Kamar Dagang Internasional Menyelenggarakan Hari Arbitrase ICC Indonesia ke-6 di Jakarta

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 05 September 2024 - 16:26 WIB

ICC Indonesia Arbitration Day 2024
ICC Indonesia Arbitration Day 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Bagian penyelesaian sengketa ICC, ICC Dispute Resolution Services, dan komite nasionalnya di Indonesia, ICC Indonesia, menyelenggarakan Hari Arbitrase ICC Indonesia ke-6 di Jakarta pada 4 September 2024.

Sebagai organisasi bisnis terkemuka di dunia, ICC mempromosikan perdagangan dan investasi lintas batas, serta akses keadilan dan supremasi hukum.

Indonesia, dengan posisi geografis yang unik dan sumber daya yang melimpah, adalah dan terus menjadi kekuatan ekonomi. Momentum ini juga didukung oleh perkembangan arbitrase sebagai metode yang diutamakan untuk menyelesaikan sengketa, baik dalam transaksi domestik maupun lintas batas.

Konferensi tahunan arbitrase ICC di Indonesia mengumpulkan para profesional terkemuka dari industri bisnis dan hukum di Indonesia serta Asia Tenggara & Pasifik, untuk membahas isu-isu dan tren utama dalam arbitrase internasional dengan perhatian khusus pada konteks dan praktik Indonesia.

Yang Mulia I Gusti Agung Sumanantha, Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung Republik Indonesia, menyampaikan pidato utama yang membahas perkembangan terbaru kerangka hukum arbitrase di Indonesia serta pendekatan yang diambil oleh Pengadilan Indonesia dalam menangani perkara terkait arbitrase, seperti penegakan dan/atau pembatalan putusan arbitrase. 

Presiden ICC Court, Ms. Claudia Salomon, menyoroti kepercayaan yang diberikan pihak-pihak dalam arbitrase ICC dan sejarahnya yang telah mencapai 100 tahun.

Lebih dari 200 peserta menghadiri Hari Arbitrase ICC Indonesia ke-6. Konferensi ini juga menampilkan obrolan santai tentang memanfaatkan perubahan dan praktik bisnis yang sukses, diskusi panel tentang prosedur praarbitrase dan strategi, perkembangan terbaru dalam hukum dan praktik arbitrase di Indonesia, serta pemanfaatan teknologi dalam penyelesaian sengketa. Konferensi diakhiri dengan sesi simulasi ICC International Court of Arbitration mengenai pemeriksaan draf putusan.

Pada tahun 2023, ICC mencatat 870 kasus arbitrase baru dan merekam 1.766 kasus arbitrase yang melibatkan pihak-pihak dari 141 negara. Sekitar 25% dari pihak-pihak dalam arbitrase ICC pada tahun 2023 berasal dari wilayah Asia Pasifik.

Tentang Kamar Dagang Internasional

Perwakilan institusi dari lebih dari 45 juta perusahaan di lebih dari 100 negara dengan misi untuk membuat bisnis bekerja untuk semua orang, setiap hari, di mana pun.

Melalui campuran unik dari advokasi, solusi, dan penetapan standar, ICC mempromosikan perdagangan internasional, perilaku bisnis yang bertanggung jawab, dan pendekatan global terhadap regulasi, selain menyediakan layanan penyelesaian sengketa terkemuka di pasar. Anggota ICC termasuk banyak perusahaan terkemuka di dunia, UMKM, asosiasi bisnis, dan kamar dagang lokal.

ICC mewakili kepentingan bisnis di tingkat tertinggi pengambilan keputusan antar-pemerintah, baik di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), maupun G20 – memastikan suara bisnis didengar.

Kemampuan kami untuk menjembatani sektor publik dan swasta inilah yang membedakan kami sebagai institusi unik, yang merespons kebutuhan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam perdagangan internasional.

Tentang ICC International Court of Arbitration

ICC International Court of Arbitration® adalah lembaga arbitrase terkemuka di dunia. Sejak tahun 1923, lembaga ini telah membantu menyelesaikan kesulitan dalam sengketa komersial dan bisnis internasional untuk mendukung perdagangan dan investasi.

