Survei Goodstats: Le Minerale Dipilih Sebagai Produk Pengganti Produk Asing yang Terafiliasi Israel

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 27 Agustus 2024 - 20:46 WIB

Ekspor Le Minerale
Ekspor Le Minerale

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Air minum dalam kemasan yang asli milik Indonesia, Le Minerale, kini menjadi pilihan utama masyarakat di tengah maraknya gerakan boikot terhadap produk multinasional yang diduga terafiliasi dengan Israel, berdasarkan survei terbaru dari GoodStats.

Dari hasil survey ini, Le Minerale berhasil menjadi alternatif pengganti utama dengan pencapaian  pilihan sebesar 47,4% dan menyusul selanjutnya secara berurutan adalah brand Cystaline, Pristine, Cleo, Club, Prima dan Amidis.Tampaknya, aksi ini serta merta membuat konsumen beralih ke produk- produk nasional, dan Le Minerale menjadi simbol  keunggulan produk lokal di pasar domestik yang dianggap mampu bersaing dan menggantikan produk market leader sebelumnya yang telah lama menjadi top of mind di industri air minum dalam kemasan.

GoodStats, sebuah lembaga riset berbasis di Jakarta  menggelar survei bertajuk ‘Sikap dan Perilaku Masyarakat Terhadap Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel’ dengan 1.000 responden online kurun 15-28 Juli 2024. Hasilnya, menunjukkan bahwa sebanyak 70,2% responden mendukung gerakan boikot terhadap produk yang terafiliasi dengan Israel. Dari produk-produk yang diboikot, sebanyak 81,5% adalah produk makanan dan minuman.

Managing Editor GoodStats, Iip Aditiya, menyatakan bahwa hasil survei ini menegaskan keberhasilan Le Minerale dalam mengukuhkan diri sebagai pilihan utama masyarakat. “Le Minerale menjadi merek AMDK pilihan masyarakat dengan persentase pilihan mencapai 47,4%, berhasil menggantikan posisi produk multinasional yang terkena boikot, karena masyarakat semakin percaya pada produk asli Indonesia yang tidak kalah berkualitas,” ujar Iip.

Menurut Iip, hasil survei ini mempertegas bahwa Le Minerale juga berhasil mengambil peran sebagai produk pilihan utama masyarakat yang punya komitmen untuk mendukung Palestina.

“Sebagai merek asli milik Indonesia, Le Minerale mendapatkan kepercayaan konsumen yang sejalan dengan pemerintah dan mengecam tindakan Israel terhadap Palestina, sehingga merek ini semakin populer di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Sosiolog UIN Sunan Gunung Jati, Dede Syarif, yang turut menjadi pembicara dalam sesi pemaparan survei oleh Goodstats.id melalui platform Zoom, menyatakan dukungan masyarakat terhadap gerakan boikot Israel "sangat kuat". Hal ini terutama karena adanya pilihan produk alternatif yang tersedia di pasar. Selain itu, Dede juga menjelaskan bahwa gerakan boikot ini turut mendorong masyarakat untuk mengalihkan konsumsinya ke produk lokal. “Orang akan memilah boikot pada produk yang ada substitusinya. Dan pergeseran ini adalah bukti nyata bahwa konsumen Indonesia semakin menghargai dan bangga dengan produk dalam negeri,” katanya.

Hal ini sejalan dengan pendapat Algooth Putranto, Dosen Branding dan Komunikasi dari Universitas Pembangunan Jaya, yang dalam kesempatan yang sama menyebutkan bahwa di era saat ini lebih mudah untuk melakukan boikot dibandingkan 10 tahun yang lalu. Sebabnya, karena banyak tersedia pilihan produk pengganti.

Dia berharap gerakan boikot Israel dan semua yang terafiliasi terus bergulir di tengah masyarakat. “Sebabnya, jika gerakan boikot bersifat temporer, alias putus sambung, maka hal itu tidak akan mengirimkan pesan kuat kepada para perusahaan yang produknya terafiliasi Israel,” tegas Algooth.

Menurut Algooth, dukungan publik yang semakin besar terhadap produk lokal, termasuk atas Le Minerale, menjadikan brand lokal bisa mengukuhkan posisinya sebagai pemain utama dalam persaingan di pasar dalam negeri.

