AHP Resmikan PLTS Ground-Mounted Terbesar di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 05 September 2024 - 09:17 WIB

Peresmian PLTS Ground-Mounted berkapasitas 100 MWp di Purwakarta
Peresmian PLTS Ground-Mounted berkapasitas 100 MWp di Purwakarta

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - PT Aruna Hijau Power (AHP) meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Ground-Mounted berkapasitas 100 MWp di Kawasan Industri Kota Bukit Indah (KBI) Sektor MN Purwakarta Jawa Barat, sekaligus menjadi yang terbesar di Indonesia.

PT AHP didirikan atas kolaborasi antara PT Aruna Cahaya Pratama (Aruna PV) dan PT PLN Batam anak usaha PT PLN Persero. 

Acara peresmian PLTS ini merupakan tonggak sejarah dimulainya produksi energi listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Kawasan Industri KBI, Purwakarta Jawa Barat.

Pembangunan PLTS Ground-Mounted 100 MWp merupakan salah satu langkah strategis untuk mendorong penggunaan energi bersih yang lebih luas, mengurangi emisi karbon, dan meningkatkan ketahanan energi nasional. 

Dengan kapasitas sebesar ini, PLTS Ground-Mounted 100 MWp di Kawasan Industri KBI tidak hanya akan memenuhi kebutuhan energi kawasan industri dan sekitarnya, tetapi juga menjadi model keberlanjutan bagi proyek EBT di seluruh negeri.

Direktur PT AHP, Adi Dharmanto mengatakan, kami dengan bangga menyatakan bahwa saat ini, PLTS 100 MWp telah beroperasi secara komersial dan mulai memberikan kontribusi nyata dalam mendukung sistem kelistrikan di Kawasan Industri KBI. 

"Ini adalah wujud nyata dari komitmen kita semua dalam menyediakan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi masa depan," kata Adi.

"Ini bukan sekadar kata-kata, tetapi tindakan nyata yang menunjukkan komitmen kami untuk berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ucap Adi Dharmanto.

Executive Director Salim Group, Axton Salim dalam sambutannya menyampaikan bahwa proyek ini menggambarkan kemajuan teknologi, inovasi dan semangat kolaborasi yang kuat antar berbagai pihak, pemerintah, sektor swasta, lembaga penelitian, dan masyarakat. Semuanya telah bersatu padu dalam mewujudkan visi bersama untuk energi bersih yang ramah lingkungan. 

”Dalam konteks ini, kolaborasi yang telah terjalin, khususnya antara PLN dengan Aruna harus kita jaga dan tingkatkan. Kita harus terus berinovasi dan berbagi pengetahuan untuk menciptakan solusi-solusi yang lebih baik dan lebih efektif," tutur Axton Salim.

"Dengan bekerja sama, kita dapat mengatasi tantangan-tantangan besar yang ada di depan kita dan memastikan bahwa langkah-langkah yang kita ambil membawa manfaat yang luas bagi masyarakat dan lingkungan,” tambahnya.

Pembangunan PLTS Ground-Mounted 100 MWp ini merupakan inovasi terdepan dalam lingkup kolaborasi Salim Group antara PT Besland Pertiwi, Aruna PV dan PT TJS. 

PT Besland Pertiwi sebagai pemilik kawasan KBI Industrial City menyediakan 5 lokasi dengan total area seluas lebih dari 80 hektar. Sementara itu, PT AHP sebagai pengembang PLTS di bawah induk usaha Aruna PV. 

Di lain pihak, PT TJS sebagai pengelola kawasan melihat adanya kebutuhan energi bersih (listrik) dari para tenant, khususnya perusahaan multinasional yang memiliki kebutuhan penggunaan EBT dalam menjalankan operasional perusahaan. 

Oleh karena itu, PT TJS yang membeli hasil produksi listrik PLTS tersebut. Harapannya kerja sama ini dapat meningkatkan minat calon tenant PT TJS, khususnya perusahaan multinasional terkait bauran energi bersih.

Operasional PLTS 100 MWp merupakan langkah konkret dalam mendukung gerakan menuju net zero emission pada tahun 2060. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota Dewan Pengarah UKP-PIP Benny Susetyo, Pr (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 16 September 2024 - 07:27 WIB

Pilkada Bebas Ambisi Pribadi

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang seharusnya menjadi manifestasi dari demokrasi dan otonomi daerah, sering kali justru memperlihatkan wajah suram politik Indonesia. Alih-alih menjadi sarana…

Doanya Terjawab, Emilio Dicium Paus Fransiskus

Senin, 16 September 2024 - 07:24 WIB

Doanya Terjawab, Emilio Bocah dari Gereja Anak Domba Paroki Cilangkap Dicium Paus Fransiskus

Jakarta-Selalu ada kisah keberuntunga yang datang tanpa skenario. Dan itu terkait dengan kehadiran Paus Fransiskus di Jakarta pekan lalu.

Dirjen Imigrasi Terjun Langsung Melayani Masyarakat

Senin, 16 September 2024 - 07:07 WIB

Dirjen Imigrasi Terjun Langsung Melayani Masyarakat

Jakarta-Pada Sabtu (14/09/2024), Dirjen Imigrasi Silmy Karim jadi petugas konter Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta. Pukul 05.00 WIB, Silmy Karim sudah stand by apel pagi, lalu lanjut melakukan…

Nia Ramadhani senang Wilio hadikan sepatu anak ON ke Indonesia.

Minggu, 15 September 2024 - 22:20 WIB

Wilio Lengkapi Produk Sepatu Anak Dengan Hadirkan On ke Indonesia

Sepatu On dihadirkan ke Indonesia, sebagai bentuk konsistensi Wilio mendukung dunia anak, termasuk kebutuhan olahraga.

Wawancara eksklusif mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara Endgame Town Hall.

Minggu, 15 September 2024 - 22:07 WIB

Endgame Town Hall Sukses Gelar Diskusi Penuh Wawasan dan Inspirasi

Endgame Town Hall, ajang pertemuan komunitas terbesar yang digagas oleh podcast Endgame berhasil menciptakan diskusi yang mendalam dan inspiratif.