Ex Bankir Ini Naikkan Derajat Masakan Nusantara Ala Warung Tegal

Oleh : Wiyanto | Rabu, 04 September 2024 - 12:57 WIB

Suasana restoran bergaya Warteg
Suasana restoran bergaya Warteg

INDUSTRY.co.id-BOGOR Bagi kaum urban,makan di warung Tegal (warteg) merupakan salah satu pilihan logis ketika perut sudah keroncongan.Dengan membayar Rp 20 ribuan satu porsi,pengunjung sudah dapat pilihan menu makanan yang cukup variatif.

Hanya saja, faktor kebersihan dan kenyamanan terkadang dilalaikan. Selain di warteg biasa,pelanggan akan bergegas menyantap makanan lalu kembali ke rutinintas.Bisa jadi karena ruangan yang terbatas, suasananya pengab, dan panas.

Tantangan sekaligus peluang inilah yang ditangkap Elwin Setia Avietta, sebagai pemilik outlet restoran warung nyaman,selanjutnya ditulis warman.Menempati ruko 2 lantai di kawasan Commpark,Kota Wisata,Cileungsi,Bogor.

Interior yang ditampilkan bernada funky berpadu retro. Warman juga memfasilitasi Meeting Room, Smoking Room Indoor (Ber-AC), toilet dan sarana mushala yang sangat nyaman. Dibuka mulai jam 10.00-22.00 WIB dengan penyajian ala buffet khas Warteg, Aneka menu masakan khas nusantara disajikan di etalase.

Warman menawarkan paket hemat mulai Rp 14.000-Rp 22.000 per porsi sudah mencakup lauk lengkap dengan sayur plus es teh manis gratis. Menu Warman juga setiap hari berubah agar pengunjung tidak merasa bosan, Sementara paket telur,menunya lebih variatif seperti ayam goreng ,ikan nilai ,cumi oseng,lengkap sayur mayur dengan rentang harga Rp 24.000-Rp 32.000 per porsi.Namun,pengunjung tetap dapat memilih menu makanan yang diinginkan,kemudian pelayan akan menyendokan lauk pauk ke piring.

Setelah selesai memilih,pengunjung langsung membayar di kasir dan menikmatinya di sofa empuk ditemani meja kayu bergaya industrial.Tidak perlu khawatir kepanasan karena warungnya sudah dilengkapi pendingin udara. Wifi? Pastinya ada.

Bahkan,bagi pengunjung yang menginginkan privasi atau rapat disediakan di lantai 2.Pengunjung akan menyimpulkan pesan, di warman tidak sekedar makan.Pengunjung juga bebas bercengkerama dahulu sembari berbicang santai.”Warman bukan hanya menawarkan hidangan nusantara berkelas dengan harga terjangkau, tapi nyaman juga dilidah dan atmosfernya,”ujar Elwin kepada wartawan usai grand opening di Cileungsi di Bogor, baru baru ini.

Selepas jam 17.00-22.00, warman juga dapat tempat hang out bagi pengunjung yang ingin melepas penat.Hidangan Warman Nongki adalah hidangan ringan diantaranya roti panggang (ropang) sebagai menu andalan , mie instan dan nasi goreng. Keistimewaannya roti kasur yang olahan tepungnya diproduksi sendiri.”Sajian dimasak sesuai permintaan.Untuk minuman kita tawarkan temulawak,limun sarsaparilla cap badak.Minuman serba jadul,”timpal Chef Warman Ichal Mursalin selaku Direktur Operasional.

Sebelum menekuni di dunia industri F & B,Elwin sempat menjadi bankir di perusahaan pelat merah.Namun,putar haluan karena bekerja bukan sekedar ambisi.Tapi mampu berinovasi menampilkan masakan rumahan dengan kekayaan citrasa rempah nusantara meski harganya ramah di kantong menjadi kepuasan batinnya.

