Lautan Natural Krimerindo Resmikan Pemasangan 1416 Solar Panel

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 11 September 2024 - 08:20 WIB

Pabrk PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) di Mojokerto, Jawa Timur yang menggunakan panel surya berkapasitas 635 Kw.
Pabrk PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) di Mojokerto, Jawa Timur yang menggunakan panel surya berkapasitas 635 Kw.

INDUSTRY.co.id - Surabaya – PT Lautan Natural Krimerindo (LNK), produsen bahan makanan dan minuman ternama di Indonesia dengan produk unggulan seperti FiberCreme, kembali menegaskan komitmennya terhadap bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Anak perusahaan PT Lautan Luas Tbk. ini meresmikan pemasangan 1.416 panel surya dengan kapasitas 635 kW di pabriknya yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, sebagai bagian dari upaya besar mereka dalam mendukung energi bersih di Indonesia.

Dalam sambutannya, Rendy Heerdijanto, Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, mengapresiasi langkah strategis LNK ini. 

"Inisiatif ini tidak hanya mendukung target pemerintah dalam pengurangan emisi gas rumah kaca, tetapi juga mempercepat langkah Indonesia menuju pencapaian Net Zero Emission pada tahun 2060," ungkap Rendy.

Rendy juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam mengatasi isu perubahan iklim. Kolaborasi seperti ini menurutnya, menjadi kunci dalam upaya serta langkah peningkatan pemanfaatan EBT untuk mencapai transisi energi dan target bauran energi Jawa Timur. 

"Kami berharap ini juga dapat menjadi kontribusi global kita untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim dan menciptakan masa depan yang lebih hijau," kata Rendy.

CEO PT Lautan Natural Krimerindo, Hendrik Gunawan, menekankan bahwa proyek instalasi panel surya ini adalah bagian dari strategi jangka panjang perusahaan dalam mendukung agenda pemerintah. 

"Pemasangan panel surya ini diharapkan dapat menyumbang hampir 30% dari kebutuhan energi kami, sekaligus mengurangi emisi CO2 hingga 1.200 ton per tahun, yang setara dengan penanaman lebih dari 14 ribu pohon," jelas Hendrik. 

"Kami berkomitmen untuk terus mengintegrasikan praktik bisnis yang bertanggung jawab, mendukung transisi energi terbarukan, dan menjaga keberlanjutan lingkungan di Indonesia," Tambahnya.

Prestasi terbaru ini juga melengkapi pencapaian LNK yang pada tahun 2022 menerima penghargaan Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini merupakan apresiasi untuk perusahaan yang memiliki kinerja lingkungan yang baik, mematuhi regulasi dan menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan.

Dalam melaksanakan proyek solar panel ini, LNK bekerja sama dengan Xurya Daya Indonesia (Xurya), sebuah perusahaan yang menyediakan solusi lengkap untuk kebutuhan energi surya bagi sektor komersial dan industri. 

Ini berarti Xurya berkontribusi dan bertanggung jawab langsung dalam proses pemilihan opsi pembiayaan, desain teknis, instalasi, pengoperasian, hingga pemeliharaan sistem PLTS yang terpasang di pabrik LNK. Selanjutnya, Xurya juga akan membantu LNK dalam mengoperasikan dan memelihara sistem PLTS ini selama lebih dari 20 tahun.

Eka Himawan, Managing Director Xurya, mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh LNK untuk turut berkontribusi langsung terhadap adopsi energi terbarukan di Indonesia. 

”Di Indonesia, sayangnya masih sedikit perusahaan yang telah mengintegrasikan inisiatif pelestarian lingkungan dengan kegiatan operasional perusahaan, contohnya seperti dengan mengadopsi PLTS atap. Padahal ini bagaikan sambil menyelam, minum air," kata Eka. 

Dengan langkah-langkah ini, PT Lautan Natural Krimerindo menunjukkan komitmennya untuk tidak hanya menjadi perusahaan yang unggul dalam bisnis, tetapi juga menjadi pemimpin dalam praktik keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima

Selasa, 17 September 2024 - 20:15 WIB

Apresiasi Dukungan Komisi VI DPR RI, IFG Lanjutkan Inisiatif Strategis untuk Tumbuh Berkelanjutan

Jakarta - Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen untuk terus tumbuh positif dengan melanjutkan berbagai inisiatif strategis yang dilakukan…

Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024

Selasa, 17 September 2024 - 19:50 WIB

Bank Mandiri Gelar Livin' Gamers Festival 2024, Hadirkan Pengalaman Beyond Banking bagi Pecinta Gim

Menyambut semangat perayaan HUT ke-26, Bank Mandiri menggelar Livin’ Gamers Festival 2024, sebuah ajang yang ditujukan bagi para pecinta gim dan komunitas e-sports di Indonesia. Berkolaborasi…

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, saat memimpin upacara bendera 17 September di Mabes TNI Cilangkap.

Selasa, 17 September 2024 - 19:28 WIB

Kapuspen TNI Ingatkan Netralitas Dan Etika Sosial Media Anggota TNI Menjelang Pilkada Serentak 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Upacara Bendera 17 September 2024 dengan Inspektur Upacara Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto yang diikuti oleh Prajurit…

Rizka Septiana, Akademisi dan Pakar Public Relations

Selasa, 17 September 2024 - 18:36 WIB

Paus Fransiskus dan Citra Indonesia di Mata Dunia

Lawatan Paus Fransiskus pada 3-6 September 2024 di Jakarta masih menarik untuk diperbincangkan. Apalagi kita kerap digoda dengan ragam postingan dunia maya yang selalu riuh membicarakan sosok…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema '10 Tahun Bersinergi Membangun SDM Nasional', Selasa (17/9).

Selasa, 17 September 2024 - 18:07 WIB

Satu Dekade Pembangunan Manusia, dari Kesehatan hingga Merdeka Belajar

Jakarta, FMB9 - Indonesia sedang menyambut bonus demografi yang akan berlangsung hingga 2030. Pemerintah dalam 10 tahun terakhir terus memperkuat berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan,…