Terbang ke Kanada, Menko Airlangga Temui Investor dan Pengusaha Jajaki Peluang Kerja Sama Ekonomi Strategis

Oleh : Candra Mata | Selasa, 03 September 2024 - 15:46 WIB

Menko Airlangga Mendekati Kanada untuk Mewujudkan Berbagai Peluang Kerja Sama Ekonomi Strategis
Menko Airlangga Mendekati Kanada untuk Mewujudkan Berbagai Peluang Kerja Sama Ekonomi Strategis

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam kunjungan kerja ke Vancouver kali ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan terus mendorong penguatan kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi.  

Vancouver adalah wilayah Provinsi British Columbia di sisi Barat Kanada, yang lebih dekat ke wilayah Asia-Pasifik. 

Secara geografis, Indonesia di wilayah Asia memiliki peluang strategis sebagai mitra ekonomi Kanada.

Salah satu isu strategis yang menjadi tema dalam kunjungan kerja ini berkaitan dengan finalisasi penyelesaian perjanjian perdagangan bebas, ICA-CEPA (Indonesia Canada Comprehensive Economic Partnership). 

Perundingan ICA-CEPA terakhir telah memasuki putaran ke-8 yang dilaksanakan pada tanggal 24-28 Juni lalu di Ottawa, Kanada. 

Pada putaran tersebut berhasil menyepakati teks substansi penting, yakni chapter Customs  Procedures and Trade Facilitation, Temporary Movement of Natural Persons, dan Transparency, Anti-Corruption and Responsible Business Conduct. 

Kemajuan signifikan juga dicapai untuk pembahasan konsep teks perjanjian terkait Sanitary and Phytosanitary, STRACAP, Economic and Technical Cooperation, Intellectual Property Rights, Government Procurement, dan Trade and Sustainable Development-Environment. 

Berkaitan pembahasan akses pasar perdagangan barang, Indonesia sudah mengusulkan peningkatan penawaran komitmen tarif dalam upaya mencapai target kesepakatan modalitas akses pasar atau liberalisasi hingga sebesar 85%.

"Terkait dengan Critical Mineral Discussion, pihak Kanada menanggapi positif atas usulan kerja sama strategis Indonesia melalui pembentukan Critical Mineral Dialogue," kata Airlangga dalam keternagannya dikutip redaksi, Selasa (3/9/2024).

Melalui kunjungan kerja ke Kanada, Airlangga berharap dapat memberikan dorongan agar perundingan ICA-CEPA dapat diselesaikan di putaran ke-9 yang akan digelar pada tanggal 23-27 September 2024 di Toronto, Kanada. 

Selain itu, Ia juga berharap pihak Kanada lebih fleksibel untuk bersama-sama mencapai kemajuan yang lebih signifikan.

Beberapa isu penting lainnya dalam kunjungan kerja kali ini, Menko Airlangga – yang dijuluki sebagai A friend of Canada oleh Dubes Kanada untuk Indonesia - berkaitan dengan isu tenaga kerja, pendidikan dan vokasi, transisi energi dan energi terbarukan, ekonomi digital termasuk mengharapkan dukungan pada Digital Economy Framework Agreement (DEFA) yang tengah dibahas di ASEAN, hilirisasi industri, penguatan Kelas Menengah Indonesia dan penghapusan Kemiskinan Ekstrem. 

Saat ini, Pemerintah Indonesia fokus untuk terus meningkatkan daya saing dan kualitas pertumbuhan ekonomi, serta mengoptimalkan Bonus Demografi untuk bisa keluar dari middle income trap.

Dalam agenda kunjungan kerja ini, Menko Airlangga bertemu dengan para Pengusaha Diaspora, Asosiasi Usaha, Masyarakat dan Mahasiswa Indonesia di Vancouver Kanada, yang digelar oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Vancouver bekerja sama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC). 

Airlangga juga bertemu dengan para Pebisnis dan Investor Kanada pada acara Business Forum yang didukung oleh Asia Pacific Foundation of Canada. 

Airlangga juga melanjutkan pertemuan dengan Simon Fraser University's (SFU) Vancouver membahas isu transisi energi dan energi bersih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lomba Tahfidzul Qur'an diselenggarakan Amalia Astra

Senin, 16 September 2024 - 19:43 WIB

Amalia Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional

Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) kembali selenggarakan Lomba Tahfidz Nasional Online dengan kategori hafalan 30 juz penuh bagi remaja tingkat sekolah menengah atasa (SMA) hingga perguruan…

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam rangka persiapan serah terima jabatan Dandim.

Senin, 16 September 2024 - 18:52 WIB

Jelang Purna Tugas Dandim, Kodim 1710/Mimika Terima Tim Verifikasi Dari Korem

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam…

Operator Contact Center BRI

Senin, 16 September 2024 - 18:50 WIB

BRI Borong 22 Medali Penghargaan di Ajang Kompetisi The Best Contact Center di Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menorehkan prestasi pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association…

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…