”Hidup itu hanya sekali,Harus menjadi orang bermanfaat bagi orang lain.Dengan kita berwirausaha akan berpeluang membuka lapangan pekerjaan,”terang Elwin

Bekolaborasi bersama Ichal Mursalin,jebolan executive chef di jaringan hotel BUMN-Hotel Indonesia Natour (HIN), mulai merintis bisnis katering harian sejak tiga tahun lalu. Cuan diperoleh seiring makin banyaknya pesanan baik swasta maupun instansi negara.”Kementerian Pertahanan salah satu pelanggan kami,”kata Elwin yang menuntaskan paska-sarjananya di Macquarie University, Australia

Lokasi outlet warman yang strategis ,berdekatan di kawasan bisnis pergudangan dan industri manufaktur menjadi pasar potensial.Bagi Elwin selaku Direktur Utama di bawah bendera CV Setia Berkah Abadi untuk melebarkan sayap di dunia industri katering.

Bahkan warman akan bertambah lagi 10 outletnya melalui skema kemitraan bersama investor. Beberapa titik akan terbangun diantaranya di Kelapa Gading,Jakarta Utara dan Karawachi,Tangerang,Surabaya dan Bali. Konsepnya tetap seperti ala warteg kekinian yang dimodifikasi sesuai karakteristik lokasi.

Investor diberikan pilihan dua pilihan, menanamkan modal sebesar Rp 375 juta (1 ruko 1 lantai), Rp 750 juta (1 ruko 2 lantai) dan Rp 1,25 miliar (2 ruko 2 lantai) .Budget sebesar itu diperuntukan bagi pelatihan karyawan, peralatan, dan bahan baku.Pengoperasian outlet ini pun termasuk support marketing dengan kontrak kerja sama selama 5 tahun namun diluar biaya sewa properti.

”Kita menjadi pengelolanya.Bedanya, Warman tidak membebankan Franchise Fee, dan khusus kemitraan yang senilai Rp 1,25 miliar,kita berani memberi garansi di akhir tahun dapat memberikan cash back 40 % di luar hasil penjualan bulanan, secara kalkulasi dengan skema ini 9 bulan-1 tahun investor sudah balik modal.Selanjutnya di tahun kedua, ketiga hingga kelima investor tinggal menikmati hasil,”terangnya.

Dengan pola bisnis F & B seperti ini, semua proses pengolahan masakan disentralkan dalam satu dapur.Ini dimaksudkan dari standarisasi rasa makanan terjaga maka jangkauan pelanggan pun akan terbuka luas.Hidangan khas rumahan yang lengkap dengan harga terjangkau.Bukan menu musiman, menu masakan yang dapat berganti tiap hari menyesuaikan selera pelanggan.

Adapun orientasi bisnis perusahaan ke depan adalah suppy chain pengadaan bahan makan.Bukan tertutup kemungkinan ke ritel market, misalnya memproduksi sambal.Sejumlah persyaratan seperti pemenuhan infrastruktur sanitasi,keamanan pangan dan halal produk tengah diproses dan diharapkan sertifikasi dapat dikeluarkan di tahun 2024 juga

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lomba Tahfidzul Qur'an diselenggarakan Amalia Astra

Senin, 16 September 2024 - 19:43 WIB

Amalia Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional

Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) kembali selenggarakan Lomba Tahfidz Nasional Online dengan kategori hafalan 30 juz penuh bagi remaja tingkat sekolah menengah atasa (SMA) hingga perguruan…

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam rangka persiapan serah terima jabatan Dandim.

Senin, 16 September 2024 - 18:52 WIB

Jelang Purna Tugas Dandim, Kodim 1710/Mimika Terima Tim Verifikasi Dari Korem

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam…

Operator Contact Center BRI

Senin, 16 September 2024 - 18:50 WIB

BRI Borong 22 Medali Penghargaan di Ajang Kompetisi The Best Contact Center di Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menorehkan prestasi pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association…

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…