ESTA Corporations dan Plastic Bank Bermitra Kurangi Polusi Plastik dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 29 Agustus 2024 - 22:42 WIB

Plastic Bank menyambut ESTA Corporations dalam kunjungannya ke komunitas pengumpul plastik di Rajeg, Tangerang.
Plastic Bank menyambut ESTA Corporations dalam kunjungannya ke komunitas pengumpul plastik di Rajeg, Tangerang.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ESTA Corporations menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan mengunjungi komunitas pengumpul plastik yang dikelola oleh Plastic Bank di Rajeg, Tangerang. 

Dalam kunjungan ini, ESTA Corporations menyaksikan langsung bagaimana kemitraan mereka dengan Plastic Bank telah berdampak signifikan dalam mengurangi polusi plastik sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Plastic Bank, yang berfokus pada pengumpulan dan daur ulang plastik untuk menghentikan polusi sekaligus mengentaskan kemiskinan, telah mengubah metode pengepulan plastik tradisional menjadi sistem yang lebih modern dan terdigitalisasi. 

Anggota komunitas yang tergabung dalam Plastic Bank kini dapat menukar plastik yang mereka kumpulkan dengan uang serta berbagai manfaat sosial, seperti voucher belanja dan asuransi kesehatan BPJS.

Kemitraan antara ESTA Corporations dan Plastic Bank yang dimulai pada tahun 2023 telah berhasil mendukung pengumpulan 60.000 kilogram plastik, setara dengan 3 juta botol plastik, yang mencegahnya mencemari lingkungan. 

Selain berdampak pada lingkungan, kemitraan ini juga membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan komunitas pengumpul plastik, seperti yang dialami oleh Mirsa Saputra, seorang pengepul plastik di Tangerang.

CEO ESTA Kapital, Yefta Surya Gunawan, menegaskan bahwa kolaborasi dengan Plastic Bank adalah bagian dari strategi ESTA Corporations untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Frederick Saman, Country Manager Plastic Bank Indonesia, menekankan pentingnya peran perusahaan dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dengan berkontribusi pada keberlanjutan.

Kunjungan ini mempertegas komitmen ESTA Corporations dalam menjalankan bisnis yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga berdampak positif pada lingkungan dan sosial. 

Plastic Bank sendiri terus mengajak perusahaan dari berbagai ukuran untuk ikut serta dalam program Impact Subscription, yang memungkinkan perusahaan mendukung pengumpulan plastik oleh komunitas sambil mengurangi jejak lingkungan mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kegiatan Kerja Bakti Koramil 07/Mapurujaya bersama warga kampung membersihkan jalan dan drainase sekaligus memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat.

Sabtu, 14 September 2024 - 14:44 WIB

Wujudkan Lingkungan Bersih, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Bersama Warga Kampung Gotong Royong Bersihkan Jalan dan Drainase

Dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Kodim 1710/Mimika Sertu Yulius Nampe bersama warga Kampung Poumako gotong royong membersihkan jalan di RT 9 Kampung…

KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL

Sabtu, 14 September 2024 - 14:20 WIB

Siaga Eskalasi Konflik, Satgas MTF XXVIII-0/UNIFIL Laksanakan Latihan Rencana Kontijensi

(Puspen TNI) - Guna mengantisipasi situasi Lebanon yang secara umum masih rawan terkendali dan eskalasi konflik, KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL…

Peluncuran mesin cuci Toshiba

Sabtu, 14 September 2024 - 10:39 WIB

Toshiba Luncurkan Mesin Cuci Terbaru Berteknologi Canggih untuk Lindungi Kulit Keluarga

Produsen elektronik global Toshiba meluncurkan produk mesin cuci terbaru dalam acara  bertajuk "Cleaner Clothes, Healthier Skin #UltimateHygieneMatters" di Jakarta, Jumat (13/9/2024). Produk…

Presiden Jokowi Pimpin Sidang Paripurna Terkahir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

Sabtu, 14 September 2024 - 09:11 WIB

Panglima TNI Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Terakhir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) Ke-2 sekaligus Sidang Kabinet Paripurna terakhir pada masa pemerintahan Kabinet Indonesia Maju…

Prof. Ari Fahrial Syam menawarkan kombinasi unik antara pengalaman lapangan, keahlian medis, kepemimpinan akademis, dan visi internasional

Sabtu, 14 September 2024 - 08:39 WIB

Prof. Ari Fahrial Syam dan Rencana Transformasi UI di Era Global

Universitas Indonesia (UI) tengah melakukan seleksi pemilihan calon rektor periode 2024-2029. Salah satu nama yang masuk dalam bursa tersebut adalah Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH,…