Sambut Pelaku Sektor Utama Industri Indonesia, IEE Series 2024 - Engineering Week Hadir di Area Lebih Luas

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 11 September 2024 - 16:30 WIB

 IEE Series 2024 - Engineering Week Hadir di Area Lebih Luas, Sambut Pelaku Sektor Utama Industri Indonesia
IEE Series 2024 - Engineering Week Hadir di Area Lebih Luas, Sambut Pelaku Sektor Utama Industri Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta— Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024 kembali dibuka melalui gelaran Engineering Week yang akan dilaksanakan pada 11-14 September 2024. Sebagai pertemuan industri terbesar di Asia Tenggara, IEE Series 2024 - Engineering Week diadakan di lahan seluas lebih dari 85,000 m2 area indoor dan outdoor Jakarta International Expo Kemayoran.

Mencakup 7 sektor utama industri di Indonesia: pertambangan, minyak dan gas, konstruksi dan pengecoran beton, pengecoran logam dan industri metalurgi, serta sektor manajemen kebencanaan dan perlindungan sipil. Ketujuh sektor tersebut akan terangkum pada pameran:

●       Mining Indonesia yang ke-22

●       Oil & Gas Indonesia yang ke-15

●       Construction Indonesia yang ke-24, beserta Concrete Show Southeast Asia - Indonesia (CI-CSEA)

●       Special co-located show: GIFA Indonesia dan METEC Indonesia

●       Asia Disaster Management and Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) yang ke-3

“Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk turut serta dalam agenda keberlanjutan ini yang kami bawa dalam tema ini Advancing Industrial Sustainability. Harapan yang besar turut dilontarkan agar kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi perekonomian bangsa Indonesia sekaligus sebagai landasan dalam membangun masa depan perwujudan resiliensi dan industri yang berkelanjutan melalui kerja sama dan inovasi dari seluruh pihak,” papar Lia Indriasari, Country Manager Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara rangkaian IEE Series 2024. Engineering Week sendiri melibatkan perwakilan pelaku industri dari 40 negara lebih, diikuti oleh lebih dari 2,100 peserta nasional dan internasional dari sektor engineering. Pada 4 hari pelaksanaannya, terdapat 3 panggung hybrid, 15 sesi seminar dan 4 sesi yang diselenggarakan langsung oleh kementerian, serta menyatukan 62 pemangku kebijakan - praktisi - akademisi - pelaku industri, dan juga 9 asosiasi industri terkait.

Pamerindo Indonesia berkolaborasi dengan berbagai institusi pemerintahan dan asosiasi di industri terkait untuk menghadirkan topik dan isu-isu terkini seputar industri. Beberapa di antaranya adalah kolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai co-host untuk ADEXCO, dan dukungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada pameran Construction Indonesia - Concrete Show Southeast Asia-Indonesia demi memajukan pembangunan infrastruktur dan konstruksi. Selain itu, beberapa asosiasi sektor utama lain yang berpartisipasi adalah ASPERMIGAS (Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas), ASPINDO (Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia), GAPENSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia), serta asosiasi pendukung GIFA-METEC Indonesia, yaitu GAMMA (Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia), APLINDO (Asosiasi Industri Pengecoran Logam Indonesia), dan juga APNI (Asosiasi Penambang Nikel Indonesia). Bersama dengan BNPB dan berkolaborasi dengan SIAP SIAGA (program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Manajemen Risiko Bencana) serta Sekretariat ASEAN, Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara IEE Series 2024 - Engineering Week juga secara khusus menghadirkan platform Global Forum for Sustainable Resilience (GFSR) atau Forum Global untuk Resiliensi Berkelanjutan.

