Promosi Seni Budaya Nusantara ke Slovakia, GLB Angkat Jataka dan Kisah Relief Borobudur

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 11 September 2024 - 10:56 WIB

Gentra Lestari Budaya mempromosikan seni budaya nusantara dalam acara Indonesia Week: Culture-Trading-Tourism pada 10 hingga 14 September 2024 di kota Bratislava. Berfoto bersama dengan Dubes RI Untuk Slovakia, R. Pribadi Sutiono - Foto: GLB
Gentra Lestari Budaya mempromosikan seni budaya nusantara dalam acara Indonesia Week: Culture-Trading-Tourism pada 10 hingga 14 September 2024 di kota Bratislava. Berfoto bersama dengan Dubes RI Untuk Slovakia, R. Pribadi Sutiono - Foto: GLB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Komunitas Budaya GLB atau Gentra Lestari Budaya memperoleh amanah dari Kedutaan Besar Indonesia di Slovakia untuk mempromosikan seni budaya nusantara dalam acara Indonesia Week: Culture-Trading-Tourism pada 10 hingga 14 September 2024 di kota Bratislava.

"Kami diundang langsung oleh Dubes RI untuk Slovakia Bapak R Pribadi Sutiono. Untuk itu kami berkoordinasi dengan Kemendikbud untuk mengirim delegasi 14 orang dari GLB NTT, GLB Sumbar, GLB Jawa Barat, GLB Jakarta, dan GLB DI Yogyakarta," ujar Ketua Umum Gentra Lestari Budaya, Ratu Ratna Dewi Kartika dalam keterangan tulisnya di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Dalam perjalanan selama 10 tahun,  Gentra Lestari Budaya telah melaksanakan beberapa agenda antara lain Kompetisi Tari Kreasi Nusantara (menginjak tahun ke-7), Pemilihan Putri Tari Nusantara (tahun ke-2), Festival Musik Tradisional, Duta Budaya ke China, Yunani. Mexico-Panama, dan sebagainya.

"Kami di Gentra Lestari Budaya berkomitmen melestarikan   dan mengembangkan seni budaya Nusantara serta membina talenta-talenta muda seni budaya dari seluruh daerah Indonesia. Kami berkolaborasi dengan stakeholder terkait terutama Kantor Staf Presiden, Kemendikbud dan Kemenparekraf," tambah perempuan yang biasa dipanggil Bunda Ratu itu.

Pada agenda promosi seni budaya tersebut GLB NTT dan GLB Jawa Barat bakal menampilkan lagu dan musik tradisional. Sedangkan dari Jakarta serta Sumatra Barat ditampilkan tari-tarian.

Promosi Jataka Kisah Relief Borobudur

Adapun GLB DIY pada kesempatan ini mempromosikan Jataka, kisah-kisah kebijakan warisan Leluhur Nusantara yang bersumber dari relief Candi Borobudur. Performance berupa kolaborasi antara seni tari dengan aksi monolog-teatrikal Bambang Eka Prasetya, pegiat budaya yang telah lama menekuni sastra berbasis relief Borobudur.

Dewan Pembina GLB yang juga Koordinator GLB DIY, Fidel Diponegoro menyatakan, sayang sekali bila masyarakat kurang mengenal kisah-kisah Jataka Borobudur yang penuh dengan nilai- nilai luhur.

“Itu merupakan warisan tak ternilai tentang pendidikan karakter bagi generasi muda Nusantara. Kami membawa kisah ini ke Eropa, dalam rangka mendongkrak popularitas Jataka sebagai narasi yang memperkuat magnet Candi Borobudur sekaligus meluruskan narasi simpang siur yang sering beredar," ujarnya.

Salah satu kisah yang akan ditampilkan adalah Maitrakanyaka [sumber: Panel 106 s/d Panel 112 Borobudur] yang berkisah tentang anak durhaka yang berlayar tanpa mengindahkan harapan ibunya bahkan bertindak kurang ajar kepada ibunya sehingga kemudian harus menjumpai karma.

Untuk diketahui Borobudur memiliki 2672 panel relief dimana 1212 panel bersifat dekoratif sedangkan 1460 panel naratif berisi kisah-kisah yang mengandung nilai-nilai budi pekerti.

"Kisah-kisah relief Borobudur adalah kekayaan budaya yang perlu disebarkan, diwariskan dan dilestarikan. Itu concern kami," pungkas Ratu Ratna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo

Sabtu, 21 September 2024 - 06:14 WIB

Positivisasi Etika Lawan Manipulasi Hukum

Dalam lanskap politik Indonesia yang semakin rapuh dan sarat dengan kepentingan pribadi dan kelompok elit, hukum yang seharusnya menjadi penopang keadilan kini justru kian kehilangan martabatnya.…

Selly Veronica, Kaprodi Arsitektur President University

Jumat, 20 September 2024 - 21:57 WIB

Hebat! Prodi Arsitektur President University Presentasikan Tiga Paper di Simposium Kyoto Jepang

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Prodi Arsitektur President University. Meski baru seumur jagung, Prodi yang didirikan di tahun 2022 ini telah mampu unjuk diri dalam berbagai pentas…

Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI berlangsung dari tanggal 20-22 September 2024 dan diikuti oleh TNI, Polri dan Sipil sebanyak 1.513 orang

Jumat, 20 September 2024 - 21:23 WIB

Kasau Resmi Buka Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI 2024

(Puspen TNI) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono mewakili Panglima TNI membuka secara resmi Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI dalam rangka…

BRI insurance serahkan klaim nasabah unit BRI pasar Kutoarjo

Jumat, 20 September 2024 - 20:39 WIB

BRI Insurance Bersama BRI Serahkan Pembayaran Klaim Kepada Pedagang Pasar Kutoarjo

BRI Insurance (BRINS) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyerahkan klaim asuransi kepada nasabah di Pasar Kutoarjo yang tertimpa musibah kebakaran pada Jumat,16 Agustsus 2024 lalu.

Purjono Agus Suhendro, pakar pemasaran dari Indonesia Marketing Strategy Consultant (IMSC)

Jumat, 20 September 2024 - 19:00 WIB

4 Penyebab Utama Kebangkrutan Tupperware Menurut Pakar Pemasaran Ini

Jakarta – Tupperware Brands Corporation (NYSE: TUP), sebelumnya bernama Tupperware Corporation, menambah daftar merek global legendaris yang akhirnya bangkrut menyusul Kodak di Jepang, Lehman…