Rusunawa Universitas Muhammadiyah Jakarta Diresmikan, Habiskan Anggaran Sebesar Rp17,4 Miliar

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 September 2024 - 10:13 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

INDUSTRY.co.id - Tangerang Selatan - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meresmikan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (30/8/2024). 

Menteri Basuki dalam sambutannya mengatakan, Rusunawa UMJ diharapkan dapat bermanfaat untuk mendukung proses pendidikan. 

"Pembangunan Rusun, termasuk Rusun untuk lembaga pendidikan, kami lakukan atas perintah Pak Presiden dan Pak Menko PMK. Saya selalu ingatkan bahwa dalam pembangunan fasilitas pendidikan harus dilakukan dengan niat ikhlas, karena sesungguhnya bernilai amal jariyah," kata Menteri Basuki.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, Kementerian PUPR telah banyak membangun infrastruktur pendidikan yang dikelola Muhammadiyah. "Tidak hanya Rusunawa, sekitar 70an fasilitas/infrastruktur lainnya sudah dibangun selama masa kepemimpinan Pak Menteri Basuki, semoga semua jadi amal jariyah beliau," ujarnya.

“Kementerian PUPR hingga saat ini telah membangun Rusun sebanyak 2.300 tower yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 12 tower Rusun untuk Universitas Muhamadiyah pada tahun 2022 – 2024,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto. 

Rusun UMJ dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I Direktorat Jenderal Perumahan. Lokasi pembangunan Rusunawa UMJ berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Cirendeu Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. 

Rusun UMJ terdiri dari satu tower setinggi tiga lantai dan memiliki 36 unit termasuk 2 unit untuk difabel tipe 24. Saat ini sudah dihuni oleh para mahasiswa dan mahasiswi UMJ karena telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk meubelair, sistem air bersih, sistem air limbah, sistem proteksi kebakaran, elektrikal, sistem sampah, dan penangkal petir. 

Rusunawa UMJ dibangun dengan anggaran sejumlah Rp17,4 miliar, yang bersumber dari APBN dikerjakan dari Desember 2022 hingga Desember 2023. Adapun kontraktor pelaksananya adalah PT Bangun Atma Persada, dengan konsultan manajemen konstruksi PT Adhikara Mitracipta. 

Willian, Mahasiswa UMJ Program Studi Perbankan Syariah mengaku sangat terbantu dengan adanya rusunawa tersebut. "Rusunawa yang baru ini cukup nyaman, bersih. Mahasiswa terbantu dengan adanya rusun ini, harganya lebih murah dari kost dan lebih dekat ke kampus," ujarnya. 

Faqih Rabani Al-Qusyairi, Mahasiswa UMJ Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang berasal dari Bogor ini juga merasa sangat terbantu dengan adanya rusunawa ini. "Tinggal di sini sangat nyaman dan enak apalagi untuk mahasiswa dan mahasiswi yang merantau," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…

 Star Energy Geothermal Salak

Senin, 16 September 2024 - 11:55 WIB

Wow, Potensi Industri Panas Bumi Indonesia Terbesar di dunia, IIGCE Bicara Soal Masa Depan Energi Panas Bumi

Jakarta – Industri panas bumi di Indonesia dan dunia terus berkembang dengan pesat, menawarkan potensi besar dalam upaya memenuhi kebutuhan energi bersih dan berkelanjutan. Indonesia International…

Dihadiri Menko Airlangga Ground Breaking HPAL Pertama Neo Energy di Kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE)

Senin, 16 September 2024 - 11:35 WIB

Top! HPAL Pertama dengan 100% Energi Hijau, Green Nickel Kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE) Mengharumkan Nama Indonesia

Morowali– Neo Energy secara resmi melaksanakan ground breaking pembangunan fasilitas High-Pressure Acid Leaching (HPAL) pertama di Indonesia yang sepenuhnya menggunakan energi hijau. Acara…

Kepala BKPM Bahlil (ist)

Senin, 16 September 2024 - 09:24 WIB

Heboh Kisruh Kadin, Menteri Bahlil: Itu Urusan Internal

Jakarta--Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan kisruh di tubuh KADIN murni urusan internal organisasi itu. Bahlil mengatakan, dirinya bukan senior atau mantan…

Minum susu Ikan/ foto ilustrasi malbekasi.com

Senin, 16 September 2024 - 08:28 WIB

Agenda Besar Dibalik Susu Ikan Program Prabowo Gibran

Jakarta –Indonesia menghadapi tantangan besar dalam produksi susu sapi, di mana inseminasi buatan pada 2024 belum cukup untuk memenuhi kebutuhan susu nasional.