Menperin Agus Buka Peluang Mobil Hybrid Terima Insentif

Oleh : Ridwan | Selasa, 27 Agustus 2024 - 19:15 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita terus mendorong kebijakan insentif untuk mobil hybrid. Meskipun, dirinya menyebut bahwa insentif mobil hybrid nantinya tidak sebesar mobil listrik.

“Kami inginnya ada insentif walaupun insentifnya tidak bisa sebesar mobil listrik,” kata Menperin Agus di Jakarta (27/8).

Menurutnya, insentif untuk mobil hybrid perlu diberikan agar pabrikan yang sudah ada di dalam negeri tidak pindah ke negara lain yang memberikan stimulus lebih menarik.

“Kami tidak mau pabrikan mobil hybrid di Indonesia itu pindah, ini menjadi salah satu pertimbangan kenapa kita perlu memberikan insentif untuk mobil hybrid,” terangnya.

Kendati demikian, Menperin Agus belum ingin membocorkan insentif apa yang akan diusulkan. Sebab, sampai saat ini belum ada pembahasan resmi dengan Kementerian Perekonomian dan Kementerian Keuangan.

Seperti diketahui, saat ini mobil listrik sedang mendapat karpet merah dari pemerintah Indonesia, khususnya pabrikan yang punya komitmen investsi di Tanah Air.

Pertama, mobil listrik tidak dikenakan pengenaan tarif penjualan atas barang mewah (PPnBM). Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021. Sedangkan mobil hybrid dikenakan PPnBM sebesar 15 persen dari dasar pengenaan pajak.

Kedua, pemerintah juga memberikan relaksasi bagi mobil listrik dengan hanya dikenakan tarif  Pajak Pertambahan Nilai (PPN) mobil baru sebesar satu persen.

Ketiga, pemerintah juga memberikan relaksasi untuk kendaraan listrik berupa keringanan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Artinya, mobil dan motor listrik yang berbasis baterai tau Battery Electric Vehicles (BEV) tidal dikenakan pajak lagi.

Tak hanya insentif fiskal, insentif non-fiskal juga diberikan untuk kendaraan listrik, salah satunya adalah dibebaskan dari aturan pembatasan kendaraan ganjil genap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 GM of Brand Management SIG, Sasha Media (kiri) menerima trofi penghargaan Customer Engagement Program Of The Year yang diserahkan oleh Editor in Chief Marketeers, Sigit Kurniawan (kanan) di The Ballroom at Djakarta Theater, Kamis (12/9/2024).

Jumat, 13 September 2024 - 22:43 WIB

Ciptakan Ekosistem Digital untuk Penguatan Engagement dengan Pelanggan, SIG Raih Penghargaan Customer Engagement Program of The Year

Jakarta– Keberhasilan mengelola hubungan pelanggan (customer relationship management) melalui program Customer Connectivity, mengantarkan SIG meraih penghargaan Customer Engagement Program…

Naoto Minemura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia, dan Faisal Muslim, Vice President Enterprise Solution PT PLN menandatangani kerjasama energi terbarukan dari PLN yang tersertifikasi REC.

Jumat, 13 September 2024 - 22:36 WIB

Ajinomoto Indonesia Jalin Kerjasama Renewable Energy dengan PLN

Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia dan President Enterprise Solution PT PLN menandatangani kerjasama energi terbarukan dari PLN yang tersertifikasi REC.

Menhan Prabowo lakukan Kunjungan Kerja ke Vietnam

Jumat, 13 September 2024 - 21:18 WIB

Terbang ke Vietnam, Menhan Prabowo Bakal Bertemu Presiden H.E. Tô Lâm Membahas Kerjasama di Berbagai Sektor, Termasuk Pertahanan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Vietnam, pada Jumat (13/9/2024).

Booth Snack video di HUT TNI AL

Jumat, 13 September 2024 - 21:15 WIB

SnackVideo dan TNI AL Berhasil Menggelar Naval Base Open Day 2024

SnackVideo, platform berbagi video pendek terkemuka, dengan bangga mengumumkan partisipasi suksesnya dalam acara Naval Base Open Day 2024 dan perayaan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang…

Kadin

Jumat, 13 September 2024 - 19:35 WIB

Dewan Pengurus Kadin Indonesia: Upaya Munaslub Menyalahi AD/ART

Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan bahwa upaya menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang diusulkan oleh sejumlah Kadin Provinsi bertentangan…