Chef Dari Apurva Kempinski Pemenang Escoffier Bakat Juenes Indonesia 2024

Oleh : Nina Karlita | Senin, 02 September 2024 - 22:46 WIB

I Kadek Sumiarta, seorang koki muda berbakat dari The Apurva Kempinski Bali.
I Kadek Sumiarta, seorang koki muda berbakat dari The Apurva Kempinski Bali.

INDUSTRY.co.id - Bali – I Kadek Sumiarta, seorang koki muda berbakat dari The Apurva Kempinski Bali, semakin memantapkan dirinya sebagai bintang yang sedang naik daun di dunia kuliner internasional. 

Setelah meraih kemenangan di kompetisi Escoffier Bakat Jeunes Indonesia pada Mei 2022 dan Asia Pasifik pada November 2022, Kadek kini bersiap untuk mewakili Indonesia dan Asia Tenggara di Final Global Young Talents Escoffier yang akan diselenggarakan di Paris pada November 2024.

Kadek, yang lahir dan besar di Bali, telah lama dikenal sebagai perajin kuliner yang berdedikasi. Ia menggabungkan kecintaannya pada seni, yang berakar dari budaya Bali, dengan hasratnya terhadap kuliner. 

Terinspirasi oleh pengalaman sepupunya yang bekerja di dapur, Kadek memutuskan untuk menekuni karier kuliner dan menggabungkan kreativitasnya dalam menggambar dan mengukir ke dalam setiap hidangannya. 

Filosofi kulinernya sangat dipengaruhi oleh prinsip Auguste Escoffier, koki legendaris yang dikenal sebagai pionir dalam dunia santapan mewah

Perjalanan Kadek di kompetisi ini tidaklah mudah. Ia harus menghadapi tantangan berat dalam menciptakan kembali masakan Prancis klasik yang asing baginya. 

Namun, dengan dukungan penuh dari tim The Apurva Kempinski Bali dan bimbingan langsung dari Chef Meilleur Ouvrier de France Cuisine (1996) Jean-Yves Leuranguer serta Chef Ho Weng Kit, Kadek berhasil mengasah keterampilan dan memperkuat kesiapan mentalnya. Kedua chef berpengalaman ini memberikan wawasan berharga tentang masakan klasik Prancis, keterampilan memasak kelas dunia, dan cara mengatasi tantangan di dapur.

Mereka mendorong Kadek untuk terus mengeksplorasi teknik baru sambil tetap mempertahankan identitas kuliner dan kreativitasnya sendiri.

Menjelang Final Global Young Talents Escoffier di Paris, Kadek fokus pada persiapan dan penyempurnaan setiap detail dari hidangannya. Ia berencana menonjolkan cita rasa Indonesia dalam kreasinya dan berharap dapat membawa gelar bergengsi tersebut pulang ke tanah air. 

“Saya sangat bersemangat untuk mewakili Indonesia di platform global yang bergengsi ini,” ujar Kadek. Meskipun tekanan untuk bersaing di tingkat internasional sangat tinggi, Kadek tetap tenang dan percaya diri berkat dukungan dari mentornya yang telah membekalinya dengan pola pikir positif dan semangat untuk terus belajar.

 di The Apurva Kempinski Bali, mengungkapkan kebanggaannya terhadap Kadek, 

“Semangat dan kreativitas Kadek di dapur sungguh luar biasa. Merupakan suatu kehormatan untuk membimbingnya bersama Chef Jean-Yves dan Chef Kit. Kami sangat senang melihatnya mewakili resor dan wilayah kami di Paris, dan yakin dia akan terus unggul,” Yoann Mathy, Executive Chef mngungkap.

Vincent Guironnet, General Manager di The Apurva Kempinski Bali, juga menyampaikan apresiasinya, “Kami bangga dengan pencapaian Kadek dan perjalanannya dari Bali hingga ke panggung dunia. Prestasi ini mencerminkan keunggulan yang kami perjuangkan di The Apurva Kempinski Bali. Kami yakin ia akan memberikan dampak besar di Paris.”

Sebagai bagian dari perayaan pencapaian ini, The Apurva Kempinski Bali mengundang mitra dan komunitas untuk mendukung perjalanan Kadek dalam membawa nama Indonesia dan Asia Tenggara ke kancah kuliner global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lomba Tahfidzul Qur'an diselenggarakan Amalia Astra

Senin, 16 September 2024 - 19:43 WIB

Amalia Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional

Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) kembali selenggarakan Lomba Tahfidz Nasional Online dengan kategori hafalan 30 juz penuh bagi remaja tingkat sekolah menengah atasa (SMA) hingga perguruan…

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam rangka persiapan serah terima jabatan Dandim.

Senin, 16 September 2024 - 18:52 WIB

Jelang Purna Tugas Dandim, Kodim 1710/Mimika Terima Tim Verifikasi Dari Korem

Tim verifikasi Korem 174/ATW dipimpin Kasi Intel Kasrem 174/ATW Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P melaksanakan verifikasi (pemeriksaan kebenaran laporan) yang dibuat oleh Kodim 1710/Mimika dalam…

Operator Contact Center BRI

Senin, 16 September 2024 - 18:50 WIB

BRI Borong 22 Medali Penghargaan di Ajang Kompetisi The Best Contact Center di Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menorehkan prestasi pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association…

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…