PNM Meriahkan Hari Pelanggan Nasional dengan Pameran Produk Nasabah di Jepang

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 04 September 2024 - 23:40 WIB

Permodalan Nasional Madani (PNM) hadir di Pameran Tokyo Gift Show ke-98 di Jepang.
Permodalan Nasional Madani (PNM) hadir di Pameran Tokyo Gift Show ke-98 di Jepang.

INDUSTRY.co.id - Tokyo, Jepang - Permodalan Nasional Madani (PNM) memanfaatkan momen Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan mengirimkan produk unggulan nasabahnya ke panggung dunia melalui Pameran Tokyo Gift Show ke-98 di Jepang. 

Acara ini adalah pameran terbesar keempat di Jepang, setelah Tokyo Motor Show, dan diperkirakan akan menarik sekitar 300 ribu pengunjung per hari.

Kehadiran PNM dalam pameran ini sejalan dengan komitmen mereka untuk terus memberdayakan pelaku usaha ultra mikro dan mendorong pertumbuhan UMKM yang unggul, tangguh, dan inovatif di tingkat internasional. 

Produk-produk lokal yang ditampilkan meliputi kain batik dari Cirebon, kerajinan kain Tapis dari Lampung, manik-manik asli Banyuwangi, anyaman dari Jambi, kerajinan Ketak dari Mataram, dan anyaman serat dari Yogyakarta.

Sekretaris Perusahaan PNM, L. Dodot Patria Ary, menjelaskan bahwa kesempatan ini diberikan untuk memberikan stimulus bagi nasabah PNM agar terus maju dalam mengelola dan mengembangkan usaha mereka. 

"Kami fasilitasi produk unggulan nasabah kami untuk pameran di event Internasional. Tentu ini akan menjadi penyemangat bagi nasabah PNM untuk terus berinovasi menyajikan produk yang bermanfaat dan mampu bersaing secara global," ujar Dodot Patria Ary, Selasa (4/9/2024).

Dodot juga menambahkan bahwa PNM optimis produk lokal mampu bersaing di level internasional dan berkomitmen untuk terus mendukung nasabah dalam upaya "naik kelas" melalui pemberian tiga modal: finansial, intelektual, dan sosial.

PNM telah memberikan pelatihan literasi keuangan, usaha, sosial, dan digital secara gratis kepada nasabah ultra mikro sepanjang semester I tahun 2024. 

Mereka telah menggelar 4,8 juta pelatihan dasar melalui program PKM Bermakna dan 7.357 pelatihan lanjutan. Sebanyak 388.125 nasabah PNM Mekaar kini mendapatkan penghasilan tambahan sebagai agen BRILink Mekaar, dan 17,6 juta nasabah telah dibantu untuk memiliki rekening Simpedes UMi.

Holding Ultra Mikro juga telah mempersiapkan berbagai program pemberdayaan, mulai dari literasi dasar hingga pengembangan kapasitas usaha, kapabilitas digital, dan bisnis berkelanjutan, sebagai bagian dari upaya mereka untuk mendukung nasabahnya di panggung internasional.

Terbukanya kesempatan ini tentu sejalan dengan komitmen PNM untuk terus memberdayakan pelaku usaha ultra mikro sekaligus mendorong terbinanya UMKM yang unggul, tangguh dan inovatif di panggung dunia. 

Produk-produk unggulan nasabah PNM Mekaar mendunia lewat hasil karya produk lokal antara lain ada kain batik dari Cirebon, kerajinan kain Tapis dari Lampung, ada juga kerajinan manik-manik asli Banyuwangi, kerajinan anyaman dari Jambi, kerajinan Ketak dari Mataram dan anyaman serat dari Yogyakarta.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary menyampaikan bahwa sejalan dengan Hari Pelanggan Nasional kami memberikan stimulus kepada nasabah PNM untuk terus maju dalam mengelola dan mengembangkan usahanya, dalam momen ini kami fasilitasi produk unggulan nasabah kami untuk pameran di event Internasional.  

