Bintang Sepak Bola Nasional Australia Gelar Coaching Clinic Di Perguruan Islam Al Syukro Universal Dompet Dhuafa

Oleh : Candra Mata | Rabu, 11 September 2024 - 10:04 WIB

Timnas Australia gelar Coaching Clinic di Perguruan Islam Al Syukro Universal Dompet Dhuafa
Timnas Australia gelar Coaching Clinic di Perguruan Islam Al Syukro Universal Dompet Dhuafa

INDUSTRY.co.id - Tangerang, Banten - Dua bintang sepak bola Australia, Josh Kennedy dan Gema Simon, menyambangi Perguruan Islam Al Syukro Universal Dompet Dhuafa. Mereka mengadakan pelatihan sepak bola khusus bagi siswa-siswi dari program Sekolah Australia-Indonesia Building Relationship through Intercultural Dialogue and Growing Engagement (BRIDGE) di SD Islam Al Syukro Ciputat, pada Selasa (10/9/2024). 

Sejak tahun 2019, Perguruan Islam Al Syukro Universal Dompet Dhuafa telah menjalin kerjasama dalam program BRIDGE School Partnership. Dalam kegiatan 'Soccer Clinic Activity' yang meriah, Josh dan Gema secara langsung melatih siswa-siswi SD, SMP, dan SMA Perguruan Islam Al Syukro Universal berbagai teknik dasar sepak bola. Mulai dari mengoper, menerima bola, menggiring bola, hingga teknik-teknik dasar lainnya.

Josh Kennedy adalah mantan pemain Socceroos, yaitu tim sepak bola putra nasional Australia. la telah bermain dalam 36 pertandingan sepak bola. Sedangkan Gema adalah mantan pemain Matilda, tim bola putri nasional Australia, yang bermain hingga tahun 2019.

Parni Hadi, Inisiator sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan Kedutaan Besar Australia dan para atlet nasional Australia di Perguruan Islam Al Syukro Universal, Ia berharap kerjasama antara kedua belah pihak dapat terus ditingkatkan, terutama dalam peningkatan pengalaman dan kemampuan anak-anak. 

“Australia-Indonesia partner for progress, partner for happiness, (terjemahan: mitra untuk kemajuan, mitra untuk kebahagiaan)” ujar Parni Hadi. 

Kunjungan para atlet nasional Australia ini didampingi oleh Kristopher Maslin, Sekretaris Pertama Diplomasi Publik, Kedutaan Besar Australia Jakarta. Ia mengungkapkan dengan adanya kolaborasi ini pihaknya sangat antusias untuk merayakan hubungan diplomasi antara Australia dan Indonesia. 

“Ya jadi Kedutaan Besar Australia sangat senang bekerja dengan Partner Sekolah BRIDGE, hari ini kita di sini untuk melakukan pelatihan sepak bola, saat kita merayakannya pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Australia dan Indonesia. Tapi juga pertandingan malam ini antara Australia dan Indonesia. Australia Indonesia sama-sama negara pecinta olahraga jadi kami sangat bersemangat untuk membawa Gemma dan Josh ke Indonesia, sekolah menjadi tuan rumah serangkaian pelatihan untuk benar-benar merayakan koneksi itu. Saya sangat senang memiliki orang-orang yang bekerja dengan beberapa atlet yang diamputasi sekolah dan juga beberapa kelompok komunitas lainnya),” kata Khristopher.

Program BRIDGE menghubungkan sekolah-sekolah di Indonesia dengan sekolah-sekolah mitra di Australia, dan membangun hubungan antara komunitas sekolah Indonesia dan Australia, serta menyediakan akses terhadap pengetahuan dan keterampilan baru bagi para pengajar Indonesia dan Australia. 

BRIDGE telah berjalan selama 16 tahun di Indonesia dan sejauh ini telah membentuk sebanyak 253 kemitraan sekolah Indonesia - Australia. Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia didanai oleh Pemerintah Australia dan dilaksanakan oleh Asia Education Foundation (AEF) di University of Melbourne.

