Berhasil Menghubungkan Puluhan Ribu Pelaku Industri F&B selama tiga hari, Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 Sukses digelar!

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 12 September 2024 - 08:30 WIB

Berhasil Menghubungkan Puluhan Ribu Pelaku Industri F&B selama tiga hari, Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 Sukses digelar!
Berhasil Menghubungkan Puluhan Ribu Pelaku Industri F&B selama tiga hari, Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 Sukses digelar!

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 telah sukses menggelar edisi ke-28 di Jakarta Internasional Expo Kemayoran pada 4 – 6 September lalu, mencatatkan rekor baru dalam jumlah pengunjung.

Selama tiga hari, acara ini berhasil menarik lebih dari 22,000 pengunjung dari berbagai sektor industri makanan dan minuman. Pameran ini menjadi wadah strategis bagi para profesional dan pelaku bisnis untuk menjalin koneksi, menjajaki peluang kerjasama, serta mengeksplorasi inovasi terbaru dalam industri bahan makanan dan minuman.

Dengan lebih dari 700 perusahaan peserta dari 38 negara, Fi Asia Indonesia 2024 terus membuktikan diri sebagai salah satu acara terbesar dan paling berpengaruh di Asia Tenggara.

Selain pameran yang diselenggarakan oleh Informa Markets, acara ini juga berhasil menarik daya minat pengunjung dengan fitur event,  konferensi dan seminar internasional yang digelar lebih dari 60 topik yang berbeda setiap harinya. Salah satu topik yang sangat diminati oleh pengunjung baik lokal ataupun internasional adalah pembahasan tentang kebijakan sertifikasi halal yang dalam waktu dekat diimplementasikan pada hari ketiga pameran.

Berdasarkan data Pew Research Center's Forum on Religion and Public Life, populasi penduduk muslim di dunia diperkirakan akan mencapai 2,2 milyar jiwa atau 26,5% dari total populasi dunia pada tahun 2030 

Tentunya ini akan diiringi dengan permintaan produk halal, terutama produk-produk yang terkait dengan makanan dan minuman.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Indonesia telah mengatur tentang Jaminan Produk Halal sehingga semua produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di Indonesia wajib bersertifikat halal sesuai dengan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014. Sebagai pameran bahan makanan terbesar di Asia, Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan LPPOM MUI menghadirkan program menarik sebagai sarana edukasi dan sosialisasi tentang sertifikasi halal.

Sertifikasi halal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk. Selain itu, dengan adanya sertifikasi halal diharap dapat menjadi nilai tambah dan daya saing produk Indonesia di dalam dan luar negeri. Tahap pertama program wajib sertifikasi halal ini akan berakhir pada 17 Oktober 2024. Pemerintah dengan giat dan aktif melakukan sosialisasi ini agar pelaku usaha, baik dalam negeri maupun luar negeri, dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH, Mamat Salamet Burhanudin mengatakan, “Saya melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi tentang produk halal, khususnya untuk mendapatkan informasi tentang pendaftaran sertifikasi produk halal. Kehadiran BPJPH dalam pameran Food Ingredients (Fi) Asia 2024 merupakan bagian dari program edukasi kami tentang pentingnya produk halal khususnya yang berkaitan tentang bahan baku pangan. Berdasarkan data dari BPS, jumlah pelaku usaha di bidang makanan dan minuman ada sekitar 8 juta dan saat ini kami sudah melayani 2 juta pelaku usaha dengan total jumlah produk yang tersertifikasi sebanyak 5 juta. Kami akan dorong terus agar para pelaku usaha makanan dan minuman mendaftarkan produk-produknya karena untuk mendapatkan sertifikasi halal itu mudah, murah, cepat, dan terukur.”

Terkait program sosialisasi dan edukasi halal dalam rangkaian Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024, selain BPJPH terdapat pula LPPOM MUI yang membuka Halal Coaching Center. LPPOM MUI aktif memberikan informasi kepada para pengunjung selama tiga hari pameran berlangsung yang memungkinkan pengunjung berkonsultasi mengenai proses pendaftaran sertifikasi halal. Halal Coaching Centre ini menjadi peluang berharga bagi pelaku industri makanan dan minuman untuk mendapatkan bimbingan, arahan, serta informasi tentang mekanisme pendaftaran dan perolehan sertifikat halal.

Ms. Rose Chitanuwat, Regional Portfolio Director (ASEAN), Informa Markets, mengatakan, “Kami sangat terkesan dengan respons luar biasa yang diterima oleh Fi Asia Indonesia 2024. Lebih dari 22,000 pengunjung dari berbagai penjuru dunia, bersama dengan lebih dari 700 peserta pameran dari 38 negara, telah menjadikan acara ini sukses besar. Ini bukan hanya tentang jumlah, tetapi juga tentang kualitas interaksi yang terjadi di sini.

Rose menambahkan, “Faktanya, lebih dari 80% peserta pameran telah mengkonfirmasi keikutsertaan mereka kembali pada Fi Asia Indonesia 2026 yang akan diselenggarakan pada 16 – 18 September 2026. Ini menunjukkan betapa pentingnya acara ini sebagai platform utama bagi industri makanan dan minuman untuk membangun koneksi bisnis dan membuka peluang kerjasama yang strategis.”

Sebagai bagian dari rangkaian acara Food Ingredients di Asia, Fi Asia akan kembali hadir di Vietnam pada 9-12 Oktober 2024 di Saigon Exhibition Convention Center, memberikan kesempatan bagi para profesional dan pelaku bisnis di kawasan tersebut untuk terhubung dengan tren dan inovasi terbaru. Selain itu, Fi Asia Thailand akan digelar pada 17-19 September 2025 di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, menghadirkan platform yang lebih besar dan lebih luas bagi industri bahan makanan dan minuman untuk terus berinovasi dan berkembang di tingkat global.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christmartin Hanandito, Chief Executive Officer (CEO) SALVO mengatakan, masuknya SALVO dalam daftar Top 10 Creative Agency oleh MMA Global Indonesia, tentu akan menambah kepercayaan diri perusahaan

Selasa, 17 September 2024 - 23:25 WIB

SALVO Masuk Daftar Top 10 Creative Agencies versi MMA Global Indonesia

Agensi kreatif SALVO kembali menorehkan prestasi, kali ini SALVO masuk daftar Top 10 Creative Agencies di Indonesia oleh MMA Global Indonesia. Asosiasi pemasaran dan periklanan global tersebut…

Press Conference perayaan ulang tahun Brawijaya Healthcare ke-18 dengan tema “Melayani Sepenuh Hati, Kebanggaan Negeri”.

Selasa, 17 September 2024 - 23:11 WIB

Brawijaya Healthcare Rayakan HUT ke-18 di GBK

Brawijaya Healthcare memperkenalkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memperingati momentum perayaan ulang tahunnya ke-18 yang akan digelar di Gelora Bung Karno Jakarta pada 22…

Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang didukung oleh Modena.

Selasa, 17 September 2024 - 22:26 WIB

Jadi Official Partner di ISF 2024, Modena Dukung Keberlanjutan

Modena mengumumkan perannya sebagai Official Hydration Partner dalam Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024.

Gedung BSI Pusat

Selasa, 17 September 2024 - 21:38 WIB

BRIS Konsisten Menguat, Sempat Sentuh ATH di Level Rp3.180

Saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI terjaga menguat 8,39% ke level Rp3.100 pada penutupan perdagangan Selasa (17/9/2024) dari hari sebelumnya, dan tumbuh 78,16% secara year to date…

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…