Mengusung tema "Advancing Industrial Sustainability", pameran IEE Series 2024 - Engineering Week melakukan lompatan pembaruan dan terus berkembang dari tahun-tahun sebelumnya. Setelah sebelumnya membawa tema tersebut pada Energy Week, 28-31 Agustus 2024, IEE Series membuktikan komitmennya untuk terus mendorong terwujudnya keberlanjutan industri secara holistik di berbagai aspek, sesuai dengan target 17 UN SDGs. IEE Series 2024 - Energy Week dihadiri oleh 12,408 trade attendees dan melibatkan 650 perusahaan peserta dari total 30 negara, menunjukkan kolaborasi internasional demi menunjang target energi berkelanjutan. Dukungan pada sektor pendidikan dan pemberdayaan generasi muda pun telah sukses ditunjukkan pada Energy Week melalui keterlibatan 10 institusi pendidikan tinggi pada program Student Visit dan juga pemberian penghargaan untuk 5 start-up generasi muda pada sesi Innovator Network (SHARE-PIE).

Pada sesi terakhir Innovator Network (SHARE-PIE) sekaligus penutup rangkaian Energy Week, Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, selaku Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyatakan pentingnya penerapan visi keberlanjutan pada dinamika industri seperti yang dilakukan selama rangkaian IEE Series ini. “Salah satu hal terpenting dalam menuju era Indonesia Emas 2045 adalah penjembatanan (bridging) antara pihak industri untuk mengenalkan teknologi dan proses kerja industri yang diperlukan oleh dunia akademis. Harapannya, dengan melibatkan peran serta akademisi, praktisi, dan generasi muda, maka akan sumber daya manusia di Indonesia masing-masing mampu memegang peranan langsung dalam berbagai hal, seperti menjadi agen perubahan (agent of change) di daerah masing-masing. Karena itu, sinergi antara pameran seperti ini, dengan berbagai sektor pendukung ekosistem industri, seperti pendidikan, menjadi hal yang penting,” paparnya.

Mengusung visi tersebut, Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara berusaha memberikan berbagai edukasi program keberlanjutan melalui kerjasama dengan berbagai mitra. Engineering Week menyediakan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik dan juga shuttle-bus EV gratis pulang pergi dari titik keberangkatan Senayan City dan Pondok Indah Mall menuju JIExpo, dengan kerjasamanya bersama INVI dan KALISTA (member of Indika Energy Group). Pamerindo pun melanjutkan program menjahit daur ulang sampah plastik menjadi barang dengan nilai guna baru melalui kerjasama dengan Rappo, selaku mitra program keberlanjutan IEE Series 2024.

“Pamerindo Indonesia juga dengan bangga menyampaikan bahwa di tahun lalu, telah berhasil mencapai 16 dari 17 UN SDGs, dan berkomitmen untuk melaksanakan lebih baik lagi di tahun ini. Kegiatan Engineering Week diikuti lebih dari 2,800 perusahaan dari 44 negara untuk bersama-sama mewujudkan tema ini. Banyak inisiatif-inisiatif yang dijalankan dengan menampilkan aspek keberlanjutan dalam kegiatan pameran kali ini, mulai dari program pengelolaan limbah, program pengurangan emisi karbon, program inklusifitas, hingga berbagi pengetahuan atau edukasi kepada pengunjung tentang topik berkelanjutan. Sebagai salah satu contoh, backdrop panggung pada kesempatan ini terbuat dari 100% karton daur ulang, sebagai bukti komitmen Pamerindo dalam implementasi aspek berkelanjutan dari setiap kegiatan yang dijalankan.” tambah Lia Indriasari menyoroti pentingnya memajukan visi keberlanjutan industri pada pengadaan Indonesia Energy & Engineering Series 2024.

Kunjungi https://bit.ly/IEE-Series-2024 untuk mendapatkan akses dan informasi terkini tentang seminar, pameran, dan acara pendukung IEE Series 2024 - Engineering Week. Pengunjung juga bisa mengakses JIExpo Kemayoran menggunakan taksi ramah lingkungan, dan shuttle bus EV yang disediakan oleh Pamerindo Indonesia (Informa Markets Indonesia) demi menunjang pelaksanaan program sustainability di seluruh rangkaian acara IEE Series 2024. Berbagai diskusi, seminar, maupun podcast yang akan terselenggara selama acara pun dapat disaksikan secara online melalui https://vexpo.iee-series.com/ ataupun unduh aplikasi IEE VExpo melalui PlayStore maupun iStore.

