Surga Wisata, Kuliner, dan Hiburan yang Menyatukan Budaya dan Modernitas

Oleh : Kormen Barus | Senin, 26 Agustus 2024 - 19:18 WIB

Surga Wisata, Kuliner, dan Hiburan yang Menyatukan Budaya dan Modernitas
Surga Wisata, Kuliner, dan Hiburan yang Menyatukan Budaya dan Modernitas

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan kekayaan alam, budaya, dan sejarahnya, senantiasa memikat hati para wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebagai poros maritim dunia dan jalur perdagangan strategis pada era kolonial juga menjadikan Nusantara sebagai tempat singgah dan pertemuan berbagai bangsa.

Menghidupkan kembali kejayaan masa lampau Kota Batavia, Amantara, subsidiari dari Agung Sedayu Group (ASG), kembali menghadirkan Batavia PIK (fase 2), sebuah destinasi wisata modern yang memadukan keindahan arsitektur kolonial dengan elemen kontemporer. Terletak di antara kedua sisi pulau Golf Island dan Riverwalk Island, Batavia PIK menawarkan pengalaman yang memikat dengan perpaduan konsep tematik, sejarah, dan budaya yang bersatu dengan modernitas.

Menapaki Jejak Sejarah dan Budaya

Batavia PIK hadir dengan arsitektur kolonial penuh sejarah dan budaya yang berpadu harmonis dengan desain modern. Berkunjung ke destinasi ini tentunya akan membawa kita bernostalgia ke Kota Batavia. Destinasi ini juga menjadi cerminan sempurna dari alun-alun Kota Batavia tempo dulu. Beragam event seringkali diadakan disini, mulai dari bazaar hingga pasar rakyat yang ramai dihadiri oleh para pengunjung dan dilengkapi dengan tenda warna-warni yang menawarkan kuliner khas Nusantara dan cenderamata tradisional.

Tak hanya menjadi tempat untuk bernostalgia, Batavia PIK juga akan menghadirkan pengalaman imersif yang unik serta menjadi pusat kreativitas lokal dengan dihadirkannya Pasar Rakjat. Pasar ini diharapkan dapat menjadi rumah bagi berbagai produk lokal dari UMKM, mulai dari kerajinan tangan, buku, hingga emas. Para pengunjung juga dapat menjelajahi area ini yang terdiri dari berbagai pasar tematik, seperti Pasar Gerabah dan Pasar Buku, sambil mendukung para pengrajin dan penulis lokal.

Selain itu, Kapal Pinisi yang berdiri megah di kanal di antara kedua pulau ini, akan menyajikan sejarah perdagangan rempah-rempah yang semakin memperkaya pengetahuan Masyarakat. Disamping itu, Amantara juga bekerja sama dengan berbagai komunitas seni dan budaya dalam mempersiapkan beragam pertunjukan seni dan budaya yang penuh sejarah dan cerita Nusantara yang semakin memanjakan para pengunjung yang datang.

Jembatan kayu yang menghubungkan fase pertama dan kedua Batavia PIK ini akan mengingatkan kita kembali pada Jembatan Kota Intan yang legendaris. Dermaga taksi air pun tersedia disini, yang memungkinkan para pengunjung mendapat pengalaman yang menarik dengan menyusuri kanal sambil menikmati pemandangan Batavia PIK yang indah.

Sensasi Baru “Petualangan di Atas Air”

Di sisi lain Riverwalk Island, tak jauh dari Batavia PIK (fase 2), terdapat sebuah komplek active lifestyle yang terdiri dari Sea-Doo Can-Am PIK, Pier 503, Mantra Club, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang akan segera dihadirkan di area ini.

Sea-Doo Can-Am PIK kini hadir dengan showroom personal watercraft (jet ski) terbarunya yang dilengkapi dengan fasilitas test-drive yang seru dan Can-Am off road experience seperti ATV dan SSV. Khusus bagi para pemilik Sea-Doo dan Can-Am, tersedia pula layanan penitipan, pemeliharaan, dan perbaikan yang mudah diakses disini. Sedangkan layanan transportasi air untuk publik dan jasa penyewaan Sea-Doo personal watercraft, kedepannya juga dapat di akses di dermaga Ginza Beachwalk.

Kabar baik juga datang bagi para pecinta petualangan laut, kini liburan ke Kepulauan Seribu semakin mudah dengan hadirnya fasilitias Sea-Doo Switch pertama di Asia. Penyewaan Sea-Doo Switch untuk aktivitas private island hoping yang berkapasitas 6-8 orang ini, nantinya akan dapat di akses melalui dermaga Land's End yang berlokasi di Pantai Pasir Putih PIK2. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas olahraga pantai dan kuliner santai bersama teman dan keluarga. Terlebih lagi, letaknya juga tak jauh dari destinasi kuliner bertemakan Hawaii dan Indonesia, yaitu Aloha PIK.

Dengan beragam fasilitas dan aktivitas yang mendukung kegiatan island hoping, PIK berpotensi menjadi pintu gerbang utama yang akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dari dan menuju Kepulauan Seribu. Kedepannya, Kawasan PIK diharapkan dapat menjadi main hub bagi para wisatawan yang ingi berlibur ke Kepulauan Seribu dan juga jalur lalu lintas strategis yang semakin meningkatkan popularitas kedua destinasi ini.

