Warganet Dukung Dico Ganinduto Jadi Walkot Semarang, Pengamat: Aspirasi Publik!

Oleh : Hariyanto | Senin, 26 Agustus 2024 - 11:00 WIB

Bupati Kendal Dico M Ganinduto
Bupati Kendal Dico M Ganinduto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Isu mundurnya Bupati Kendal Dico Ganinduto dari Bursa Calon Wali Kota Semarang untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ternyata menarik perhatian netizen di media sosial. Di media sosial, Dico justru banjir dukungan dari masyarakat melalui media sosial yang menginginkan agar dirinya tetap maju dalam Pilkada Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pakar Strategic Communication Tuhu Nugraha menilai jika dukungan publik dari media sosial bisa menjadi pertimbangan partai untuk mengusung Dico sebagai Calon Wali Kota Semarang. “Karena sudah jadi rahasia umum saat ini salah satu faktor keputusan menentukan calon adalah popularitas di media sosial," kata Tuhu kepada wartawan, Sabtu (24/8/2024). 

"Karenanya aspirasi media sosial sebagai salah satu penentu pengambilan keputusan partai menentukan calon kepala daerah adalah valid," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Kamilov Sagala mengatakan bahwa sensitifitas pemilih dapat dilihat dari capaian kinerja seorang calon dari daerah yang pernah dipimpinnya.

"Prestasi kinerja Dico ini dinilai masyarakat pemilih saat membangun Kota Kendal, ini jadi titik kinerja Dico yang bisa diuji dan bisa juga dilihat langsung oleh masyarakat," kata Kamilov.

Karena menurutnya, seorang yang dikenal saja tidaklah cukup untuk menjadi calon kandidat. Ia mengatakan bahwa pemilih sekarang sudah lebih kritis dan tajam dalam menilai seseorang.

"Mesin partai sebagai kendaraan memang bernilai tapi lebih punya nilai tinggi hasil kinerja yang bersangkutan. Jadi saat ini penilaian dari gerbong-gerbong partai itu hanya bernilai 25% saja," kata dia.

Karena, lanjutnya, nilai tertinggi nantinya akan ditentukan oleh masyarakat sebagai pemilih. Sehingga menurutnya, partai-partai politik jangan hanya melihat berapa kekuatan suplai kekuatan financial seseorang saja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Hotel

Jumat, 13 September 2024 - 16:52 WIB

OYO Catat Kenaikan Pendapatan Mencapai 9.5 Persen di Kuartal Kedua 2024

Pencapaian ini didorong oleh strategi OYO Indonesia melalui peningkatan penetrasi OYO sebagai platform digital penyedia akomodasi di kalangan wisatawan, serta ekspansi properti pada program…

Pegadaian Borong Penghargaan The Best Indonesian Contact Center 2024

Jumat, 13 September 2024 - 16:42 WIB

Pegadaian Borong Penghargaan di Ajang The Best Indonesian Contact Center 2024

PT Pegadaian berhasil meraih delapan penghargaan sekaligus dalam Gala Awards Ceremony The Best Indonesian Contact Center 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesian Contact Center Association…

PT Asuransi Allianz Life (IST)

Jumat, 13 September 2024 - 16:36 WIB

Allianz Syariah Gandeng Third Party Administrator untuk Tingkatkan Layanan Asuransi Kesehatan

Sebagai salah satu bentuk komitmennya kepada para peserta asuransi, Allianz Syariah telah bekerja sama dengan Third Party Administrator (TPA) Global Excel Indonesia sebagai pengelola cashless…

Kolaborasi Rumah123 dan Bank Mandiri

Jumat, 13 September 2024 - 16:20 WIB

Kolaborasi Strategis Rumah123 dan Bank Mandiri, Permudah Akses Properti Aset Bank Berkualitas

Bank Mandiri dan Rumah123 bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran dan akses masyarakat terhadap properti aset bank sebagai alternatif hunian terjangkau, dengan harga lebih rendah dari pasaran.

Mall Ilustrasi

Jumat, 13 September 2024 - 16:07 WIB

Lokasi Strategis dan Konsep Desain yang Inovatif Dinilai Mampu Tingkatkan Daya Saing Ritel

Tren positif semakin terlihat di sektor ritel. Dengan lalu lintas pengunjung yang terus meningkat, banyak pemilik mal bersiap untuk mengoptimalkan operasi dan fasilitas mereka. Selain berbelanja,…