“Tentu ini akan menjadi penyemangat bagi nasabah PNM untuk terus berinovasi menyajikan produk – produk yang bermanfaat dan mampu bersaing secara Global. Hal ini kami anggap seperti virus positif bagi seluruh nasabah PNM bahwa usaha yang mereka lakukan selama ini dapat membawa mereka ke tempat-tempat yang mungkin belum pernah mereka bayangkan,” kata Dodot Patria Ary. 

“Dan kami optimis bahwa produk lokal mampu bersaing di level internasional. Momen Hari Pelanggan Nasional ini  kami sampaikan bahwa PNM akan terus mendukung dan mendorong nasabah kami untuk naik kelas,” lanjutnya. 

PNM terus berkomitmen memberdayakan pelaku usaha ultra mikro dengan pemberian tiga modal yaitu modal finansial, intelektual, dan sosial. Modal intelektual diberikan melalui berbagai pelatihan literasi keuangan, literasi usaha, literasi sosial dan literasi digital kepada nasabah ultra mikro binaannya secara gratis. 

Sepanjang semester I tahun 2024, PNM telah menggelar pelatihan dasar sebanyak 4,8 juta kali melalui kegiatan PKM Bermakna. 

Sedangkan pelatihan lanjutan telah dilakukan sebanyak 7.357 kali. Sebanyak 388.125 nasabah PNM Mekaar kini mendapat penghasilan tambahan dengan menjadi agen BRILink Mekaar dan 17,6 juta nasabah dibantu untuk memiliki rekening Simpedes UMi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Densus 88 (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Januari 2025 - 11:05 WIB

Indonesia Catatkan Rekor Penanggulangan Terorisme 10 Tahun Terakhir

Jakarta- Haidar Alwi Institute (HAI) mengungkap bahwa Indonesia berhasil mencatatkan rekor penanggulangan terorisme dalam 10 tahun terakhir.

Chubb Life dan Dompet Dhuafa mengadakan acara bertajuk "Literasi untuk Negeri & Dukungan Chubb Life Indonesia untuk Perempuan dan Pegiat UMKM" di Kabupaten Sragen.

Rabu, 15 Januari 2025 - 11:03 WIB

Chubb Life dan Dompet Dhuafa Dukung Pemberdayaan dan Literasi Finansial untuk Eks Pekerja Migran Indonesia

Chubb Life dan Dompet Dhuafa mengadakan acara bertajuk "Literasi untuk Negeri & Dukungan Chubb Life Indonesia untuk Perempuan dan Pegiat UMKM" di Kabupaten Sragen, bekerja sama dengan Dinas…

Daewoong

Rabu, 15 Januari 2025 - 10:43 WIB

Daewoong Pelopor Transfer Teknologi Sel NK Pertama di Indonesia, Solusi Mutakhir Pengobatan Anti-Kanker

Daewoong melakukan transfer teknologi sel NK mutakhir ke Indonesia yang menjadi momen penting dalam pengobatan anti-kanker di Indonesia.

Direktur Utama BTN Nixon Napitupulu menyampaikan komitmen tersebut dalam Rapat Terbatas untuk membahas langkah-langkah konkret dalam merealisasikan Program Tiga Juta Rumah, yang diadakan di Istana Merdeka pada Selasa, 7 Januari 2025.

Rabu, 15 Januari 2025 - 10:40 WIB

Temui Presiden untuk Dukung Program Tiga Juta Rumah, Bos BTN Tegaskan Soal Ini….

Jakarta– PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menegaskan komitmen perseroan untuk mendukung Program Tiga Juta Rumah di hadapan Presiden Prabowo Subianto melalui penyaluran kredit pemilikan…

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO)

Rabu, 15 Januari 2025 - 10:21 WIB

Targetkan Penjualan Double Digit di 2025, CLEO Akan Tambah Pabrik di Pekanbaru, Pontianak dan Palu

PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bagian dari Tanobel Group (CLEO) bertekad untuk terus tumbuh agresif dengan menetapkan target pertumbuhan…