Ini Strategi PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) Pertahankan Kinerja di Paruh Kedua 2024

Oleh : Candra Mata | Rabu, 11 September 2024 - 20:35 WIB

Perusahaan Afiliasi INOV
Perusahaan Afiliasi INOV

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Inocycle Technology Group Tbk ("INOV:IJ"), perusahaan daur ulang limbah PET terkemuka dan terbesar di Indonesia mengukuhkan komitmen mereka untuk mempertahankan kestabilan kinerja mereka hingga akhir tahun dengan menetapkan serangkaian strategi. Strategi utama INOV adalah dengan berfokus pada optimalisasi rantai pasokan dan mengembangkan lebih lanjut infrastruktur daur ulang mereka.

Sebagai perusahaan terkemuka di sektor daur ulang, INOV sudah mengimplementasikan berbagai pendekatan untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Perusahaan memiliki fasilitas pencucian yang tersebar di berbagai kota seperti Karanganyar, Mojokerto, Medan, Gowa, dan Subang yang total kapasitasnya melampaui 40.000 MT per tahun.

“Kami percaya langkah-langkah strategis ini dapat mempertahankan kinerja INOV," ujar Direktur INOV, Victor Choi, “Kami berencana untuk meningkatkan efisiensi pengumpulan bahan baku yang terintegrasi dengan pabrik produksi serat daur ulang.”

Untuk produk Recycled Polyester Staple Fiber (Re-PSF), INOV telah mendirikan pabrik di 4 kota yaitu Tangerang, Solo, Mojokerto, dan Medan. Pabrik re-PSF keempat Inocycle di Medan adalah tambahan terbaru dengan kapasitas produksi 6.000 MT/tahun. Ekspansi ini merupakan bagian dari strategi INOV yang lebih luas untuk meningkatkan kemampuan produksinya dan memenuhi permintaan produk berkelanjutan yang terus meningkat.

Secara finansial, INOV telah menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan. Hingga semester pertama tahun 2024, Perusahaan mencatat penjualan sebesar Rp307 miliar, di mana produk Re-PSF menyumbang 75% dari total tersebut. Selain itu, INOV berhasil mencatatkan peningkatan penjualan ekspor yang mengesankan sebesar 122% YoY, dengan berkontribusi sebesar 20% dari total penjualan.

Upaya INOV semakin diperkuat dengan rencana membangun fasilitas pencucian dan pusat daur ulang tambahan di lokasi strategis untuk mengoptimalkan pengumpulan dan pemrosesan limbah botol plastik PET, sehingga lebih mudah terintegrasi dengan pabrik produksi serat daur ulang mereka.

Perluasan ini diharapkan dapat semakin menstabilkan kinerja INOV dan mendukung tujuan keberlanjutannya. INOV juga akan menambah lini bisnis baru yaitu pembuatan resin/chips daur ulang yang diharapkan akan menjadi sumber pendapatan baru bagi Perusahaan serta menambah daya saing INOV di era kompetitif saat ini.

Selain mempertajam kinerja operasionalnya, INOV juga memanfaatkan perusahaan afiliasinya, PlasticPay, untuk meningkatkan pengumpulan limbah plastik PET. PlasticPay telah menyediakan collection points dalam bentuk reverse vending machine (RVM) dan mini collection points di seluruh penjuru negeri. Tahun ini, perusahaan tersebut bertujuan untuk memperbanyak RVM menjadi 200, dua kali lipat dibandingkan tahun 2023. Langkah ini tidak hanya akan membantu mengurangi limbah botol plastik tetapi juga memastikan bahan baku berkualitas tinggi untuk proses daur ulang INOV.

Pendekatan PlasticPay merupakan solusi modern untuk pengelolaan limbah di Indonesia, yang mengatasi masalah terkait kontaminasi dan penumpukan limbah di tempat pembuangan akhir. Dengan menyediakan titik pengumpulan yang dapat diakses oleh individu, PlasticPay membantu meningkatkan kualitas bahan daur ulang dan mendukung Ekosistem Ekonomi Sirkular.

Melalui strategi komprehensif ini, INOV memposisikan dirinya sebagai pemimpin dalam pengelolaan limbah dan daur ulang yang berkelanjutan, berkontribusi pada ekonomi yang lebih sirkular dan masa depan yang lebih hijau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang didukung oleh Modena.

Selasa, 17 September 2024 - 22:26 WIB

Jadi Official Partner di ISF 2024, Modena Dukung Keberlanjutan

Modena mengumumkan perannya sebagai Official Hydration Partner dalam Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024.

Gedung BSI Pusat

Selasa, 17 September 2024 - 21:38 WIB

BRIS Konsisten Menguat, Sempat Sentuh ATH di Level Rp3.180

Saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI terjaga menguat 8,39% ke level Rp3.100 pada penutupan perdagangan Selasa (17/9/2024) dari hari sebelumnya, dan tumbuh 78,16% secara year to date…

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…

Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024

Selasa, 17 September 2024 - 19:50 WIB

Bank Mandiri Gelar Livin' Gamers Festival 2024, Hadirkan Pengalaman Beyond Banking bagi Pecinta Gim

Menyambut semangat perayaan HUT ke-26, Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024, sebuah ajang yang ditujukan bagi para pecinta gim dan komunitas e-sports di Indonesia. Berkolaborasi…

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, saat memimpin upacara bendera 17 September di Mabes TNI Cilangkap.

Selasa, 17 September 2024 - 19:28 WIB

Kapuspen TNI Ingatkan Netralitas Dan Etika Sosial Media Anggota TNI Menjelang Pilkada Serentak 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Upacara Bendera 17 September 2024 dengan Inspektur Upacara Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto yang diikuti oleh Prajurit…