Ninja Xpress Perkuat Dukungan untuk Industri Ritel Dengan Solusi Logistik Terintegrasi Melalui Ninja B2BR

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Agustus 2024 - 20:00 WIB

Sesi talkshow Nonja Xpress dan Kopi Kenangan
Sesi talkshow Nonja Xpress dan Kopi Kenangan

INDUSTRY.co.id - Jakarta  – Sebagai bentuk dukungan dan untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh dinamika industri ritel di Indonesia,  Ninja Xpress berkomitmen untuk menjadi mitra logistik yang terpercaya. Dengan fokus utama pada efisiensi operasional untuk mendukung solusi komersil, Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka.

Kementerian Perdagangan menilai prospek bisnis ritel modern saat ini masih sangat menjanjikan. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan prospek bisnis ritel modern tahun ini secara umum masih menunjukan tren yang positif. 

“Perkembangan bisnis ritel dapat terlihat dari perkembangan pertumbuhan konsumsi barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Sejalan dengan Suara UKM Negeri Vol III, dimana barang yang paling banyak dibeli oleh pembeli online atau e-shopaholics  adalah Food and Beverages. Melihat salah satu kebutuhan dalam mendukung operasional bisnis ritel yang terletak pada efisiensi pengiriman logistik, Ninja Xpress dengan fokus utama pada efisiensi operasional mendukung solusi komersial menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka.” kata Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress di Jakarta, Selasa (27/8/2024). 

Hanya saja, meskipun memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan, sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi perusahaan ritel adalah memastikan ketersediaan stok di toko sekaligus menghindari penumpukan stok di gudang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa perusahaan ritel dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan ketika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.

Mengingat kebutuhan dan tantangan tersebut, Ninja Xpress hadir sebagai mitra logistik terpercaya melalui layanan Ninja B2BR (Business-to-Business-Restock), dengan tagline “Antaran Praktis dan Ekonomis” yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses pengiriman operasional bagi bisnis ritel. Dalam hal ini penyebutan antaran praktis didukung oleh kelebihan Ninja Xpress yaitu:

- Pengantaran Multi-Parcel hanya dengan satu airwaybill.

- Proses Multi-drop yaitu pick up dan pengiriman ke banyak titik dalam satu kali pengantaran

- Teknologi Polygon Routing yang membantu memperkirakan waktu pengiriman sesuai SLA yang telah ditentukan, sehingga dapat menjaga kualitas produk

Selain itu, antaran ekonomis didukung oleh kelebihan pengiriman Ninja Xpress yaitu:

- Customized handling sesuai kebutuhan ritel seperti pengembalian Delivery Order (DO) atau Bukti Kirim Barang yang tidak dipungut biaya tambahan.

- Hub and spoke, dimana ekosistem logistik Ninja Xpress memungkinkan ritel mempersingkat beberapa step pengiriman per poin, sehingga biaya menjadi lebih murah. 

“Ninja Xpress berkomitmen untuk menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan disesuaikan dengan kebutuhan klien kami, membantu mereka mengatasi tantangan dalam manajemen stok dan distribusi barang. Yang pada akhirnya dapat memberikan solusi komersil bagi bisnis klien kami.” kata Rifani Budi, VP of Corporate Sales Ninja Xpress

Salah satu contoh sukses dari layanan B2BR Ninja Xpress adalah kolaborasinya dengan Kopi Kenangan dalam pengiriman “Cerita Roti.” Tantangan dalam pengiriman roti, seperti menjaga kesegaran dan kualitas produk termasuk juga tantangan penjemputan dan pengiriman barang, dapat teratasi dengan Layanan Ninja B2BR.

“Kemitraan kami dengan Ninja Xpress telah menjadi game-changer bagi operasional logistik kami. Dengan pendekatan just-in-time mereka, kami telah melihat transformasi yang luar biasa dalam operasional kami. Sebelumnya jam pick up kami adalah di jam 6 pagi dimana pengantaran roti ke oulet dilakukan pada siang menuju sore hari. Dengan menggunakan Ninja Xpress penjemputan dilakukan pada malam hari saat roti baru jadi, dan pengiriman dilakukan paling lambat jam 12 siang. Dalam hal ini  kami dapat memaksimalkan penjualan kami. Selain itu customized solution seperti pengembalian tray setelah roti diantarkan juga dapat membantu kami menjaga biaya operasional pengiriman kami." ujar Welderson Napitupulu, Supply Chain Senior Manager Kopi Kenangan. 

Dalam kerja sama dengan Kopi Kenangan, Ninja Xpress memastikan bahwa roti diantarkan mulai pukul 6 pagi setiap hari ke 188 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek dalam waktu 4-6 jam dan saat ini berhasil mencapai Service Level Agreement (SLA) hingga 95%. Selain itu Ninja Xpress juga terus menjaga kualitas pengiriman, yang terbukti dengan rendahnya Damage rate atau kerusakan yang timbul dalam pengiriman Food category. Pada akhirnya, kerja sama ini membantu Kopi Kenangan mempertahankan kesegaran produk dan opportunity bisnis.

Tidak hanya logistik terintegrasi yakni Ninja B2BR, Ninja Xpress juga menawarkan berbagai solusi, termasuk Ninja Fulfillment, untuk mendukung layanan pergudangan, meminimalkan biaya penyimpanan inventaris, dan menyediakan tenaga profesional untuk manajemen gudang. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Thomas Franken, Direktur K, Portfolio Plastics & Rubber, Messe Düsseldorf GmbH dan Rini Sumardi Direktur Wakeni (wahana kemala niaga)

Kamis, 21 November 2024 - 14:51 WIB

Messe Duesseldorf Ajak Industri Plastik dan Karet Indonesia Akselerasi Penerapan Industri Hijau Melalui Pameran K

Jakarta– Messe Düsseldorf selaku penyelenggara pameran K mengajak para pengusaha industri plastik dan karet Indonesia untuk mengakselerasi penerapan industri hijau di lingkungan bisnis mereka.

Peluncuran Nippon Paint Spotless Plus Series

Kamis, 21 November 2024 - 14:26 WIB

Nippon Paint Luncurkan Spotless Plus Series Dengan Inovasi AirGuard Technology untuk Rumah Lebih Sehat

Nippon Paint meluncurkan Spotless Plus Series dengan hasil akhir Matt & Sheen, cat interior ultra-premium dengan spesifikasi setara untuk project rumah sakit, kini dapat digunakan oleh para…

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad

Kamis, 21 November 2024 - 13:42 WIB

Peringatan Bulan Mutu Nasional 2024: Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan

Dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan mendukung target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 %, Pemerintah Indonesia terus mendorong penerapan pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam…

Bank Saqu rayakan satu tahun perjalanan dengan menghadirkan program Rising Stars

Kamis, 21 November 2024 - 12:42 WIB

Rayakan Satu Tahun Perjalanan, Bank Saqu Gelar Rising Stars sebagai Ajang Apresiasi Bagi Mitra Strategis

Dalam rangka merayakan perjalanan tahun pertama yang penuh inspirasi, Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab, menggelar acara…

Pameran SIAL Interfood

Kamis, 21 November 2024 - 11:19 WIB

Korea Pavilion Hadirkan 24 Brand Ternama di SIAL Interfood 2024

Kementerian Pertanian Republik Korea bersama dengan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) berpartisipasi dalam Pameran Pangan Terbesar se-Indonesia, SIAL Interfood 2024 yang…