CleverTap Luncurkan Product Experiences untuk Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna Aplikasi dan Web

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 September 2024 - 17:48 WIB

CleverTap
CleverTap

INDUSTRY.co.id - Jakarta – CleverTap, platform all-in-one engagement hari ini mengumumkan peluncuran Product Experiences – one-stop solution untuk bereksperimen dengan mudah dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh web dan aplikasi untuk membantu memaksimalkan nilai seumur hidup. 

Dengan pendekatan no-code, UI yang ramah pengguna, dan kemampuan dan analitik segmentasi tingkat lanjut, Product Experiences memungkinkan manajer produk dan pertumbuhan mempersonalisasi serta mengoptimalkan pengalaman pengguna aplikasi dan situs web dengan mudah.

Di lanskap aplikasi yang kompetitif saat ini, bagi bisnis pertaruhannya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dengan fakta bahwa 50% pengguna menghapus satu aplikasi dalam 30 hari dan 25% mengabaikannya hanya setelah satu kali penggunaan, brand menghadapi tekanan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih terpersonalisasi. 

Setiap ada masalah pengalaman pengguna, ada risiko diabaikan dengan cepat mengingat saat ini pengguna dengan mudah pindah ke alternatif lain. Menurut riset yang dilakukan McKinsey, drop-off sebesar 70% yang mengejutkan ini disebabkan oleh pengalaman penggunaan aplikasi yang di bawah rata-rata, sementara 76% pelanggan merasa frustasi saat brand gagal menyediakan interaksi yang lebih personal.

Di sinilah CleverTap Product Experiences hadir untuk menjawab tantangan yang sangat penting ini. Ia akan memberdayakan manajer produk dan tim perkembangan untuk bereksperimen dengan mudah dan membuat perubahan dalam desain, fungsi, dan alur kerja aplikasi dengan ketergantungan teknis yang minimal – baik itu melakukan pengujian A/B, varian alur add-to-chart, memperbarui banner, menunjukkan pemberian harga yang dinamis, dan konten lain. 

Termasuk mendemokratisasi manajemen pengalaman aplikasi dan web dengan memungkinkan tim perkembangan mengelola monetisasi dan personalisasi di dalam aplikasi secara mandiri tanpa update tambahan di aplikasi. Hal ini akan mendorong efisiensi operasional, memastikan bisnis Anda tetap lincah dan responsif terhadap permintaan pasar.

Komponen utama dari Product Experience di antaranya adalah Remote Config dan Product A/B Testing. Remote Config memudahkan marketer dan manajer produk memetakan fungsi aplikasi dan web untuk menghasilkan interface Remote Config yang lebih ramah pengguna sehingga bisa dikontrol dan dipersonalisasi dengan lebih lancar untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Mereka dapat membuat segmen yang tepat dengan zero-code dan mengesampingkan nilai variabel untuk merancang pengalaman yang sesuai bagi audiens tertentu secara langsung dari dasbor CleverTap.

Dengan Product A/B Tests, marketer bisa mengatur eksperimen dengan sejumlah varian terkait dengan UI, fungsi dan alur kerja. Melalui pengukuran hasil yang presisi berdasarkan key performance indicators (KPIs), bisnis bisa menganalisa performa dengan analitik yang mendetail dan menjalankan versi yang paling berhasil bagi basis pengguna mereka.

“Bisnis terus berusaha keras merilis fitur dan update baru untuk kepentingan pengguna akhir mereka. Update aplikasi yang membawa perubahan ini seringkali adalah hasil dari proses yang kompleks, memakan waktu, dan membutuhkan sumber daya yang besar. Siklus perilisan aplikasi tidak cukup skalabel, hemat biaya, atau cukup lincah untuk merespons permintaan pasar dan menyesuaikan dengan lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, " kata Anand Jain, Co-Founder dan Chief Product Officer, CleverTap di Jakarta, Senin (9/9/2024). 

"Product Experience menjawab berbagai pain point di industri ini dengan memberdayakan bisnis untuk mengontrol pengalaman aplikasi dan web mereka dengan ketergantungan teknis minimum. Kemampuan uniknya menawarkan pelanggan CleverTap all-in-one solution yang mendefinisikan kembali manajemen dan performa campaign serta manajemen pengalaman aplikasi dan web, terbukti menjadi platform yang lengkap untuk kesuksesan digital engagement di masa depan, " imbuhnya. 

Sebagai informasi, CleverTap adalah platform engagement all-in-one yang membantu brand membuka customer lifetime value yang tak terbatas. CleverTap dipercaya oleh lebih dari 2.000 brand seperti Domino’s, Levis, Jio, Papa John’s, Zomato, Kotak Bank, Air Asia, Carousell, TD Bank, dan Tesco untuk membantu membangun pengalaman yang terpersonalisasi untuk semua pelanggan mereka. 

Platform ini didukung oleh TesseractDB™ database pertama di dunia yang dibuat khusus untuk customer engagement, menawarkan kecepatan dan penghematan biaya.

Didukung oleh investor terdepan seperti Accel, Peak XV Partners, Tiger Global, CDPQ, dan 360 One, perusahaan CleverTap berkantor pusat di San Francisco, dengan kantor cabang di Seattle, London, São Paulo, Bogota,  Mexico, Amsterdam, Sofia, Dubai, Mumbai, Bangalore, Singapura, Vietnam dan Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Selasa, 17 September 2024 - 10:27 WIB

Menteri Basuki Targetkan Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Selesai Juni 2025

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 6B Outer Ring Road - Sp. ITCHI, dan Akses Tol IKN Seksi 6C Sp. ITCHI…

Ilustrasi Galon

Selasa, 17 September 2024 - 08:40 WIB

Pakar: Penelitian yang Klaim BPA Aman Bisa Jadi Dibiayai Produsen

Jakarta-Pakar kesehatan mengajak masyarakat bersikap kritis terhadap opini yang disengaja meremehkan bahaya senyawa kimia Bisfenol A (BPA). Sikap negatif dinilai membahayakan kesehatan jutaan…

Kendaraan alat berat

Selasa, 17 September 2024 - 07:57 WIB

Zoomlion Tampilkan Inovasi Industri Alat Berat

Zoomlion, produsen alat berat terkemuka dunia, memperkenalkan inovasi terbarunya dalam industri mesin konstruksi di pameran Mining Indonesia 2024 yang berlangsung di Jakarta International Expo.…

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Selasa, 17 September 2024 - 07:57 WIB

Haidar Alwi Ungkap Sejumlah Alasan Kenaikan Anggaran Polri Tidak Perlu Dipermasalahkan

Jakarta-Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi menilai, kenaikan anggaran Polri sebesar 7,84 persen dari Rp117,41 triliun menjadi Rp126,62 triliun dalam RAPBN 2025 tidak perlu dipermasalahkan.

Kemacetan di Puncak Bogor/ Tribratanews/Dokumentasi Antara

Selasa, 17 September 2024 - 07:36 WIB

Horor Kemacetan di Puncak Bogor, Tak Hanya Peningkatan Volume Kendaraan, Tetapi Juga Karena Perilaku Berkendara

Bogor-Polisi membeberkan penyebab kemacetan parah di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sejak Minggu (15/9/24) hingga Senin pagi (16/9/24). Kemacetan itu pun viral di media sosial…