Presiden Sebut Hadapi Bahaya Besar Akibat Perubahan Iklim! ISF 2024, MIND ID Dukung Program Transisi Energi

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 11 September 2024 - 10:45 WIB

BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID, konsisten mendukung transisi energi Indonesia melalui pengelolaan cadangan serta program hilirisasi dan industrialisasi mineral pertambangan.
BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID, konsisten mendukung transisi energi Indonesia melalui pengelolaan cadangan serta program hilirisasi dan industrialisasi mineral pertambangan.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -- BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID, konsisten mendukung transisi energi Indonesia melalui pengelolaan cadangan serta program hilirisasi dan industrialisasi mineral pertambangan.

Melalui dukungan pada agenda Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2024, MIND ID berupaya membuktikan bahwa pertumbuhan industri dan pelestarian lingkungan dapat berjalan beriringan demi kesejahteraan generasi saat ini dan yang akan datang.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia dalam mendukung transisi energi. Terlebih, dunia menghadapi bahaya besar akibat perubahan iklim, sehingga dibutuhkan langkah mitigasi yang komprehensif dari seluruh pihak.

"Perubahan iklim adalah ancaman nyata bagi kelangsungan hidup kita, dan transisi energi bukan lagi pilihan, melainkan sebuah keharusan. Keberlanjutan sangat penting untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang," kata Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan bahwa Indonesia diberkahi sumber daya yang luar biasa, mulai dari critical mineral, laut yang luas, hingga hutan tropis, sehingga mampu menjadi negara strategis untuk berkontribusi terhadap pencapaian target keberlanjutan global.

Bahkan, dia menegaskan mineral yang terkandung di Tanah Indonesia akan menjadi kunci dalam pengembangan energi terbarukan, terutama dalam sektor penyimpanan energi yang efisien.

"Indonesia memiliki sumber daya mineral strategis dan kritis yang sangat dibutuhkan dunia untuk mendukung transisi energi global, termasuk untuk produksi baterai dan teknologi energi bersih," ujar Luhut.

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf, menyampaikan bahwa perseroan meyakini langkah hilirisasi yang berlanjut pada tahap pembangunan ekosistem industri mineral pertambangan Indonesia akan mampu mewujudkan harapan transisi energi nasional.

MIND ID pun terus memperkuat kapasitas aset untuk mengolah cadangan mineral dan batubara guna menjadi produk berteknologi yang mampu mendukung efisiensi serta penyimpanan dari sumber-sumber energi terbarukan.

Sebagai perusahaan kelas dunia, MIND ID tidak hanya mengedepankan kinerja optimal dari aset kelolaannya, tetapi juga konsisten menerapkan standar pertambangan berkelanjutan demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Perseroan proaktif dalam melaksanakan program reklamasi, tanam pohon, hingga memperkuat bauran energi terbarukan dalam bauran konsumsi energi internal.

"Dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia, MIND ID pun mengajak semua mitra untuk bersama-sama memaksimalkan peran Indonesia dalam transisi energi global guna memastikan terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat," pungkas Heri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Studi berjudul "Studi Kesenjangan & Kebutuhan Strategis Implementasi GRC: Analisis Persepsi & Realita Implementasi GRC Lintas Industri" dalam seminar yang digelarVeda Praxis

Kamis, 19 September 2024 - 00:05 WIB

Veda Praxis & DIGITS Unpad Luncurkan Hasil Studi Implementasi GRC di Indonesia

Veda Praxis bersama dengan Center for Digital Innovation Studies (DIGITS) Universitas Padjadjaran, meluncurkan hasil riset terbaru mereka tentang GRC di industri Indonesia.

Vinilon luncurkan pipa KRAH berstandar internasional di Indo Water Expo & Forum 2024.

Rabu, 18 September 2024 - 23:47 WIB

Vinilon Group Luncurkan Pipa Vinilon KRAH Berstandar Internasional

Dengan sambungan Electrofusion socket dan spigot, pipa KRAH dari Vinilon dirancang untuk memastikan sistem perpipaan yang kuat, bebas bocor, dan tahan lama hingga 100 tahun, menawarkan solusi…

Peluncuran Yogurto Wonderful DragonFruit.

Rabu, 18 September 2024 - 23:37 WIB

Sukses di Pasaran, Yogurto Luncurkan Produk Baru "Wonderful DragonFruit"

PT Ohealty Karichy Elysian (OKE) berinovasi kembali dengan menghadirkan kombinasi antara yoghurt dan buah naga di Yogurto Wonderful DragonFruit.

Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Titimangsa menggelar teater musikal bertajuk Tanah Yang Terpenjara

Rabu, 18 September 2024 - 22:35 WIB

Kolaborasi Bersama Titimangsa, Dompet Dhuafa Gelar Teater Musikal untuk Palestina

Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Titimangsa menggelar teater musikal bertajuk Tanah Yang Terpenjara, Lantangkan Suara untuk Palestina. Sajian…

Ustadz Adi Hidayat, LC, MA memberikan tausiah di gelaran peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Mabes TNI Cilangkap

Rabu, 18 September 2024 - 21:40 WIB

Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Mabes TNI Hadirkan Penceramah Kondang Ust. Adi Hidayat

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M dengan menghadirkan penceramah Dr. (H.C.) Adi Hidayat, Lc., M.A., Wakil Ketua…