“Kami antusias dan dari Dompet Dhuafa juga mensupport kegiatan-kegiatan seperti ini, karena memang ini tujuannya untuk peserta didik dan siswa, karena kita ingin mengajarkan dan membiasakan anak-anak untuk berwawasan global sesuai dengan visinya Al Syukro,” ujar Cici Kurniasih selaku Direktur Perguruan Islam Al Syukro Universal. 

Perguruan Islam Al Syukro Universal merupakan salah satu implementasi sebagai wakaf produktif yang kebermanfaatannya bagi banyak orang. Pengelolaan pendidikan pada jenjang KB/TK, SD, SMP dan SMA Islam Al Syukro Universal merupakan amanah yang dijalankan dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan yang terintegrasi, berkelanjutan serta bermakna. Dengan menggunakan sistem manajemen integrasi yang memastikan standar pengelolaan pendidikan yang berkualitas, serta sarana pendukung yang berorientasi pada kebutuhan belajar peserta didik.

“sungguh luar biasa saya menyukai setiap menitnya kami menghargai itu semoga mereka menikmatinya sama seperti kita,” ungkap Gema.

“Kami bersyukur mendapat undangan ini dari pemerintah kita, dan untuk terhubung dengan komunitas lokal Indonesia melalui program BRIDGE juga jadi kami beruntung berada di sini dan kami berharap anak-anak bersenang-senang dan pihak lainnya. terima kasih atas bantuannya untuk mewujudkan itu,” Imbuh Josh. 

Antusiasme siswa sangat terlihat saat mereka berlatih dengan penuh semangat. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi siswa, tetapi juga menginspirasi mereka untuk terus mengembangkan minat dalam olahraga sepak bola.

Talita dan Qisya, siswa kelas 6 SD Al Syukro Universal mengaku senang dan tak menyangka bisa belajar langsung dengan atlet negara kanguru tersebut. Talita mengungkapkan ia banyak mendapat pejaran salah satunya bagaimana bekerja sama dengan tim

“Tadi kita main bola, belajar teknik dasar kaya passing gitu sama drible, senang karena bisa ketemu dan bisa belajar langsung, mencoba pengalaman baru. Aku ga nyangka aja baru main tiba-tiba langsung sama atlet, apalagi ngeliat Gema atlet perempuan jadi pengen juga jadi atlet,” ujar Talita.

 

.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…

Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024

Selasa, 17 September 2024 - 19:50 WIB

Bank Mandiri Gelar Livin' Gamers Festival 2024, Hadirkan Pengalaman Beyond Banking bagi Pecinta Gim

Menyambut semangat perayaan HUT ke-26, Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024, sebuah ajang yang ditujukan bagi para pecinta gim dan komunitas e-sports di Indonesia. Berkolaborasi…

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, saat memimpin upacara bendera 17 September di Mabes TNI Cilangkap.

Selasa, 17 September 2024 - 19:28 WIB

Kapuspen TNI Ingatkan Netralitas Dan Etika Sosial Media Anggota TNI Menjelang Pilkada Serentak 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Upacara Bendera 17 September 2024 dengan Inspektur Upacara Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto yang diikuti oleh Prajurit…

Rizka Septiana, Akademisi dan Pakar Public Relations

Selasa, 17 September 2024 - 18:36 WIB

Paus Fransiskus dan Citra Indonesia di Mata Dunia

Lawatan Paus Fransiskus pada 3-6 September 2024 di Jakarta masih menarik untuk diperbincangkan. Apalagi kita kerap digoda dengan ragam postingan dunia maya yang selalu riuh membicarakan sosok…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema '10 Tahun Bersinergi Membangun SDM Nasional', Selasa (17/9).

Selasa, 17 September 2024 - 18:07 WIB

Satu Dekade Pembangunan Manusia, dari Kesehatan hingga Merdeka Belajar

Jakarta, FMB9 - Indonesia sedang menyambut bonus demografi yang akan berlangsung hingga 2030. Pemerintah dalam 10 tahun terakhir terus memperkuat berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan,…