Kinerja Moncer, Hutama Karya Raih 2 Kontrak Baru Proyek Pengembangan Sungai Wulan dan Konservasi Pantai Candidasa

Oleh : Candra Mata | Rabu, 11 September 2024 - 13:10 WIB

Hutama Karya lakukan penandatanganan kontrak proyek pengembangan Sungai Wulan dan konservasi pantai Candidasa
Hutama Karya lakukan penandatanganan kontrak proyek pengembangan Sungai Wulan dan konservasi pantai Candidasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali menambah portofolio dengan mendapatkan 2 kontrak baru yakni proyek pekerjaan Wulan River Improvement Paket 2 dan Candidasa Beach Conservation dengan total nilai mencapai Rp 815 miliar.

Pada proyek pekerjaan Wulan River Improvement Paket 2, sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan kontrak di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Kota Semarang pada Senin (26/8) oleh Executive Vice President (EVP) Divisi Sipil Umum sekaligus kuasa Kerja Sama Operasi (KSO), Rizky Agung Saputra dengan PPK Sungai dan Pantai II, BBWS Pemali Juana, Fuad Kurniawan, ST., MT.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyampaikan bahwa proyek senilai Rp 297 miliar ini bertujuan untuk mengurangi risiko banjir di daerah Kudus, Pati, Demak dan Jepara, dengan perbaikan aliran sungai dan pembangunan infrastruktur pendukung; meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan air yang lebih baik, dan meminimalisir risiko kerugian akibat banjir; mendukung irigasi pertanian di sekitar sungai, meningkatkan produksi pertanian, dan ketahanan pangan; mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perlindungan infrastruktur penting, dan peningkatan aktivitas ekonomi di kawasan tersebut yang lebih tahan banjir; serta memberikan manfaat ekologi seperti pemulihan habitat alami dan keanekaragaman hayati di sepanjang Sungai Wulan.

“Nantinya setelah dilakukan pengerukan dan perbaikan penampang sungai, diharapkan debit air yang ditampung dapat meningkat secara signifikan, sehingga mampu mengatasi banjir yang sering terjadi akibat sedimentasi dan aliran air yang tidak lancar,” ujar Adjib.

Lebih lanjut Adjib menyampaikan bahwa dalam proyek ini, Hutama Karya akan menggarap berbagai aspek penting yakni pekerjaan normalisasi sungai Wulan dengan volume galian tanah ± 4,2 juta m³, serta pekerjaan struktur untuk memperbaiki tanggul-tanggul sungai dengan pengecoran beton parapet menggunakan pondasi tiang mini pile. Proyek yang digarap melalui KSO antara Hutama Karya dan PT Bangkit Berkah Perkasa (KSO Hutama-Bangkit), akan dikerjakan selama 720 hari kalender serta ditargetkan selesai pada bulan Agustus 2026 mendatang.

Sementara proyek pekerjaan Konservasi Pantai Bali Tahap 2 Paket 1 yakni Candidasa Beach Conservation, kontrak telah ditandatangani oleh EVP Divisi Sipil Umum Hutama Karya, Rizky Agung Saputra dan PPK Sungai dan Pantai II Satker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Bali-Penida, Balai Sungai Bali-Penida, Danang Raditya Permadi di Auditorium SDA Kementerian PUPR, Jakarta pada Rabu (28/8) lalu.

Adjib menjelaskan bahwa proyek yang berada di Karangasem, Bali ini dikerjakan untuk mengembalikan kondisi pantai Candidasa ke kondisi alamiahnya, dengan membangun revetment, penambahan pasir pantai, konservasi terumbu karang, serta penataan kembali kawasan pantai sepanjang 5,5 km, dengan nilai kontak sebesar Rp 518 miliar.

Dalam penyelesaian proyek yang ditargetkan rampung di tahun 2027 mendatang, Hutama Karya akan melakukan strategi yang efisien dengan pemanfaatan kembali hasil bongkaran struktur eksisting di sekitar lokasi sebagai material timbunan zona inti revetment. 

Selain itu, direncanakan akan menggunakan material dari lokasi alur pelayaran, sekaligus berfungsi untuk meningkatkan kedalamannya sehingga dapat dilalui kapal berukuran besar.

“Proyek ini nantinya diharapkan dapat menanggulangi abrasi yang terjadi di pesisir pantai bagian timur Bali dari pesisir Pantai Buitan hingga Candidasa, serta meningkatkan daya tarik wisata dan potensi ekonomi daerah sekitar,” tutup Adjib Al Hakim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…

Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024

Selasa, 17 September 2024 - 19:50 WIB

Bank Mandiri Gelar Livin' Gamers Festival 2024, Hadirkan Pengalaman Beyond Banking bagi Pecinta Gim

Menyambut semangat perayaan HUT ke-26, Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024, sebuah ajang yang ditujukan bagi para pecinta gim dan komunitas e-sports di Indonesia. Berkolaborasi…

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, saat memimpin upacara bendera 17 September di Mabes TNI Cilangkap.

Selasa, 17 September 2024 - 19:28 WIB

Kapuspen TNI Ingatkan Netralitas Dan Etika Sosial Media Anggota TNI Menjelang Pilkada Serentak 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Upacara Bendera 17 September 2024 dengan Inspektur Upacara Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto yang diikuti oleh Prajurit…

Rizka Septiana, Akademisi dan Pakar Public Relations

Selasa, 17 September 2024 - 18:36 WIB

Paus Fransiskus dan Citra Indonesia di Mata Dunia

Lawatan Paus Fransiskus pada 3-6 September 2024 di Jakarta masih menarik untuk diperbincangkan. Apalagi kita kerap digoda dengan ragam postingan dunia maya yang selalu riuh membicarakan sosok…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema '10 Tahun Bersinergi Membangun SDM Nasional', Selasa (17/9).

Selasa, 17 September 2024 - 18:07 WIB

Satu Dekade Pembangunan Manusia, dari Kesehatan hingga Merdeka Belajar

Jakarta, FMB9 - Indonesia sedang menyambut bonus demografi yang akan berlangsung hingga 2030. Pemerintah dalam 10 tahun terakhir terus memperkuat berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan,…