PNM Meriahkan Hari Pelanggan Nasional dengan Pameran Produk Nasabah di Jepang

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 04 September 2024 - 23:40 WIB

Permodalan Nasional Madani (PNM) hadir di Pameran Tokyo Gift Show ke-98 di Jepang.
Permodalan Nasional Madani (PNM) hadir di Pameran Tokyo Gift Show ke-98 di Jepang.

INDUSTRY.co.id - Tokyo, Jepang - Permodalan Nasional Madani (PNM) memanfaatkan momen Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan mengirimkan produk unggulan nasabahnya ke panggung dunia melalui Pameran Tokyo Gift Show ke-98 di Jepang. 

Acara ini adalah pameran terbesar keempat di Jepang, setelah Tokyo Motor Show, dan diperkirakan akan menarik sekitar 300 ribu pengunjung per hari.

Kehadiran PNM dalam pameran ini sejalan dengan komitmen mereka untuk terus memberdayakan pelaku usaha ultra mikro dan mendorong pertumbuhan UMKM yang unggul, tangguh, dan inovatif di tingkat internasional. 

Produk-produk lokal yang ditampilkan meliputi kain batik dari Cirebon, kerajinan kain Tapis dari Lampung, manik-manik asli Banyuwangi, anyaman dari Jambi, kerajinan Ketak dari Mataram, dan anyaman serat dari Yogyakarta.

Sekretaris Perusahaan PNM, L. Dodot Patria Ary, menjelaskan bahwa kesempatan ini diberikan untuk memberikan stimulus bagi nasabah PNM agar terus maju dalam mengelola dan mengembangkan usaha mereka. 

"Kami fasilitasi produk unggulan nasabah kami untuk pameran di event Internasional. Tentu ini akan menjadi penyemangat bagi nasabah PNM untuk terus berinovasi menyajikan produk yang bermanfaat dan mampu bersaing secara global," ujar Dodot Patria Ary, Selasa (4/9/2024).

Dodot juga menambahkan bahwa PNM optimis produk lokal mampu bersaing di level internasional dan berkomitmen untuk terus mendukung nasabah dalam upaya "naik kelas" melalui pemberian tiga modal: finansial, intelektual, dan sosial.

PNM telah memberikan pelatihan literasi keuangan, usaha, sosial, dan digital secara gratis kepada nasabah ultra mikro sepanjang semester I tahun 2024. 

Mereka telah menggelar 4,8 juta pelatihan dasar melalui program PKM Bermakna dan 7.357 pelatihan lanjutan. Sebanyak 388.125 nasabah PNM Mekaar kini mendapatkan penghasilan tambahan sebagai agen BRILink Mekaar, dan 17,6 juta nasabah telah dibantu untuk memiliki rekening Simpedes UMi.

Holding Ultra Mikro juga telah mempersiapkan berbagai program pemberdayaan, mulai dari literasi dasar hingga pengembangan kapasitas usaha, kapabilitas digital, dan bisnis berkelanjutan, sebagai bagian dari upaya mereka untuk mendukung nasabahnya di panggung internasional.

Terbukanya kesempatan ini tentu sejalan dengan komitmen PNM untuk terus memberdayakan pelaku usaha ultra mikro sekaligus mendorong terbinanya UMKM yang unggul, tangguh dan inovatif di panggung dunia. 

Produk-produk unggulan nasabah PNM Mekaar mendunia lewat hasil karya produk lokal antara lain ada kain batik dari Cirebon, kerajinan kain Tapis dari Lampung, ada juga kerajinan manik-manik asli Banyuwangi, kerajinan anyaman dari Jambi, kerajinan Ketak dari Mataram dan anyaman serat dari Yogyakarta.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary menyampaikan bahwa sejalan dengan Hari Pelanggan Nasional kami memberikan stimulus kepada nasabah PNM untuk terus maju dalam mengelola dan mengembangkan usahanya, dalam momen ini kami fasilitasi produk unggulan nasabah kami untuk pameran di event Internasional.  

“Tentu ini akan menjadi penyemangat bagi nasabah PNM untuk terus berinovasi menyajikan produk – produk yang bermanfaat dan mampu bersaing secara Global. Hal ini kami anggap seperti virus positif bagi seluruh nasabah PNM bahwa usaha yang mereka lakukan selama ini dapat membawa mereka ke tempat-tempat yang mungkin belum pernah mereka bayangkan,” kata Dodot Patria Ary. 

“Dan kami optimis bahwa produk lokal mampu bersaing di level internasional. Momen Hari Pelanggan Nasional ini  kami sampaikan bahwa PNM akan terus mendukung dan mendorong nasabah kami untuk naik kelas,” lanjutnya. 

PNM terus berkomitmen memberdayakan pelaku usaha ultra mikro dengan pemberian tiga modal yaitu modal finansial, intelektual, dan sosial. Modal intelektual diberikan melalui berbagai pelatihan literasi keuangan, literasi usaha, literasi sosial dan literasi digital kepada nasabah ultra mikro binaannya secara gratis. 

Sepanjang semester I tahun 2024, PNM telah menggelar pelatihan dasar sebanyak 4,8 juta kali melalui kegiatan PKM Bermakna. 

Sedangkan pelatihan lanjutan telah dilakukan sebanyak 7.357 kali. Sebanyak 388.125 nasabah PNM Mekaar kini mendapat penghasilan tambahan dengan menjadi agen BRILink Mekaar dan 17,6 juta nasabah dibantu untuk memiliki rekening Simpedes UMi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam rangka persiapan serah terima jabatan Dandim.

Senin, 16 September 2024 - 18:52 WIB

Jelang Purna Tugas Dandim, Kodim 1710/Mimika Terima Tim Verifikasi Dari Korem

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam…

Operator Contact Center BRI

Senin, 16 September 2024 - 18:50 WIB

BRI Borong 22 Medali Penghargaan di Ajang Kompetisi The Best Contact Center di Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menorehkan prestasi pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association…

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…

 Star Energy Geothermal Salak

Senin, 16 September 2024 - 11:55 WIB

Wow, Potensi Industri Panas Bumi Indonesia Terbesar di dunia, IIGCE Bicara Soal Masa Depan Energi Panas Bumi

Jakarta – Industri panas bumi di Indonesia dan dunia terus berkembang dengan pesat, menawarkan potensi besar dalam upaya memenuhi kebutuhan energi bersih dan berkelanjutan. Indonesia International…