Pengadilan ICC memainkan peran penting dengan menyediakan berbagai layanan yang dapat disesuaikan untuk setiap tahap sengketa bagi individu, bisnis, dan pemerintah.

Meskipun disebut sebagai "pengadilan," ICC tidak membuat keputusan formal mengenai masalah yang disengketakan. Sebaliknya, lembaga ini menjalankan pengawasan yudisial terhadap proses arbitrase. Tanggung jawabnya meliputi:

• Mengonfirmasi, menunjuk, dan mengganti arbiter, serta memutuskan setiap tantangan yang diajukan terhadap mereka.

• Memantau proses arbitrase untuk memastikan bahwa proses tersebut dilaksanakan dengan benar dan dengan kecepatan serta efisiensi yang diperlukan.

• Memeriksa dan menyetujui semua putusan arbitrase untuk memperkuat kualitas dan penegakan putusan tersebut.

• Menetapkan, mengelola, dan — jika perlu — menyesuaikan biaya dan uang muka.

• Mengawasi prosedur darurat sebelum dimulainya arbitrase.

Tentang ICC Indonesia

ICC Indonesia, sebagai Komite Nasional dengan Statuta Organisasi yang disusun mengacu pada Konstitusi ICC dan KADIN Indonesia, berperan sebagai perwakilan Republik Indonesia di ICC serta koordinator keanggotaan untuk perusahaan dan praktisi bisnis Indonesia. 

Salah satu tujuan ICC Indonesia adalah berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan perdagangan internasional dengan negara-negara asing tempat pembeli berasal.

Sebagai bagian penting dari perannya sebagai penghubung perdagangan internasional, ICC Indonesia telah berhasil menerbitkan UCP 600 dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang tersedia bagi anggotanya.

Menyusul pencapaian ini, ICC Indonesia mengadakan kelas tutorial pertama untuk sertifikasi CDCS pada tahun 2007, serta serangkaian lokakarya yang membahas Pembiayaan Perdagangan Internasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Revisi UU Migas Dukung Investasi Migas dalam Era Transisi Energi

Senin, 16 September 2024 - 07:48 WIB

Kementerian ESDM: Pemerintah Tidak Tinggal Diam di Revisi UU Migas dan Menyiapkan Kebijakan yang Menarik Investasi

Jakarta-Potensi subsektor minyak dan gas (migas) Indonesia diyakini masih besar. Optimalisasi komoditas migas juga masih dilakukan meski Indonesia tengah berfokus kepada pemanfaatan energi bersih.…

Anggota Dewan Pengarah UKP-PIP Benny Susetyo, Pr (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 16 September 2024 - 07:27 WIB

Pilkada Bebas Ambisi Pribadi

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang seharusnya menjadi manifestasi dari demokrasi dan otonomi daerah, sering kali justru memperlihatkan wajah suram politik Indonesia. Alih-alih menjadi sarana…

Nia Ramadhani senang Wilio hadikan sepatu anak ON ke Indonesia.

Minggu, 15 September 2024 - 22:20 WIB

Wilio Lengkapi Produk Sepatu Anak Dengan Hadirkan On ke Indonesia

Sepatu On dihadirkan ke Indonesia, sebagai bentuk konsistensi Wilio mendukung dunia anak, termasuk kebutuhan olahraga.

Wawancara eksklusif mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara Endgame Town Hall.

Minggu, 15 September 2024 - 22:07 WIB

Endgame Town Hall Sukses Gelar Diskusi Penuh Wawasan dan Inspirasi

Endgame Town Hall, ajang pertemuan komunitas terbesar yang digagas oleh podcast Endgame berhasil menciptakan diskusi yang mendalam dan inspiratif.

HOYA meluncurkan Hi-Vision Meiryo

Minggu, 15 September 2024 - 20:30 WIB

HOYA Produksi Coating Lensa Kacamata dengan Performa Tertinggi

Ketajaman penglihatan berperan penting dan berpengaruh secara langsung kepada kualitas hidup seseorang. Karena itu HOYA, merek lensa kacamata terbaik dari Jepang terus berinovasi untuk melahirkan…