Jajal Langsung Mitsubishi All-New Triton: Terbukti Tangguh di Medan Off-Road

Oleh : Ridwan | Senin, 09 September 2024 - 19:05 WIB

Mitsubishi All-New Triton
Mitsubishi All-New Triton

INDUSTRY.co.id - Bogor - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi telah meluncurkan Mitsubishi All-New Triton di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Kehadiran Mitsubishi All-New Triton terbukti menjadi perhatian dalam ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia itu.

Untuk menghadirkan pengalaman berkendara di medan off-road, MMKSI mengajak rekan-rekan media secara langsung menguji keandalan dan ketangguhan Mitsubishi All-New Triton.

Ada total 12 unit yang disediakan MMKSI dalam gelaran test drive bersama media yang terdiri dari varian Ultimate dengan transmisi otomatis, serta varian GLS dan HDX yang dilengkapi dengan transmisi manual.

Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita mengatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2022, model Triton telah menjadi salah satu pemimpin pasar di kelasnya. Hal ini dibuktikan dengan 26 penghargaan yang telah diraih Mitsubishi Triton hingga saat ini.

“Secara umum, Mitsubishi All-New Triton hadir dengan peningkatan signifikan dan melampaui sebuah mobil yang tidak hanya mendukung bisnis, tetapi juga menemani petualangan hidup pelanggan untuk meningkatkan kualitas dan mencapai tujuan hidup mereka,” terangnya di kawasan Desa Pelangi Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/9).

Dalam ajang test-drive ini, MMKSI telah menyediakan rute off-road sepanjang 650 meter dengan berbagas jenis jalur dan kontur untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya bagi para peseta.

Rute off-road ini dihadirkan untuk memaksimalkan fitur unggulan pada Mitsubishi All-New Triton seperti, jalur off-road datar, trek berlumpur, trek menanjak dan menurun, trek dengan banyak gundukan, trek dengan medan yang tidak rata, serta side ramp atau trek miring.

Pada jalur off-road datar, peserta diberikan kesempatan untuk merasakan dan beradaptasi dalam mengemudikan unit Mitsubishi All-New Triton di jalan tanah dan mencoba pengalaman berbeda menggunakan mesin baru yang lebih bertenaga, dengan torsi yang melebihi pada putaran awal. 

Pada varian Ultimate, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan Super Select-II yang memiliki 7 drive mode dengan selector dial pada kecepatan di bawah 100 km/jam. Sedangkan pada varian lainnya, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan sistem tuas yang lebih disukai untuk mobil operasional penunjang bisnis, dengan pilihan drive mode yang sama, yaitu, 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L).

Selanjutnya, peserta memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, di mana kecepatan yang disarankan adalah 10-20 km/jam. Karakter kokoh dari Mitsubishi All-New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka chassis yang meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan, terlebih dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. 

Peserta juga dapat memahami ketinggian ground clearance Mitsubishi All-New Triton yang mencapai 222 mm, yang sangat membantu dalam mengemudi di medan off-road. 

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm. Untuk menavigasi area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi dapat memanfaatkan fitur drive more ‘Mud’ dan Real Differential Lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin (Drive mode ini tersedia pada varian Exceed dan Ultimate).

Rute dilanjutkan dengan trek kontur menurun dan menanjak, di mana peserta disarankan untuk mengemudi dengan kecepatan 10-20 km/jam. Mitsubishi All-New Triton menawarkan beberapa keunggulan untuk mengemudi menanjak, termasuk Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya, serta torsi dan daya yang superior. 

Sedangkan pada trek menurun, pengemudi dapat memanfaatkan Engine Break yang lebih optimal, yang berguna untuk menambah rasa aman, keselamatan, dan kenyamanan bagi pengendara. 

Kemudian, hadirnya fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) juga memberikan stabilitas di berbagai medan dan kondisi jalan.

Mengusung slogan “Turn ON the Beast Mode”, Mitsubishi All-New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. 

Tidak hanya itu, Mitsubishi All-New Triton menerapkan desain baru, yang menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors “Dynamic Shield” pada bagian depan, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape.

Mitsubishi All-New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm. 

Keandalan mesin Mitsubishi All-New Triton, dilengkapi dengan kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm.

Berbagai fitur baru disematkan secara berbeda di setiap varian untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan. 

Detail seperti penggunaan bahan kulit dengan jahitan yang rapi pada kursi, 8-inch Audio Head Unit, 7 Drive Mode, Dual Zone Climate Control, Wireless Charger, dan 7-inch color LCD multi-information display, serta fitur lainnya.

Mitsubishi All-New Triton tersedia dalam 6 varian dan 5 pilihan warna, yaitu White Diamond, White Solid, Graphite Gray Metallic, Blade Silver Metallic, dan Jet-Black Mica.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO IndoTravelStore Wholesaler, Sunaryo Oentara

Selasa, 17 September 2024 - 12:13 WIB

IndoTravelStore Gelar Workshop Travel Agent Terbesar di Indonesia

IndoTravelStore dengan bangga Mengadakan kegiatan tahunan “Travel Agent Workshop” yang rutin diadakan setiap tahunnya. Kegiatan kali ini dihadiri oleh lebih dari 500 agen perjalanan wisata…

Direktur Operasional Asuransi JAGADIRI, Priska Sari Kurniawan, saat menandatangani Kerja Sama Strategis untuk Penyelenggaraan Asuransi Jiwa Kredit (AJK) didampingi oleh Direktur Keuangan Jamkrida Jabar, Agus Subrata (kanan). Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan belum lama ini di Jakarta.

Selasa, 17 September 2024 - 11:53 WIB

Kerja Sama Strategis Asuransi JAGADIRI dan PT Jamkrida Jabar Berikan Perlindungan dari Risiko Kredit

Jakarta– Pertumbuhan kredit perbankan saat ini kian meningkat. Bank Indonesia (BI) mencatat, pertumbuhan kredit perbankan pada Juli 2024 mencapai 12,40% secara year on year. BI juga memperkirakan…

Contoh unit baru di klaster Green Casa

Selasa, 17 September 2024 - 11:50 WIB

Green Bestari Park Hadirkan Hunian Baru & Marketing Gallery di Green Casa

PT Inti Mitbana Development, perusahaan joint venture antara Mitbana dan PT Intiland Development, Tbk secara resmi memperkenalkan unit contoh baru dan sales gallery di klaster Green Casa, Green…

Enam alasan untuk mengganti mikrofon wireless Anda dari analog ke digital

Selasa, 17 September 2024 - 11:37 WIB

Enam Alasan untuk Mengganti Mikrofon Wireless Anda dari Analog ke Digital

Jakarta-Suara yang terdengar tentu saja adalah analog, tapi bukan berarti Anda dan audiens Anda harus menolak banyak manfaat dari mikrofon nirkabel digital. Dalam kondisi tertentu, mungkin penting…

QRIS BRI di Pasar Rakyat

Selasa, 17 September 2024 - 11:20 WIB

Utamakan Edukasi dibandingkan Advokasi, Direktur Utama BRI Sunarso Bagikan 5 Jurus Dorong UMKM Indonesia Maju

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mengingat UMKM memiliki kontribusi sebesar 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB)…