Gelar Posyandu Lansia, Dompet Dhuafa Tingkatkan Kualitas Kesehatan Lansia Hingga Pelosok

Oleh : Candra Mata | Kamis, 12 September 2024 - 10:13 WIB

Dompet Dhuafa gelar Posyandu Lansia
Dompet Dhuafa gelar Posyandu Lansia

INDUSTRY.co.id - Gunung Kidul, Yogyakarta - Rendahnya kesadaran para lansia dalam menjaga kesehatan, serta sulitnya akses fasilitas kesehatan di daerah pelosok. Dompet Dhuafa Yogyakarta adakan posyandu lansia di Dusun Pringapus, Desa Girimulyo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul pada hari Selasa, (10 September 2024) dengan dihadiri oleh 60 peserta lansia.

Banyaknya jumlah lansia di daerah pelosok tidak diimbangi dengan mudahnya akses menuju fasilitas kesehatan.

Minim dan jauhnya fasilitas kesehatan serta sebagian besar para lansia di daerah pelosok tinggal tanpa ditemani oleh seorang anak atau saudara yang lebih muda, membuat para lansia enggan untuk pergi ke fasilitas kesehatan, inilah yang menyebabkan semakin tingginya resiko penyakit degeneratif menyerang para lansia di daerah pelosok, sehingga membuat kualitas kesehatan mereka menjadi semakin menurun.

Oleh karena itu Dompet Dhuafa Yogyakarta mengadakan program posyandu lansia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan serta menurunkan resiko penyakit degenratif pada para lansia khususnya di daerah pelosok.

Kegiatan posyandu lansia yang diadakan secara berkelanjutan ini dilawali dengan senam lansia. Dimana senam lansia ini merupakan program preventif yang bertujuan untuk menjaga serta meningatkan kebugaran dan kesehatan para lansia.

Kemudian dilanjutkan dengan program posyandu kuratif yang diawali dengan pemeriksaan tekanan darah tinggi, pengecekan metabolik, konsultasi kesehatan dengan dokter , dan pemberian obat – obatan sesuai dengan resep dokter.

“ saya sangat beruntung dengan adanya program posyandu ini, karena dengan adanya posyandu ini saya tak perlu pergi jauh – jauh ke puskesmas. Saya sudah bertahun – tahun mengikuti program ini, selama saya punya masalah kesehatan kemudian saya memutuskan untuk periksa kesehatan di posyandu kesehatan lansia ini, Alhamdulilah cocok dan sembuh,” ungkap Darmo salah satu peserta lansia.

“ Terimakasih banyak Dompet Dhuafa Yogyakarta, dulu para lansia di dusun ini tidak tau bagaimana menjaga kesehatan. Selama tidak sakit parah ya kita tidak ke puskesmas, karena jarak puskesmasnya jauh, tidak ada yang mengantarkan, jadi sebagian besar memutuskan untuk tetap dirumah, diobati dengan cara sendiri. Kalau sudah benar-benar parah baru dibawa ke puskesmas atau mengundang dokter untuk datang mengobati. Alhamdulilah kini dengan program posyandu lansia ini para lansia di Dsn. Pringapus sudah sadar dalam menjaga kesehatan, apapun keadaannya tidak ragu untuk datang konsultasi ke sini,” imbuh Musri dari Dusun Pringapus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christmartin Hanandito, Chief Executive Officer (CEO) SALVO mengatakan, masuknya SALVO dalam daftar Top 10 Creative Agency oleh MMA Global Indonesia, tentu akan menambah kepercayaan diri perusahaan

Selasa, 17 September 2024 - 23:25 WIB

SALVO Masuk Daftar Top 10 Creative Agencies versi MMA Global Indonesia

Agensi kreatif SALVO kembali menorehkan prestasi, kali ini SALVO masuk daftar Top 10 Creative Agencies di Indonesia oleh MMA Global Indonesia. Asosiasi pemasaran dan periklanan global tersebut…

Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang didukung oleh Modena.

Selasa, 17 September 2024 - 22:26 WIB

Jadi Official Partner di ISF 2024, Modena Dukung Keberlanjutan

Modena mengumumkan perannya sebagai Official Hydration Partner dalam Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024.

Gedung BSI Pusat

Selasa, 17 September 2024 - 21:38 WIB

BRIS Konsisten Menguat, Sempat Sentuh ATH di Level Rp3.180

Saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI terjaga menguat 8,39% ke level Rp3.100 pada penutupan perdagangan Selasa (17/9/2024) dari hari sebelumnya, dan tumbuh 78,16% secara year to date…

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…

Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024

Selasa, 17 September 2024 - 19:50 WIB

Bank Mandiri Gelar Livin' Gamers Festival 2024, Hadirkan Pengalaman Beyond Banking bagi Pecinta Gim

Menyambut semangat perayaan HUT ke-26, Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024, sebuah ajang yang ditujukan bagi para pecinta gim dan komunitas e-sports di Indonesia. Berkolaborasi…