Ini Wujud Komitmen Jababeka Menjaga Kelestarian Lingkungan

Oleh : Candra Mata | Kamis, 12 September 2024 - 12:59 WIB

Kawasan industri Jababeka (Ist)
Kawasan industri Jababeka (Ist)

INDUSTRY co.id - Cikarang - Kawasan Industri Jababeka (KIJA) memiliki tanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan guna menopang daya saing perusahaan yang berada di dalam kawasan dan produk yang dihasilkan, sehingga mampu kompetitif di kancah domestik dan global.

Sebagai kawasan eko-industri modern pertama di Tanah Air, Jababeka menawarkan solusi pembangunan industri yang komprehensif dan bermanfaat untuk hampir semua jenis perusahaan, dengan proses produksi yang mengutamakan efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, sekaligus mampu menjaga kelestarian lingkungan hidup. 

Jababeka telah menjadi salah satu kawasan industri terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia. Hal ini dibuktikan keberhasilan Jababeka melalui anak perusahaannya PT Jababeka Infrastruktur, yang kembali meraih penghargaan Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Hijau 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

PROPER adalah program yang dikelola oleh KLHK untuk mengawasi industri dan mendorong kepatuhan terhadap peraturan lingkungan hidup. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan secara efisien dan efektif dengan melengkapi instrumen penegakan hukum yang sudah ada. 

Kategori penilaian dalam PROPER mencakup Hitam, Merah, Biru, Hijau, hingga Emas, dengan PROPER Hijau diberikan kepada perusahaan yang telah melampaui kepatuhan dasar (beyond compliance) dalam pengelolaan lingkungan, seperti menerapkan sistem pengelolaan lingkungan yang baik, efisiensi penggunaan sumber daya, dan tanggung jawab sosial.

"Penghargaan PROPER Hijau ini merupakan bukti nyata dari komitmen Jababeka dalam menerapkan manajemen pengelolaan kawasan industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," ujar Tjahjadi Rahardja, Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur beberapa waktu lalu. 

Tjahjadi menegaskan Jababeka telah konsisten dalam menjalankan prinsip-prinsip keberlanjutan dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan lingkungan.

Dengan penghargaan PROPER Hijau ini, Jababeka semakin termotivasi untuk mencapai target-target keberlanjutan yang lebih tinggi. 

“Tidak hanya memenuhi tetapi melampaui standar yang ditetapkan oleh regulasi. Perusahaan akan terus berusaha meningkatkan program-program yang ada untuk meraih PROPER Emas di masa depan,” imbuhnya. 

Satu faktor kunci yang membuat Jababeka memenuhi kriteria PROPER hijau adalah eco-innovation. Dalam hal ini, perusahaan tersebut telah menciptakan berbagai inovasi yang memudahkan industri untuk melakukan pemantauan lingkungan, dengan tujuan mengurangi dampak lingkungan. 

Tjahjadi mengemukakan keberhasisn Kawasan Industri Jababeka sampai bisa meraih PROPER Hijau karena berhasil menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001, kemudian adanya keselarasan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan program dinas lingkungan hidup, yaitu mengurangi kesenjangan kemiskinan masyarakat lewat pemberdayaan masyarakat dengan pemberian pelatihan-pelatihan usaha mandiri. Selain itu, program kerja yang diimplementasikan memiliki kesinambungan dari tahun ke tahunnya.

Penghargaan PROPER Hijau bakal menjadi motivasi tambahan bagi Jababeka untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif terhadap lingkungan. Dengan terus melibatkan semua pihak terkait dan menjaga komitmen yang tinggi, Jababeka Infrastruktur yakin dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat.

Kinerja Lingkungan yang Diakui

Penghargaan PROPER Hijau merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen yang tinggi dari Jababeka Infrastruktur. Tidak hanya mematuhi peraturan lingkungan hidup tetapi juga telah melampaui persyaratan tersebut. Perusahaan ini telah berhasil menerapkan sistem pengelolaan lingkungan yang efisien dan tanggung jawab sosial yang baik, yang mencakup penggunaan sumber daya yang berkelanjutan dan pengurangan dampak lingkungan.

