Presiden Jokowi Resmikan 22 Ruas Jalan Daerah dan 16 Jembatan Callender Hamilton di Banjar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 29 Agustus 2024 - 16:46 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Callender Hamilton
Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Callender Hamilton

INDUSTRY.co.id - Banjar - Masih dalam bulan Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan 22 Ruas Jalan Daerah yang ditangani melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 dan penggantian 16 Jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Jawa Barat serta pembangunan Jembatan Ciloseh yang berada di Kota Tasik. 

Peresmian ketiga infrastruktur jalan dan jembatan tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi yang dipusatkan di Jembatan Citanduy, Kota Banjar, Kamis (29/8/2024).

Presiden Jokowi mengatakan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di Jawa Barat bertujuan untuk meningkatkan konektivitas, mengefisienkan biaya logistik dan juga melancarkan mobilitas orang dan barang. 

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim 16 jembatan pengganti Callender Hamilton dan 22 ruas jalan yang dibangun dengan Inpres Jalan Daerah, serta Jembatan Ciloseh Kota Tasikmalaya di Provinsi Jawa Barat saya resmikan," kata Presiden Jokowi. 

Penanganan 22 ruas jalan daerah melalui IJD di Jawa Barat dilaksanakan pada tahun 2023 dengan biaya APBN senilai Rp521 miliar sepanjang 121 km tersebar di 15 Kabupaten/Kota.

Selanjutnya 16 Jembatan Callender Hamilton selesai dilaksanakan pada 2021-2023 dengan biaya konstruksi Rp793,3 miliar. yang tersebar di 9 Kabupaten/Kota. Adapun total panjang jembatan 1.030 meter dan panjang penanganan 3.479 meter. 

Diharapkan penggantian/duplikasi jembatan ini juga dapat meningkatkan layanan transportasi jalan di wilayah Jawa Barat, baik Lintas Utara, Lintas Tengah maupun Lintas Selatan. 

Kemudian peresmian Jembatan Ciloseh di KotaTasikmalaya yang selesai dibangun pada 2021-2023 dengan biaya APBN senilai Rp112,7 miliar. Jembatan Ciloseh dibangun dengan panjang 252,1 meter dan lebar 22 meter menjadi ikon baru di Kota Tasikmalaya dengan 2 Tugu Kujang setinggi 25 meter.

Jembatan Ciloseh menghubungkan Lingkar Utara Tasikmalaya menuju perbatasan Kabupaten Ciamis, tepatnya ruas Jalan Cisumur – Garuda (Letjen H. Mashudi dan Jalan Nasional Dr. Mohamad Toha Tasikmalaya). 

"Kita harapkan dengan pembangunan jembatan ini sebagai bagian lingkar Utara Kota Tasikmalaya akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas menuju Bandara dan Kota Tasikmalaya. Selain meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas, juga akan mengatasi kemacetan yang ada di dalam Kota Tasikmalaya," kata Presiden Jokowi. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan dan jembatan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan para pengguna jalan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kegiatan Kerja Bakti Koramil 07/Mapurujaya bersama warga kampung membersihkan jalan dan drainase sekaligus memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat.

Sabtu, 14 September 2024 - 14:44 WIB

Wujudkan Lingkungan Bersih, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Bersama Warga Kampung Gotong Royong Bersihkan Jalan dan Drainase

Dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Kodim 1710/Mimika Sertu Yulius Nampe bersama warga Kampung Poumako gotong royong membersihkan jalan di RT 9 Kampung…

KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL

Sabtu, 14 September 2024 - 14:20 WIB

Siaga Eskalasi Konflik, Satgas MTF XXVIII-0/UNIFIL Laksanakan Latihan Rencana Kontijensi

(Puspen TNI) - Guna mengantisipasi situasi Lebanon yang secara umum masih rawan terkendali dan eskalasi konflik, KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL…

Peluncuran mesin cuci Toshiba

Sabtu, 14 September 2024 - 10:39 WIB

Toshiba Luncurkan Mesin Cuci Terbaru Berteknologi Canggih untuk Lindungi Kulit Keluarga

Produsen elektronik global Toshiba meluncurkan produk mesin cuci terbaru dalam acara  bertajuk "Cleaner Clothes, Healthier Skin #UltimateHygieneMatters" di Jakarta, Jumat (13/9/2024). Produk…

Presiden Jokowi Pimpin Sidang Paripurna Terkahir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

Sabtu, 14 September 2024 - 09:11 WIB

Panglima TNI Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Terakhir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) Ke-2 sekaligus Sidang Kabinet Paripurna terakhir pada masa pemerintahan Kabinet Indonesia Maju…

Prof. Ari Fahrial Syam menawarkan kombinasi unik antara pengalaman lapangan, keahlian medis, kepemimpinan akademis, dan visi internasional

Sabtu, 14 September 2024 - 08:39 WIB

Prof. Ari Fahrial Syam dan Rencana Transformasi UI di Era Global

Universitas Indonesia (UI) tengah melakukan seleksi pemilihan calon rektor periode 2024-2029. Salah satu nama yang masuk dalam bursa tersebut adalah Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH,…