Progres Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 3 Capai 97,56%, Rampung Akhir Bulan Ini

Oleh : Candra Mata | Selasa, 27 Agustus 2024 - 09:55 WIB

Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 3
Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 3

INDUSTRY.co.id - Jambi – Akan menjadi jalan tol pertama yang membuka konektivitas dan alternatif baru perjalanan Sumatra Selatan - Jambi, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) segera menyelesaikan pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bayung Lencir - Tempino Seksi 3 sepanjang 15,47 km dengan progres mencapai 97,56% per 23 Agustus 2024.

Mengutip dari jambi.antaranews.com pada tanggal 2 Agustus 2024 lalu, Gubernur Jambi, Al Haris meninjau pembangunan Ruas Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 3 dan menyampaikan rasa yakinnya terhadap proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

“Kita meninjau proyek tol dan yang akan selesai adalah pekerjaan tol seksi 3 (ruas Bayung Lencir - Tempino). Terima kasih kepada semua tim yang telah memberikan dukungan untuk pekerjaan tol ini,” kata Al Haris.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan bahwa konstruksi ruas tol ini sudah memasuki tahap akhir dan telah menyelesaikan pekerjaan seperti struktur overpass, struktur jembatan, struktur interchange, dan struktur slab on pile sepanjang 4,06 km, timbunan dan galian, perkerasan kaku (rigid main road) sepanjang 11,4 km, serta pengaspalan jalan sepanjang 4,79 km (termasuk ramp dan simpang sebidang).

“Saat ini, tim di lapangan tengah fokus pada pekerjaan yang tersisa diantaranya penyelesaian rigid main road sepanjang 57 m, bangunan gerbang tol serta simpang sebidang. Untuk mempercepat pekerjaannya, koordinasi intensif dilakukan dengan seluruh pihak terkait guna memastikan setiap tahapan pekerjaan berjalan sesuai jadwal dan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan,” ujar Adjib.

Proyek yang digarap dengan skema kerja sama operasi (KSO) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wijaya Karya) dan PT Brantas Abipraya (Persero) (Brantas Abipraya) (KSO HK-Wika-BAP), ditargetkan selesai pada akhir Agustus 2024 dan dapat segera digunakan pada triwulan IV tahun 2024.

Lebih lanjut Adjib menyampaikan bahwa pada prosesnya, sejumlah tantangan yang cukup signifikan dihadapi KSO HK-Wika-BAP diantaranya kondisi tanah dasar yang lunak, serta terjadinya penurunan tanah dasar pada jalan utama yang melebihi rencana awal.

“Menghadapi tantangan tersebut, KSO telah melakukan penanganan khusus, mulai dari pemetaan dan analisis geoteknik yang komprehensif untuk memahami kondisi tanah dasar secara menyeluruh, serta menggunakan preloading, struktur slab on pile, dan geofoam pada area-area penurunan atau pergeseran tanah yang cukup besar,” imbuh Adjib.

Adjib juga menyampaikan, dalam menjaga mutu dan kualitas pekerjaan, proyek ini menggunakan beberapa teknologi pendukung seperti Electrical Density Gauge untuk mengontrol kualitas pekerjaan timbunan secara cepat dan akurat, Load Scanner untuk meminimalisir kesalahan dalam perhitungan volume material yang masuk, survei digital dengan LiDAR untuk mempercepat proses perhitungan progres pekerjaan, Building Information Modelling (BIM) sampai dengan 5D, serta pemasangan CCTV yang tersebar di sepanjang proyek untuk pengawasan secara real time. Selain itu, melakukan kerjasama dengan laboratorium independen untuk menguji mutu secara berkala atas pekerjaan di lapangan.

Hutama Karya berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini sesuai target dengan menjaga standar kualitas yang baik serta senantiasa memperhatikan aspek keselamatan kerja dan keamanan di lingkungan sekitar proyek. 

Sejalan dengan hal tersebut, proyek ini telah menerima penghargaan nihil kecelakaan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atas pencapaian 2,935,573 jam kerja aman tanpa kecelakaan.

“Hadirnya jalan tol ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat sekitar, mempercepat konektivitas antar daerah, serta akan menjadi bagian penting dari jaringan infrastruktur yang menghubungkan berbagai wilayah di Sumatra,” tutup Adjib.

Sebagai catatan, hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Untuk ruas tol Konstruksi 230 km dan 800 km ruas tol Operasi. Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140 km)*, Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan – Binjai (17 km)*, Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2 – 6 (49 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi Binjai – Tanjung Pura (38 km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (17 km), Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km), Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar (25 km), Tol Indralaya – Prabumulih (64 km), Tol Indrapura – Kisaran (48 km), Tol Tebing Tinggi – Indrapura (28,5 km)**. (*Dikelola oleh INA,**Dikelola oleh HMW).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kegiatan Kerja Bakti Koramil 07/Mapurujaya bersama warga kampung membersihkan jalan dan drainase sekaligus memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat.

Sabtu, 14 September 2024 - 14:44 WIB

Wujudkan Lingkungan Bersih, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Bersama Warga Kampung Gotong Royong Bersihkan Jalan dan Drainase

Dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Kodim 1710/Mimika Sertu Yulius Nampe bersama warga Kampung Poumako gotong royong membersihkan jalan di RT 9 Kampung…

KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL

Sabtu, 14 September 2024 - 14:20 WIB

Siaga Eskalasi Konflik, Satgas MTF XXVIII-0/UNIFIL Laksanakan Latihan Rencana Kontijensi

(Puspen TNI) - Guna mengantisipasi situasi Lebanon yang secara umum masih rawan terkendali dan eskalasi konflik, KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL…

Peluncuran mesin cuci Toshiba

Sabtu, 14 September 2024 - 10:39 WIB

Toshiba Luncurkan Mesin Cuci Terbaru Berteknologi Canggih untuk Lindungi Kulit Keluarga

Produsen elektronik global Toshiba meluncurkan produk mesin cuci terbaru dalam acara  bertajuk "Cleaner Clothes, Healthier Skin #UltimateHygieneMatters" di Jakarta, Jumat (13/9/2024). Produk…

Presiden Jokowi Pimpin Sidang Paripurna Terkahir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

Sabtu, 14 September 2024 - 09:11 WIB

Panglima TNI Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Terakhir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) Ke-2 sekaligus Sidang Kabinet Paripurna terakhir pada masa pemerintahan Kabinet Indonesia Maju…

Prof. Ari Fahrial Syam menawarkan kombinasi unik antara pengalaman lapangan, keahlian medis, kepemimpinan akademis, dan visi internasional

Sabtu, 14 September 2024 - 08:39 WIB

Prof. Ari Fahrial Syam dan Rencana Transformasi UI di Era Global

Universitas Indonesia (UI) tengah melakukan seleksi pemilihan calon rektor periode 2024-2029. Salah satu nama yang masuk dalam bursa tersebut adalah Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH,…