Komisi X DPR RI Setujui Usulan Tambahan Anggaran Perpusnas

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 07 September 2024 - 11:48 WIB

Komisi X DPR RI setujui tambahan RAPBN Perpusnas tahun anggaran 2025.
Komisi X DPR RI setujui tambahan RAPBN Perpusnas tahun anggaran 2025.

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah menyetujui pagu sementara anggaran Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2025.

RAPBN yang disetujui Komisi X DPR sebesar Rp721,68 miliar. Selain itu, komisi ini juga mendukung usulan tambahan anggaran sebesar Rp375,07 miliar untuk memperkuat upaya peningkatan budaya literasi serta layanan internal Perpusnas.

Keputusan ini diambil dalam rapat dengar pendapat antara Komisi X DPR RI dan Perpusnas, yang selanjutnya akan disampaikan kepada Badan Anggaran DPR RI untuk penyesuaian lebih lanjut. 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, mendorong Perpusnas untuk merumuskan strategi yang adaptif dengan kebijakan pemerintahan yang akan datang, sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029.

"Kami juga mendorong agar tambahan anggaran ini digunakan untuk program prioritas nasional yang sempat mengalami penurunan, seperti akreditasi perpustakaan, koleksi Karya Cetak dan Karya Rekam (KCKR), alih media naskah kuno, serta layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial," ujar Hetifah pada Jumat (6/9/2024).

Selain itu, Hetifah menekankan pentingnya pembangunan perpustakaan di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), serta mengajak masyarakat untuk terlibat dalam program literasi di daerah-daerah tersebut.

Anggota Komisi X DPR RI, Adrianus Asia Sidot, menyoroti pentingnya perpustakaan di kawasan perbatasan sebagai upaya menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan anak-anak yang tinggal di daerah tersebut. Ia mengusulkan agar perpustakaan, pojok baca, atau fasilitas lain dapat ditempatkan di pos lintas batas dengan bekerjasama dengan pihak imigrasi.

Senada, anggota Komisi X DPR RI, Ali Zamroni, mengusulkan inovasi sederhana namun berdampak, seperti penggunaan motor perpustakaan keliling untuk meningkatkan literasi masyarakat di desa-desa. Ia menilai, kendaraan motor ini lebih efektif menjangkau masyarakat pedesaan dibanding mobil perpustakaan.

Wakil Ketua Komisi X, Dede Yusuf, menambahkan bahwa tujuan utama Perpusnas adalah meningkatkan literasi masyarakat, terutama generasi muda. Ia pun mendukung ide motor perpustakaan keliling yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam rangka persiapan serah terima jabatan Dandim.

Senin, 16 September 2024 - 18:52 WIB

Jelang Purna Tugas Dandim, Kodim 1710/Mimika Terima Tim Verifikasi Dari Korem

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam…

Operator Contact Center BRI

Senin, 16 September 2024 - 18:50 WIB

BRI Borong 22 Medali Penghargaan di Ajang Kompetisi The Best Contact Center di Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menorehkan prestasi pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association…

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…

 Star Energy Geothermal Salak

Senin, 16 September 2024 - 11:55 WIB

Wow, Potensi Industri Panas Bumi Indonesia Terbesar di dunia, IIGCE Bicara Soal Masa Depan Energi Panas Bumi

Jakarta – Industri panas bumi di Indonesia dan dunia terus berkembang dengan pesat, menawarkan potensi besar dalam upaya memenuhi kebutuhan energi bersih dan berkelanjutan. Indonesia International…