SPSL Tingkatkan Layanan Logistik dengan Customer Hearing 2024

Oleh : Wiyanto | Kamis, 29 Agustus 2024 - 06:59 WIB

SPSL bersama customer
SPSL bersama customer

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Dalam rangka meningkatkan mutu layanan logistik dan hinterland bagi para pengguna jasa, PT Pelindo Solusi Logistik (“SPSL”) sebagai Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo mengundang para pengguna jasa melalui kegiatan SPSL Customer Hearing Tahun 2024 yang dilaksanakan di Bandung pada 15-16 Agustus 2024 lalu.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh SPSL sebagai apresiasi kepada para key customers sekaligus berdiskusi untuk berbagai masukan, saran, bahkan menerima keluhan dari para pengguna jasa.

Direktur Komersial dan Teknik SPSL, Ruri I. Rachmaputri menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kepercayaan seluruh pengguna jasa yang telah setia memilih SPSL Group sebagai mitra logistiknya. Ia menjelaskan ada customer sudah bermitra dengan SPSL Group lebih dari 10 tahun.

"Program SPSL Customer Hearing Tahun 2024 merupakan wujud komitmen perusahaan untuk pelayanan yang lebih baik, serta meningkatkan customer experience dalam berinteraksi dengan SPSL Group. Melalui program ini, kami bisa mengetahui langsung kebutuhan, saran, dan keluhan para pengguna jasa guna meningkatkan kualitas pelayanan ke depan. Kami menyadari bahwa pengguna jasa adalah mitra sekaligus konsultan terbaik bagi SPSL dan Pelindo Group dalam meningkatkan dan mengembangkan layanan,” ujar Ruri, Rabu (28/8/2024) dalam keterangannya.

Ruri menjelaskan, SPSL Customer Hearing 2024 tersebut dilaksanakan dengan melibatkan para pengguna jasa SPSL berikut anak perusahaannya. Upaya tersebut menjadi bagian dari proses evaluasi pelayanan perusahaan. Semua umpan balik dari pengguna jasa akan dievaluasi secara menyeluruh untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh SPSL.

"Masukan dan keluhan dari para pengguna jasa akan dijadikan dasar untuk program peningkatan layanan kepada customer kami yang kemudian diintegrasikan dalam rencana kerja perusahaan. Tujuannya adalah menciptakan pelayanan yang unggul untuk memastikan kepuasan para pengguna jasa," ucap Ruri.

Pada kesempatan customer hearing tersebut, para pengguna jasa menyampaikan saran dan pendapat untuk perbaikan layanan ke depan.

Salah satunya disampaikan oleh Maftuh dari PT Nustrans Anugerah Makmur (Saraswanti) yang mengapresiasi kinerja SPSL Group. "Kerjasama antara PT Multi Terminal Indonesia (PT MTI) sebagai SPSL Group dengan perusahaan kami sudah berjalan, para personil di lapangan sangat helpful, dan ketika terdapat kendala, pihak PT MTI sangat proaktif untuk membantu,” ujar Maftuh.

Sementara itu, Zainal dari PT Indo Container Lines menyatakan bahwa pelayanan operasional SPSL Group sudah baik, kendati demikian ia mengharapkan kedepannya terus ada peningkatan pelayanan yang terintegrasi, serta perlu dilakukan perbaikan infrastruktur, sarana, dan prasarana untuk meningkatkan layanan.

Rizal dari PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Cabang Belawan menyatakan bahwa pelayanan Multimoda yang diselenggarakan PT Prima Indonesia Logistik (PT PIL) dari Belawan ke Kuala Tanjung berdampak positif pada efisiensi biaya SPIL dalam kegiatan reposisi petikemas kosong ke Kuala Tanjung. Rizal berharap layanan ini dapat dipertahankan dan dikembangkan oleh PT PIL ke depannya.

Ruri pun kembali menegaskan bahwa SPSL akan terus meningkatkan kinerja dan layanan logistiknya guna mencapai service excellence and experience yang optimal bagi para pengguna jasa. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mengadopsi sistem teknologi untuk mendukung orkestrasi layanan logistik.

Dengan berbagai langkah inovatif yang telah diterapkan, SPSL berharap dapat menghadapi tantangan logistik global dengan lebih baik dan memastikan bahwa para pengguna jasa mendapatkan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka. "Kami percaya bahwa dengan dukungan teknologi, dapat memberikan solusi logistik yang lebih efisien, efektif, dan responsif, serta dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa," tambah Ruri.

Saat ini, SPSL yang memposisikan diri sebagai port based logistics provider juga tengah melakukan perbaikan sistem layanan logistik yang mencakup penyiapan ‘customer portal’ untuk integrasi sistem layanan, termasuk untuk layanan pergudangan, lapangan, transportasi, serta value added service lainnya. Portal ini diharapkan dapat memberikan kemudahan akses dan transparansi bagi pengguna jasa dalam memantau dan mengelola layanan logistik yang mereka gunakan.

”Dengan terus berinovasi dan mengutamakan kepuasan para pengguna jasa, SPSL bertekad untuk menjadi mitra logistik terpercaya yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia,” tutup Ruri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Thomas Franken, Direktur K, Portfolio Plastics & Rubber, Messe Düsseldorf GmbH dan Rini Sumardi Direktur Wakeni (wahana kemala niaga)

Kamis, 21 November 2024 - 14:51 WIB

Messe Duesseldorf Ajak Industri Plastik dan Karet Indonesia Akselerasi Penerapan Industri Hijau Melalui Pameran K

Jakarta– Messe Düsseldorf selaku penyelenggara pameran K mengajak para pengusaha industri plastik dan karet Indonesia untuk mengakselerasi penerapan industri hijau di lingkungan bisnis mereka.

Peluncuran Nippon Paint Spotless Plus Series

Kamis, 21 November 2024 - 14:26 WIB

Nippon Paint Luncurkan Spotless Plus Series Dengan Inovasi AirGuard Technology untuk Rumah Lebih Sehat

Nippon Paint meluncurkan Spotless Plus Series dengan hasil akhir Matt & Sheen, cat interior ultra-premium dengan spesifikasi setara untuk project rumah sakit, kini dapat digunakan oleh para…

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad

Kamis, 21 November 2024 - 13:42 WIB

Peringatan Bulan Mutu Nasional 2024: Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan

Dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan mendukung target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 %, Pemerintah Indonesia terus mendorong penerapan pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam…

Bank Saqu rayakan satu tahun perjalanan dengan menghadirkan program Rising Stars

Kamis, 21 November 2024 - 12:42 WIB

Rayakan Satu Tahun Perjalanan, Bank Saqu Gelar Rising Stars sebagai Ajang Apresiasi Bagi Mitra Strategis

Dalam rangka merayakan perjalanan tahun pertama yang penuh inspirasi, Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab, menggelar acara…

Pameran SIAL Interfood

Kamis, 21 November 2024 - 11:19 WIB

Korea Pavilion Hadirkan 24 Brand Ternama di SIAL Interfood 2024

Kementerian Pertanian Republik Korea bersama dengan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) berpartisipasi dalam Pameran Pangan Terbesar se-Indonesia, SIAL Interfood 2024 yang…