ini digunakan untuk apel personel Polresta Balikpapan, namun kali ini dipenuhi oleh para Kapolrestabes, Kapolresta, dan Kapolres dari seluruh Indonesia. Mereka berkumpul untuk mengikuti apel yang dipimpin oleh Kabid Propam Polda Kaltim, Kaur Paminal Divpropam Polri, dan Brigjen Pol. Auliansyah Lubis, Karobinops Sops Polri, sebelum keberangkatan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Para peserta apel adalah perwira menengah Polri yang menjabat sebagai Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) di seluruh Indonesia. Mereka akan berangkat bersama-sama menuju IKN guna menghadiri pengarahan khusus dari Presiden Joko Widodo.

Kapolres Dilarang Pakai Topi dan Tongkat Komando

Sebelum pemberangkatan, para Kapolres mendapatkan pengarahan dari Divpropam Mabes Polri dan Bidpropam Polda Kaltim, yang kemudian ditutup oleh Brigjen Pol Auliansyah Lubis. Dalam pengarahannya, Brigjen Auliansyah menekankan beberapa aturan penting bagi para Kapolres selama pengarahan di IKN, termasuk larangan mengenakan topi dan tongkat komando.

"Topi dan tongkat bisa ditinggal di bus atau dititipkan kepada ADC. Namun, jika setelah pengarahan ingin mengenakannya kembali, itu menjadi tanggung jawab masing-masing," ujarnya.

Ia juga menegaskan pentingnya mematuhi aturan dan menghindari pelanggaran selama di IKN. "Tidak ada pelanggaran dan permasalahan. Setelah pengarahan, kita akan beri waktu bagi rekan-rekan untuk beraktivitas di sana, dan kami akan menunggu sampai semuanya kembali bersama-sama," lanjutnya.

Keberangkatan Menuju IKN

Keberangkatan para Kasatwil menuju IKN dibagi menjadi dua kloter menggunakan bus, dengan pengawalan dari Satuan Lalu Lintas Polda Kaltim dan Polresta Balikpapan. Sebelumnya, mereka juga sempat mengikuti kegiatan Coffee Morning di Lobi Mapolresta Balikpapan yang dipimpin oleh Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto.

Diketahui, pengarahan di IKN Nusantara ini akan dihadiri oleh para Kapolda, Kapolrestabes, Kapolresta, Kapolres, serta panglima dan komandan dari Komando Utama (Kotama) TNI dari seluruh Nusantara. Mereka akan mendapatkan pengarahan khusus dari Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Istana IKN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas menggelar Lomba Bertutur Nasional 2024 tingkat sekolah dassar.

Rabu, 18 September 2024 - 07:39 WIB

Perpusnas Gelar Lomba Bertutur Nasional 2024

Finalis Lomba Bertutur Nasional 2024 yang digelar Perpusnas merupakan para pemenang dari tingkat provinsi yang sebelumnya mengikuti seleksi berjenjang.

Ilustrasi Pemilihan Pilkada (ist)

Rabu, 18 September 2024 - 05:18 WIB

Ratusan Masyarakat Kutai Kartanegara Unjuk Rasa di KPU Kukar

Ratusan masyarakat Kutai Kartanegara menggelar unjuk rasa damai di halaman kantor KPU Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Kecamatan Tenggarong.

Christmartin Hanandito, Chief Executive Officer (CEO) SALVO mengatakan, masuknya SALVO dalam daftar Top 10 Creative Agency oleh MMA Global Indonesia, tentu akan menambah kepercayaan diri perusahaan

Selasa, 17 September 2024 - 23:25 WIB

SALVO Masuk Daftar Top 10 Creative Agencies versi MMA Global Indonesia

Agensi kreatif SALVO kembali menorehkan prestasi, kali ini SALVO masuk daftar Top 10 Creative Agencies di Indonesia oleh MMA Global Indonesia. Asosiasi pemasaran dan periklanan global tersebut…

Press Conference perayaan ulang tahun Brawijaya Healthcare ke-18 dengan tema “Melayani Sepenuh Hati, Kebanggaan Negeri”.

Selasa, 17 September 2024 - 23:11 WIB

Brawijaya Healthcare Rayakan HUT ke-18 di GBK

Brawijaya Healthcare memperkenalkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memperingati momentum perayaan ulang tahunnya ke-18 yang akan digelar di Gelora Bung Karno Jakarta pada 22…

Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang didukung oleh Modena.

Selasa, 17 September 2024 - 22:26 WIB

Jadi Official Partner di ISF 2024, Modena Dukung Keberlanjutan

Modena mengumumkan perannya sebagai Official Hydration Partner dalam Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024.