HUT ke-18, LPDB-KUMKM Catat Kinerja Ciamik

Oleh : Ridwan | Kamis, 05 September 2024 - 21:17 WIB

MenKopUKM Teten Masduki bersama Dirut LPDB-KUMKM Supomo saat membuka gelaran LPDB-KUMKM Expo 2024
MenKopUKM Teten Masduki bersama Dirut LPDB-KUMKM Supomo saat membuka gelaran LPDB-KUMKM Expo 2024

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Merayakan Hari Ulang Thun (HUT) ke-18, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggelar Semarak 18th bertajuk Kolaborasi Ekonomi Bedraga di Jakarta.

Acara yang dimeriahkan dengan berbagai suguhan dari UMKM tersebut bertujuan untuk memperkuat ekosistem koperasi di Indonesia dan juga menjadi ajang promosi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai peran koperasi dan kehadiran LPDB-KUMKM sebagai lembaga negara yang fokus pada pinjaman atau pembiayaan kepada koperasi.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam sambutannya mengapresiasi atas prestasi dan reputasi LPDB-KUMKM yang sudah dibangun dengan baik.

“Harapannya bisa terus dijaga dan ditingkatkan agar semakin berkontribusi maksimal terhadap pembangunan sosial ekonomi bagi koperasi di Indonesia,” ungkap MenKopUKM di Jakarta (4/9).

Dirinya mengungkapkan bahwa agar LPDB-KUMKM harus terus bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, sehingga dapat menjaga kepercayaan pembiayaan koperasi serta memberikan dampak sosial ekonomi yang tinggi.

"Pengelola lembaga keuangan itu kuncinya adalah tingkat kepercayaan yang tinggi. Ini paling penting seperti perbankan, asuransi, termasuk juga LPDB-KUMKM yang menjadi bagian BLU pengelola dana pembiayaan untuk koperasi," ujarnya. 

Teten menambahkan, tingkat kepercayaan perlu dibangun dengan budaya korporat dan tata kelola perusahaan yang perlu ditingkatkan dan menjadi budaya kerja yang stabil dan tidak mudah berubah.

Semestra itu, Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo mengatakan, salah satu tujuan utama LPDB-KUMKM Expo 2024 adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran koperasi dalam perekonomian nasional. 

“Kami ingin masyarakat semakin memahami pentingnya koperasi sebagai salah satu pilar perekonomian nasional,” katanya.

Melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan, LPDB-KUMKM berupaya menyosialisasikan fungsi dan manfaat koperasi, serta memperkenalkan LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang konsisten mendukung pengembangan koperasi melalui penyaluran dana bergulir yang mudah, murah, dan ramah.

“LPDB-KUMKM Expo 2024 bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan koperasi di Indonesia. Melalui acara ini, kami ingin menunjukkan bahwa koperasi memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Kami juga ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memajukan koperasi,” ujar Supomo.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki atas dukungan dan arahannya terhadap program-program strategis LPDB-KUMKM.

“Berkat dukungan Bapak Menteri Teten Masduki, LPDB-KUMKM dapat terus bertransformasi dan meningkatkan kinerja. Kami berharap ke depannya, LPDB-KUMKM dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi pengembangan Koperasi dan UMKM di Indonesia,” ucap Supomo.

Hingga akhir Agustus 2024, LPDB-KUMKM mencatat telah melakukan penyaluran sebesar Rp657 miliar untuk pembiayaan koperasi di sektor riil. "Mengenai koperasi yang sektor riil, pertama kali kami cuman memberikan pembiayaan ke sektor riil cuma Rp52 miliar, (tetapi) per akhir Agustus Rp657 miliar," ungkapnya.

Supomo mengaku bahwa keberhasilan lembaganya dalam memberikan layanan terbaik bagi koperasi di Indonesia tidak terlepas dari dukungan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM). Meski begitu, ia tidak merinci jumlah koperasi yang telah dibiayai hingga saat ini.

Lebih lanjut, Supomo menyatakan bahwa LPDB-KUMKM mampu mencapai keberhasilan tersebut berkat arahan dan dukungan dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Dia menambahkan bahwa Menteri Teten tidak pernah melakukan intervensi langsung dalam operasional LPDB-KUMKM.

Supomo berharap seluruh insan LPDB-KUMKM dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja.

“Saya berharap seluruh pegawai LPDB-KUMKM dapat terus meningkatkan kinerja, integritas, profesionalisme, dan juga budaya kerja Berakhlak. Dengan begitu, LPDB-KUMKM dapat menjadi lembaga yang semakin solid dan terpercaya dalam mendukung pengembangan koperasi di Indonesia,” tutup Supomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lomba Tahfidzul Qur'an diselenggarakan Amalia Astra

Senin, 16 September 2024 - 19:43 WIB

Amalia Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional

Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) kembali selenggarakan Lomba Tahfidz Nasional Online dengan kategori hafalan 30 juz penuh bagi remaja tingkat sekolah menengah atasa (SMA) hingga perguruan…

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam rangka persiapan serah terima jabatan Dandim.

Senin, 16 September 2024 - 18:52 WIB

Jelang Purna Tugas Dandim, Kodim 1710/Mimika Terima Tim Verifikasi Dari Korem

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam…

Operator Contact Center BRI

Senin, 16 September 2024 - 18:50 WIB

BRI Borong 22 Medali Penghargaan di Ajang Kompetisi The Best Contact Center di Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menorehkan prestasi pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association…

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…