Nawacita Awards 2024: Menghidupkan Spirit Trisakti di Era Digital

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 07 September 2024 - 16:42 WIB

Pers Conference Nawacita Award 2024
Pers Conference Nawacita Award 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Media Nawacita Indonesia (MNI) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan Nawacita Awards 2024, yang akan digelar pada tanggal 16 September 2024 di Dian Ballroom - Hotel Raffles, Jakarta Selatan. Perhelatan spesial ini memberikan penghargaan kepada individu dan lembaga yang telah berkontribusi nyata dan mengukir prestasi dalam memajukan nilai-nilai Trisakti di era digital saat ini.

Ketua Dewan Juri sekaligus Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Prof Satya Arinanto mengatakan, Media Nawacita Indonesia juga melibatkan masyarakat dalam proses penjurian. Media Nawacita Indonesia memberikan kesempatan untuk mengusulkan para kandidat penerima Nawacita Awards. 

"Ada masukan masyarakat dan organisasi dan juga ada dari Dewan Juri sendiri berupaya aktif. Istilahnya jemput bola, mengidentifikasi calon-calon yang cocok dari berbagai kriteria, " kata Prof Satya Arinanto di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Anggota Dewan Juri, Agustus Gea berharap semua penerima tetap menghargai dan konsisten dengan apa yang sudah dilakukan selama ini. "Kelebihan dari Nawacita Awards baik managemen maupun pembinannya tidak ikut campur urusan Dewan Juri. Artinya Dewan Juri punya kebebasan untuk memilih," kata Agustus Gea.

Anggota Dewan Juri, Sarman Simanjorang menjelaskan proses penjurian yang dimulai dari Media Nawacita Indonesia mendata para kandidat penerima Nawacita Awards 2024. Kemudian, Dewan Juri secara independen akan melakukan penilaian dengan melihat rekam jejak para kandidat yang telah disaring oleh Media Nawacita Indonesia dari usulan masyarakat baik langsung maupun melalui sosial media.

"Kemudian juga kami melihat prestasinya, dan karyanya yang sudah bisa kita saksikan sendiri dan dirasakan masyarakat. Setelah itu kami diskusi siapa-siapa yang menjadi pemenang," tutur Sarman.

Komisaris Utama PT Media Nawacita Indonesia Faigiziduhu Ndruru menjelaskan terkait sejarah berdirinya PT Media Nawacita Indonesia. Ia mengatakan, PT Media Nawacita Indonesia didirikan sejak 2017 yang mempunyai visi untuk membantu dalam menyiarkan seluruh kinerja positif pemerintah, serta melawan hoax.

"Itulah tujuan Media Nawacita Indonesia, agar kami juga bisa mengambil bagian untuk bermanfaat bagi bangsa. Sehingga berita-berita positif tentang pemerintah itu bisa tersampaikan kepada masyarakat dengan baik," kata Faigiziduhu Ndruru.

Ia juga menegaskan, meskipun Nawacita Awards terinspirasi dari Trisakti Bung Karno, tetapi Media Nawacita Indonesia tidak terafiliasi dengan partai politik maupun para politisi. "Media Nawacita Indonesia tetap netral dan pada pemrintahan sampai kapan pun, tetap menjadi media netral," kata Faigiziduhu Ndruru. 

Komisaris Otoli Zebua menambahkan, Media Nawacita Indonesia memberikan apresisi Nawacita Awards kepada mereka yang telah berbuat baik. "Bukan kepada mereka yang baru merencanakan, bukan kepada yang rindu dan ingin melakukan hal baik, tapi bagi mereka yang sudah konsisten melakukannya," kata dia.

Direktur Utama Media Nawacita Indonesia, Beesokhi Ndruru, menyampaikan bahwa Nawacita Awards 2024 yang diselenggarakan langsung oleh Nawacita Event Organizer ini terinspirasi dari konsep Trisakti yang digagas oleh Presiden Soekarno. Adapun Trisakti mencakup berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Nawacita Awards 2024 tidak hanya sekadar momen pemberian penghargaan, tetapi juga sebagai momentum untuk merayakan pencapaian bangsa ini dalam menerapkan nilai-nilai Trisakti di tengah tantangan globalisasi dan era digital," ujar Beesokhi Ndruru.

Media Nawacita Indonesia, lanjut Beesokhi Ndruru, terus mengapresiasi mereka yang telah berperan aktif dalam memajukan bangsa ini sesuai dengan semangat Trisakti, baik di bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya. Apalagi, dengan populasi terbesar keempat di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat, Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan keragaman budaya. 

Namun, di balik keunggulan tersebut, masih ada berbagai tantangan yang perlu diatasi bersama. Ketidakmerataan pembangunan daerah, krisis kesehatan yang mengancam jutaan jiwa, serta akses pendidikan yang belum setara di seluruh wilayah, menjadi beberapa masalah utama yang harus segera diselesaikan. 

Untuk memotivasi semangat juang dalam menghadapi tantangan ini, Nawacita Awards 2024 hadir sebagai bentuk penghargaan dan realisasi dari semangat Bung Karno, dengan tujuan membangkitkan semangat menuju Indonesia Emas. Penghargaan Nawacita Awards 2024 akan diberikan kepada dua kategori utama, yakni 9 individu dan 9 institusi. Selain itu, akan ada satu penghargaan tambahan untuk kategori favorit, yaitu satu penerima favorit dari masing-masing kategori individu maupun institusi.

“Kategori favorit ini kami hadirkan, yang pastinya mewakili anak muda Indonesia. Nawacita Awards 2024 juga menghadirkan kategori-kategori baru yang relevan dengan perkembangan zaman," kata Beesokhi Ndruru. 

Saat ini, lanjut Beesokhi Ndruru, persiapan acara telah memasuki tahap akhir. Tim pelaksana sudah siap untuk menyelenggarakan malam puncak yang penuh dengan nuansa kebangsaan dan apresiasi. Dalam rangkaian acara, Nawacita Awards 2024 akan dimeriahkan oleh penampilan dua anak bangsa yang sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui suara emasnya. 

Acara ini juga akan dihadiri oleh pejabat tinggi negara, tokoh masyarakat, dan publik figur yang berperan penting dalam memajukan Indonesia. Kehadiran mereka akan menjadikan acara ini sebagai wujud nyata kebersamaan dan penghormatan terhadap nilai-nilai luhur bangsa, serta akan menambah semarak gelaran Nawacita Awards 2024.

“Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan nuansa berbeda dan semakin mengukuhkan Nawacita Awards sebagai ajang penghargaan bergengsi di Indonesia,” kata Beesokhi Ndruru

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lomba Tahfidzul Qur'an diselenggarakan Amalia Astra

Senin, 16 September 2024 - 19:43 WIB

Amalia Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional

Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) kembali selenggarakan Lomba Tahfidz Nasional Online dengan kategori hafalan 30 juz penuh bagi remaja tingkat sekolah menengah atasa (SMA) hingga perguruan…

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam rangka persiapan serah terima jabatan Dandim.

Senin, 16 September 2024 - 18:52 WIB

Jelang Purna Tugas Dandim, Kodim 1710/Mimika Terima Tim Verifikasi Dari Korem

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam…

Operator Contact Center BRI

Senin, 16 September 2024 - 18:50 WIB

BRI Borong 22 Medali Penghargaan di Ajang Kompetisi The Best Contact Center di Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menorehkan prestasi pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association…

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…