Dompet Dhuafa Bersama PLN Peduli Gelar Pelatihan Bagi Kelompok Tani Madu

Oleh : Candra Mata | Senin, 09 September 2024 - 15:40 WIB

Kelompok Budidaya Madu Trigona
Kelompok Budidaya Madu Trigona

INDUSTRY.co.id - Sinjai, Sulsel - Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bersama PLN Peduli kembali menggelar pelatihan pada (Kamis, 5/09) dalam rangka pengembangan Desa Mandiri Berdaya di Kabupaten Sinjai.

Menggandeng DDV Sulawesi Selatan dan Serumpun Daya Nusantara, pelatihan kali ini ditujukan untuk kelompok tani madu trigona di Kampung Liangulorang, Sinjai Tengah. 

Pelatihan ini berfokus pada teknik memperbanyak split madu trigona dan pembuatan kapsul bipolen, sebagai upaya peningkatan kapasitas petani.

Kegiatan yang berlangsung di rumah penangkaran madu tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi madu trigona melalui metode pemecahan sarang. Para petani dibekali cara-cara efektif memperbanyak sarang lebah, agar koloni trigona cepat berkembang dan meningkatkan hasil produksi madu mereka.

Selain itu, pelatihan ini juga membekali petani dengan pengetahuan tentang pembuatan kapsul bipolen, yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Bipolen, salah satu produk dari lebah trigona selain madu dan propolis, diketahui memiliki kandungan nutrisi tinggi dan manfaat kesehatan yang luas. Dengan pelatihan ini, petani diharapkan dapat mengolah bipolen menjadi kapsul, sehingga bisa dijual bersama produk madu mereka, menambah nilai ekonomis dari budidaya trigona.

“Kami berharap, kolaborasi bersama Dompet Dhuafa dapat memberikan manfaat lebih bagi petani. Jika sebelumnya bipolen hanya disimpan atau dibuang, kini dapat diolah menjadi produk yang bernilai jual tinggi,” ungkap Hardiansyah, Direktur Serumpun Daya Nusantara.

Sumarno, ketua kelompok tani madu di Sinjai, juga menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih kepada Dompet Dhuafa, PLN Peduli, dan Serumpun Daya Nusantara atas ilmu yang telah diberikan. Semoga usaha madu kami semakin berkembang dan membawa manfaat lebih besar.”

Pelatihan ini turut menghadirkan Rustam, seorang fasilitator dan pengelola usaha madu asal Bontocani yang telah lama menjadi mitra dampingan Dompet Dhuafa. Usaha Madu Bontocani merupakan salah satu program pemberdayaan berbasis masyarakat yang sukses mengembangkan budidaya madu trigona.

Madu trigona, yang dikenal juga sebagai madu kelulut atau klanceng, dihasilkan oleh lebah tanpa sengat yang banyak terdapat di daerah tropis. Madu ini diklaim sebagai salah satu jenis madu terbaik, dengan permintaan pasar yang terus meningkat.

Keberagaman vegetasi di Sinjai menjadi potensi besar untuk pengembangan madu trigona. Program budidaya lebah trigona yang telah berjalan selama dua tahun ini sudah menunjukkan dampak positif bagi masyarakat setempat, membuka lapangan kerja baru dan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi petani di Sinjai.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Galon

Selasa, 17 September 2024 - 08:40 WIB

Pakar: Penelitian yang Klaim BPA Aman Bisa Jadi Dibiayai Produsen

Jakarta-Pakar kesehatan mengajak masyarakat bersikap kritis terhadap opini yang disengaja meremehkan bahaya senyawa kimia Bisfenol A (BPA). Sikap negatif dinilai membahayakan kesehatan jutaan…

Kendaraan alat berat

Selasa, 17 September 2024 - 07:57 WIB

Zoomlion Tampilkan Inovasi Industri Alat Berat

Zoomlion, produsen alat berat terkemuka dunia, memperkenalkan inovasi terbarunya dalam industri mesin konstruksi di pameran Mining Indonesia 2024 yang berlangsung di Jakarta International Expo.…

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Selasa, 17 September 2024 - 07:57 WIB

Haidar Alwi Ungkap Sejumlah Alasan Kenaikan Anggaran Polri Tidak Perlu Dipermasalahkan

Jakarta-Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi menilai, kenaikan anggaran Polri sebesar 7,84 persen dari Rp117,41 triliun menjadi Rp126,62 triliun dalam RAPBN 2025 tidak perlu dipermasalahkan.

Kemacetan di Puncak Bogor/ Tribratanews/Dokumentasi Antara

Selasa, 17 September 2024 - 07:36 WIB

Horor Kemacetan di Puncak Bogor, Tak Hanya Peningkatan Volume Kendaraan, Tetapi Juga Karena Perilaku Berkendara

Bogor-Polisi membeberkan penyebab kemacetan parah di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sejak Minggu (15/9/24) hingga Senin pagi (16/9/24). Kemacetan itu pun viral di media sosial…

Maucash dan Astra Agro Lestari Bersinergi Tingkatkan Literasi Keuangan Petani di Pasangkayu

Selasa, 17 September 2024 - 06:32 WIB

Maucash dan Astra Agro Lestari Bersinergi Tingkatkan Literasi Keuangan Petani di Pasangkayu

Kabupaten Pasangkayu-Pada 12 September 2024, Maucash mendapat kesempatan untuk ikut serta secara aktif bersama Astra Agro Lestari dalam sosialisasi peningkatan produktivitas hasil kebun di Kabupaten…