SM+ Gandeng KIRA Kembangkan Pusat Data Mutakhir di Jakarta

Oleh : Hariyanto | Selasa, 10 September 2024 - 10:02 WIB

ilustrasi pusat data
ilustrasi pusat data

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT SMPlus Digital Investama (SM+) menjalin kemitraan strategis dengan Korea Investment Real Asset Management Co., Ltd. (KIRA) untuk mengembangkan pusat data (data center) mutakhir di kawasan pusat bisnis Jakarta yang akan melayani bisnis dan hyperscaler. Proyek dengan investasi lebih dari USD 300 juta ini direncanakan siap beroperasi pada pertengahan tahun 2026.

Kehadiran investasi KIRA di Indonesia dilandasi dengan keyakinan mereka atas kuatnya potensi bisnis pusat data di Indonesia. Pengalaman unggul KIRA di bisnis pusat data di Korea dan negara lainnya selama ini serta keahlian SM+ untuk mengembangkan dan mengelola bisnis pusat data di Indonesia akan menjadi pondasi yang kuat bagi kemitraan ini untuk meraih peluang dalam bisnis pusat data di Indonesia.

“Pusat data baru ini akan memberikan fasilitas dan layanan terbaik yang sangat penting untuk memajukan transformasi digital di berbagai sektor di Indonesia, termasuk keuangan, industri, pemerintahan, layanan publik, dan pendidikan. Kami sangat menghargai kemitraan dengan KIRA dalam inisiatif penting ini.” kata Franky Oesman Widjaja, Board Member dari Sinar Mas di Jakarta, Senin (9/9/2024). 

“Kami yakin kemitraan dengan SM+ dan Sinar Mas akan mendorong transformasi digital Indonesia secara signifikan. Kemitraan ini merupakan langkah penting menuju pencapaian visi bersama kami untuk menjadi pemimpin pasar pusat data di Indonesia,” tambah Kim Yong Sik, Chief Executive Officer dari KIRAKIRA. 

Structure Research memperkirakan pasar pusat data Indonesia akan tumbuh pesat dengan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 22% hingga mencapai Rp16,6 triliun (USD 1,1 miliar) pada tahun 2028 dari perkiraan Rp6,1 triliun (USD 395,0 juta) pada tahun 2023. 

Dengan jumlah populasi penduduk hampir 280 juta jiwa, Indonesia akan siap untuk menghadapi pertumbuhan pasar domestik yang signifikan, pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan momentum yang kuat di masa depan. SM+ dan KIRA yakin bahwa kemitraan ini dapat menangkap dan memanfaatkan peluang tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III

Selasa, 17 September 2024 - 13:47 WIB

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III Majukan UMKM ke Kancah Global

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III memfokuskan pelatihannya pada ekspansi pasar internasional, memperlengkapi UMKM dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di tingkat global.…

Karyawan SIG melakukan pengecekan flow meter sebelum dilakukan pemusnahan Bahan Perusak Ozon (BPO) di Pabrik Narogong, Jawa Barat.

Selasa, 17 September 2024 - 13:07 WIB

Top! Pertama Dioperasikan di Asia Tenggara, Fasilitas Nathabumi Milik SIG Sukses Musnahkan 103 Ton Bahan Perusak Ozon

Jakarta– Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus berperan aktif dalam aksi global melestarikan lapisan ozon dengan melakukan pengendalian secara…

CEO IndoTravelStore Wholesaler, Sunaryo Oentara

Selasa, 17 September 2024 - 12:13 WIB

IndoTravelStore Gelar Workshop Travel Agent Terbesar di Indonesia

IndoTravelStore dengan bangga Mengadakan kegiatan tahunan “Travel Agent Workshop” yang rutin diadakan setiap tahunnya. Kegiatan kali ini dihadiri oleh lebih dari 500 agen perjalanan wisata…

Direktur Operasional Asuransi JAGADIRI, Priska Sari Kurniawan, saat menandatangani Kerja Sama Strategis untuk Penyelenggaraan Asuransi Jiwa Kredit (AJK) didampingi oleh Direktur Keuangan Jamkrida Jabar, Agus Subrata (kanan). Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan belum lama ini di Jakarta.

Selasa, 17 September 2024 - 11:53 WIB

Kerja Sama Strategis Asuransi JAGADIRI dan PT Jamkrida Jabar Berikan Perlindungan dari Risiko Kredit

Jakarta– Pertumbuhan kredit perbankan saat ini kian meningkat. Bank Indonesia (BI) mencatat, pertumbuhan kredit perbankan pada Juli 2024 mencapai 12,40% secara year on year. BI juga memperkirakan…

Contoh unit baru di klaster Green Casa

Selasa, 17 September 2024 - 11:50 WIB

Green Bestari Park Hadirkan Hunian Baru & Marketing Gallery di Green Casa

PT Inti Mitbana Development, perusahaan joint venture antara Mitbana dan PT Intiland Development, Tbk secara resmi memperkenalkan unit contoh baru dan sales gallery di klaster Green Casa, Green…