Berikut daftar seminar yang akan diselenggarakan selama IEE Series - Engineering Week:

Panggung GPN & IEE Longue

Rabu, 11 September 2024

          Opening Ceremony IEE Series 2024 - Engineering Week

Sesi Siang ●       Engineering Forum

Reliable Decarbonization and Energy Efficiency in Mining (Hosted by ASPINDO)

●       Engineering Forum

Sustainable Road Construction Technologies (Hosted by Equipment)

Kamis, 12 September 2024

Sesi Pagi  ●       GIFA METEC Tech Talk

Collaborative Strategies between government and private sector in Advancing the National Foundry, Metallurgy, and Iron and Steel Industry (Hosted by GAMMA)

●       Construction Talk

AI-Driven Asset Management with BIM (Hosted by ARCHILANTIS)

Sesi Siang ●       Mining Talk

Leveraging Technology and Innovation to Achieve Operational Excellence (Hosted by Tekno Minerba)

●       BIM Talk

Application of BIM and Smart Building Technologies in the Construction of ASN and HANKAM flat in IKN (Hosted by ARCHILANTIS)

Jumat, 13 September 2024

Sesi Pagi  ●       Heavy Equipment Professional Summit

Managing competition with good quality product with high endurance and proper support system (Hosted by PERTAABI)

●       Oil & Gas Indonesia - Tech Talk

Through in Enhanced Oil Recovery Technology

That Would Finally Make One Million BOPD Production Possible in Indonesia (Hosted by ASPERMIGAS)

Sesi Siang ●       Heavy Equipment Professional Summit

Improving production target through earth moving tyre selection (Hosted by PERTAABI)

●       Industrial Sustainability Update in Mining, Oil, & Gas Sector

Towards a Sustainable Future: Innovations in Mining, Oil, & Gas (Hosted by Bisnis Indonesia)

Sabtu, 14 September 2024

Sesi Pagi  ●       BIM Coordinator Summit

(Hosted by ARCHILANTIS)

●       Drone Talkshow

Enhancing Mining Efficiency and Safety with Drone Technology (Hosted by ASTTA)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BSI Pusat

Selasa, 17 September 2024 - 21:38 WIB

BRIS Konsisten Menguat, Sempat Sentuh ATH di Level Rp3.180

Saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI terjaga menguat 8,39% ke level Rp3.100 pada penutupan perdagangan Selasa (17/9/2024) dari hari sebelumnya, dan tumbuh 78,16% secara year to date…

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…

Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024

Selasa, 17 September 2024 - 19:50 WIB

Bank Mandiri Gelar Livin' Gamers Festival 2024, Hadirkan Pengalaman Beyond Banking bagi Pecinta Gim

Menyambut semangat perayaan HUT ke-26, Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024, sebuah ajang yang ditujukan bagi para pecinta gim dan komunitas e-sports di Indonesia. Berkolaborasi…

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, saat memimpin upacara bendera 17 September di Mabes TNI Cilangkap.

Selasa, 17 September 2024 - 19:28 WIB

Kapuspen TNI Ingatkan Netralitas Dan Etika Sosial Media Anggota TNI Menjelang Pilkada Serentak 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Upacara Bendera 17 September 2024 dengan Inspektur Upacara Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto yang diikuti oleh Prajurit…

Rizka Septiana, Akademisi dan Pakar Public Relations

Selasa, 17 September 2024 - 18:36 WIB

Paus Fransiskus dan Citra Indonesia di Mata Dunia

Lawatan Paus Fransiskus pada 3-6 September 2024 di Jakarta masih menarik untuk diperbincangkan. Apalagi kita kerap digoda dengan ragam postingan dunia maya yang selalu riuh membicarakan sosok…