Mendukung Industri Ekonomi Kreatif

Selain mengembangkan beragam destinasi lifestyle, Amantara juga sangat mendukung pertumbuhan sektor parekraf. Sejalan dengan strategi pemerintah RI dalam pemberdayaan UMKM dan industri kreatif, Kawasan PIK2 menjadi rumah bagi Indonesia Design District (IDD) seluas 12 hektar dengan lebih dari 200 brands ternama lokal dan internasional.

Event ini akan menjadi ajang bergengsi yang mempertemukan para designer dan brands ternama, industry’s professionals, design experts, design enthusiast, dan masyarakat umum untuk saling berkolaborasi memajukan industri desain dan arsitektur di Indonesia. Dengan tema "Initiate, Unite & Collaborate", acara ini diharapkan dapat menjadi katalis bagi inovasi dan kolaborasi kreatif di Tanah Air.

Oase Hijau di Tengah Kota

Dalam inisiatif menciptakan lingkungan hijau dan berkelanjutan, Agung Sedayu Group (ASG) turut menghadirkan ruang terbuka yaitu Greenbelt PIK2 (60 hektar) dan Mangroves PIK2 (587 hektar). Para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas outdoor seperti jogging, bersepeda, stand-up paddling, hingga bersantai di tenda piknik atau menyusuri sungai dengan perahu katamaran sambil menikmati sunset di Greenbelt PIK2.

Pengembangan area Greenbelt PIK ini terbagi dalam sistem zonasi, dimana Orange Groves District merupakan salah satu area mixed-use dan terletak di Zona 2. Orange Groves District ini terbagi dalam beberapa fase pembangunan seperti retail, cabin, dan residensial. Dengan mengusung konsep modern rustic, Orange Groves retail telah beroperasi sejak akhir Januari 2024, sedangkan area cabin dan residensial masih dalam tahap pembangunan yang ditargetkan selesai pada tahun 2026. Setiap bangunan di sini menggunakan material ramah lingkungan dan dilengkapi dengan panel surya (solar panel) untuk mengurangi jejak karbon.

Orange Groves merupakan proyek green building Amantara yang kedua setelah Central Market PIK, yang telah sukses meraih EDGE Advance Certificate sebagai green retail building pertama di Indonesia pada Mei 2024.

Dengan banyaknya destinasi yang menarik, ragam area komersial, dan berbagai event seru di PIK, tidak heran jika kawasan ini menjadi magnet bagi wisatawan lokal dan internasional. Untuk memudahkan akses bagi para pengunjung dari dan menuju ke Kawasan PIK, telah tersedia fasilitas bus TransJakarta, layanan free shuttle bus PIK2, dan Tol Interchange PIK2 yang akan segera rampung di awal 2025.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ok Oce di Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 - 17:34 WIB

Sapa Penggerak OK OCE Adma Yogyakarta Bersama OK OCE Indonesia

Gerakan sosial OK OCE mengunjungi komunitas penggerak di Yogyakarta, OK OCE Adma dalam melaksanakan pendampingan dan menyamakan visi misi dalam penciptaan lapangan kerja beberapa waktu lalu.…

Andi Wijaya, Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk selaku Founder Prodia Group (Tengah), dipasangkan kain Ulos sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan oleh Inke Nadia Diniyanti Lubis selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran USU bersama Aldy Safruddin Rambe selaku Dekan Fakultas Kedokteran USU.

Senin, 16 September 2024 - 12:07 WIB

Paparkan Sejumlah Informasi Penting Terkait Perkembangan Teknologi Seputar Aging dan Regenerative Medicine, Prodia Gelar Seminar Kolaborasi bersama Akademisi

Medan- Sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menggelar seminar dan diskusi ilmiah sebagai buah kolaborasi dengan Fakultas…

 Star Energy Geothermal Salak

Senin, 16 September 2024 - 11:55 WIB

Wow, Potensi Industri Panas Bumi Indonesia Terbesar di dunia, IIGCE Bicara Soal Masa Depan Energi Panas Bumi

Jakarta – Industri panas bumi di Indonesia dan dunia terus berkembang dengan pesat, menawarkan potensi besar dalam upaya memenuhi kebutuhan energi bersih dan berkelanjutan. Indonesia International…

Dihadiri Menko Airlangga Ground Breaking HPAL Pertama Neo Energy di Kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE)

Senin, 16 September 2024 - 11:35 WIB

Top! HPAL Pertama dengan 100% Energi Hijau, Green Nickel Kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE) Mengharumkan Nama Indonesia

Morowali– Neo Energy secara resmi melaksanakan ground breaking pembangunan fasilitas High-Pressure Acid Leaching (HPAL) pertama di Indonesia yang sepenuhnya menggunakan energi hijau. Acara…

Kepala BKPM Bahlil (ist)

Senin, 16 September 2024 - 09:24 WIB

Heboh Kisruh Kadin, Menteri Bahlil: Itu Urusan Internal

Jakarta--Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan kisruh di tubuh KADIN murni urusan internal organisasi itu. Bahlil mengatakan, dirinya bukan senior atau mantan…