“PROPER Hijau menegaskan komitmen Kawasan Industri Jababeka  dalam menjalankan bisnis yang bersih dan menjaga lingkungan dengan baik, mengurangi emisi, ikut melindungi keanekaragaman hayati, serta komitmen terhadap program pemberdayaan masyarakat,” ungkap Tjahjadi. 

Jababeka mengajak seluruh stakeholder untuk turut serta dalam upaya menjaga lingkungan. Pasalnya, keberhasilan ini tidak hanya milik perusahaan, tetapi juga hasil dari kerjasama yang baik dengan semua pihak terkait. Perusahaan berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan pemerintah, masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk mencapai tujuan bersama dalam pelestarian lingkungan.

Dampak Positif bagi Lingkungan dan Industri
Penghargaan PROPER Hijau yang diraih Jababeka tidak hanya memberikan dampak positif bagi perusahaan tetapi juga menjadi inspirasi bagi industri lainnya. Dengan pencapaian ini, Jababeka Infrastruktur membuktikan bahwa praktik industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dapat berjalan beriringan dengan pertumbuhan bisnis yang sehat.

Tjahjadi berharap bahwa penghargaan ini akan mendorong lebih banyak perusahaan untuk mengambil langkah-langkah nyata dalam pengelolaan lingkungan yang lebih baik. "Kami ingin menjadi contoh bahwa kepatuhan dan inovasi dalam pengelolaan lingkungan bisa memberikan manfaat jangka panjang, baik bagi perusahaan maupun bagi lingkungan," ucapnya. 

Dengan strategi dan program-program yang berkelanjutan, Jababeka Infrastruktur siap untuk menghadapi tantangan lingkungan di masa depan. Perusahaan ini berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan lingkungan dan mencapai standar yang lebih tinggi. 

Dalam usahanya untuk meraih PROPER Emas, Jababeka Infrastruktur berencana untuk terus meningkatkan program-program lingkungan yang telah ada. Ini termasuk inovasi dalam pengelolaan limbah, efisiensi energi, dan pelaksanaan program-program tanggung jawab sosial yang lebih intensif. Dengan kerja keras dan komitmen yang konsisten, perusahaan optimis akan memperoleh PROPER Emas dan mampu mencapai target tersebut dalam waktu dekat

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christmartin Hanandito, Chief Executive Officer (CEO) SALVO mengatakan, masuknya SALVO dalam daftar Top 10 Creative Agency oleh MMA Global Indonesia, tentu akan menambah kepercayaan diri perusahaan

Selasa, 17 September 2024 - 23:25 WIB

SALVO Masuk Daftar Top 10 Creative Agencies versi MMA Global Indonesia

Agensi kreatif SALVO kembali menorehkan prestasi, kali ini SALVO masuk daftar Top 10 Creative Agencies di Indonesia oleh MMA Global Indonesia. Asosiasi pemasaran dan periklanan global tersebut…

Press Conference perayaan ulang tahun Brawijaya Healthcare ke-18 dengan tema “Melayani Sepenuh Hati, Kebanggaan Negeri”.

Selasa, 17 September 2024 - 23:11 WIB

Brawijaya Healthcare Rayakan HUT ke-18 di GBK

Brawijaya Healthcare memperkenalkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memperingati momentum perayaan ulang tahunnya ke-18 yang akan digelar di Gelora Bung Karno Jakarta pada 22…

Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang didukung oleh Modena.

Selasa, 17 September 2024 - 22:26 WIB

Jadi Official Partner di ISF 2024, Modena Dukung Keberlanjutan

Modena mengumumkan perannya sebagai Official Hydration Partner dalam Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024.

Gedung BSI Pusat

Selasa, 17 September 2024 - 21:38 WIB

BRIS Konsisten Menguat, Sempat Sentuh ATH di Level Rp3.180

Saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI terjaga menguat 8,39% ke level Rp3.100 pada penutupan perdagangan Selasa (17/9/2024) dari hari sebelumnya, dan tumbuh 78,16% secara year to date…

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…