“Gerakan boikot ini tidak hanya menunjukkan solidaritas terhadap Palestina, tetapi juga menjadi momentum bagi produk-produk lokal seperti Le Minerale untuk lebih bersinar di pasar domestik, “ kata Algooth.

Sementara itu, dalam presentasi hasil survei, Iip Aditiya dari GoodStats, menjelaskan survei lembaganya, berada dalam naungan Good News From Indonesia, bertujuan memahami pandangan, sikap, dan tindakan responden terkait fenomena boikot produk yang ditengarai terafiliasi dengan Israel ini.

Adapun survei dengan seribu responden tersebut dilangsungkan dengan metode penelitian kuantitatif (Online Survey) dengan margin of error 3,1% dan tingkat kepercayaan 95%.  Iip menerangkan, sebaran responden survei ini berasal dari Sumatra (15,3%), Kalimantan (4,3%), Jawa (66,1%), Sulawesi (4,5%), Bali-Nusa (6,6%) serta Maluku-Papua (3,2%). Adapun mayoritas tingkat Pendidikan Responden 52,1% Diploma/S1 sederajat, lalu 34,4% SMA/sederajat dan sisanya S2, SMP dan SD.

Temuan utama dalam survei ini yakni, sebanyak 95,3% responden mengaku mengetahui gerakan boikot ini. Sejalan dengan itu, 70,2% responden menyatakan dukungannya terhadap gerakan boikot ini. “Sebagai wujud nyata dukungannya, 77,2% responden mengaku menghindari produk terafiliasi Israel hingga saat ini,” jelas Iip.

Adapun faktor terbesar yang mendorong orang Indonesia melakukan boikot adalah solidaritas terhadap Palestina (68,1%). Selain itu, lebih dari 60%% responden mengaku aksi boikot ini mempengaruhi pilihannya dalam berbelanja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 GM of Brand Management SIG, Sasha Media (kiri) menerima trofi penghargaan Customer Engagement Program Of The Year yang diserahkan oleh Editor in Chief Marketeers, Sigit Kurniawan (kanan) di The Ballroom at Djakarta Theater, Kamis (12/9/2024).

Jumat, 13 September 2024 - 22:43 WIB

Ciptakan Ekosistem Digital untuk Penguatan Engagement dengan Pelanggan, SIG Raih Penghargaan Customer Engagement Program of The Year

Jakarta– Keberhasilan mengelola hubungan pelanggan (customer relationship management) melalui program Customer Connectivity, mengantarkan SIG meraih penghargaan Customer Engagement Program…

Naoto Minemura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia, dan Faisal Muslim, Vice President Enterprise Solution PT PLN menandatangani kerjasama energi terbarukan dari PLN yang tersertifikasi REC.

Jumat, 13 September 2024 - 22:36 WIB

Ajinomoto Indonesia Jalin Kerjasama Renewable Energy dengan PLN

Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia dan President Enterprise Solution PT PLN menandatangani kerjasama energi terbarukan dari PLN yang tersertifikasi REC.

Menhan Prabowo lakukan Kunjungan Kerja ke Vietnam

Jumat, 13 September 2024 - 21:18 WIB

Terbang ke Vietnam, Menhan Prabowo Bakal Bertemu Presiden H.E. Tô Lâm Membahas Kerjasama di Berbagai Sektor, Termasuk Pertahanan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Vietnam, pada Jumat (13/9/2024).

Booth Snack video di HUT TNI AL

Jumat, 13 September 2024 - 21:15 WIB

SnackVideo dan TNI AL Berhasil Menggelar Naval Base Open Day 2024

SnackVideo, platform berbagi video pendek terkemuka, dengan bangga mengumumkan partisipasi suksesnya dalam acara Naval Base Open Day 2024 dan perayaan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang…

Kadin

Jumat, 13 September 2024 - 19:35 WIB

Dewan Pengurus Kadin Indonesia: Upaya Munaslub Menyalahi AD/ART

Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan bahwa upaya menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang diusulkan oleh sejumlah Kadin Provinsi bertentangan…