Ancaman Krisis Pangan, Kementan Diminta Fokus Program untuk Bantu Petani

Oleh : Candra Mata | Senin, 26 Agustus 2024 - 07:38 WIB

Petani (Foto Dok Industry.co.id)
Petani (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Klaten, Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mengatakan pertanian merupakan yang sangat penting khususnya beras dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Oleh karena itu, Komisi VI melakukan kunjungan spesifik ke kabupaten Klaten guna melihat kondisi pertanian tanaman padi.

"Klaten ini salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang masih cukup bisa diandalkan untuk bisa memproduksi padi, sehingga kunjungan kami ini untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di Klaten," Kata Ono Surono dalam keterangannya usai kunjungan kerja di kawasan budi daya tanaman padi Klaten, Jawa tengah beberapa waktu lalu.

Ono Surono menerangkan, berdasarkan informasi yang diterima, kelompok tani mengeluhkan aliran irigasi jika terjadi musim kering. 

"Untuk (kebutuhan) air, saat ini memang musim kemarau jadi ada keinginan petani bagaimana (agar) sumber air bisa didapatkan. Kalau tidak dari sungai, dari saluran irigasi maka sumur bor dapat digunakan dan menjadi solusi, sehingga Kementerian Pertanian juga menawarkan solusi terkait dengan sumur bor tersebut,” terangnya.

Selain persoalan air, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini juga menyoroti permasalahan terkait dengan pupuk. Pihaknya terus memantau agar pupuk juga sesuai dengan peruntukannya, tepat jumlahnya, sesuai dengan kebutuhan petani. 

Ia menegaskan pula agar distribusi pupuk subsidi harus lebih disederhanakan lagi tanpa mengurangi terkait dengan aturan-aturan yang ada.

Ono Surono juga mengimbau kepada kementerian yang berkaitan dengan pangan. Bahwa krisis pangan sudah dialami di depan mata, maka kementerian harus lebih fokus dari sisi anggaran maupun program peningkatan produksi pangan tersebut.

Tidak kalah penting juga, politisi dari dapil Jawa Barat ini berpesan kepada mitra kerja Komisi IV DPR RI untuk terus menumbuhkan semangat untuk mereka yang berprofesi menghasilkan pangan untuk rakyat Indonesia. 

"Peran pemerintah paling tidak memberikan semangat kepada para petani di Indonesia itu menjadi keniscayaan. Salah satunya dengan insentif fasilitas, bantuan pendampingan dan penyuluhan,” tutupnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah dan Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin mendesak segera digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Desakan itu muncul menyikapi dinamika yang terjadi di tubuh Kadin, untuk mewujudkan wadah organisasi pengusaha yang netral sebagai mitra strategis pemerintah.

Jumat, 13 September 2024 - 18:49 WIB

Demi Netralitas, Kadin Daerah dan ALB Desak Segera Digelar Munaslub

Jakarta - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah dan Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin mendesak segera digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Desakan itu muncul menyikapi…

OYO Hotel

Jumat, 13 September 2024 - 16:52 WIB

OYO Catat Kenaikan Pendapatan Mencapai 9.5 Persen di Kuartal Kedua 2024

Pencapaian ini didorong oleh strategi OYO Indonesia melalui peningkatan penetrasi OYO sebagai platform digital penyedia akomodasi di kalangan wisatawan, serta ekspansi properti pada program…

Pegadaian Borong Penghargaan The Best Indonesian Contact Center 2024

Jumat, 13 September 2024 - 16:42 WIB

Pegadaian Borong Penghargaan di Ajang The Best Indonesian Contact Center 2024

PT Pegadaian berhasil meraih delapan penghargaan sekaligus dalam Gala Awards Ceremony The Best Indonesian Contact Center 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesian Contact Center Association…

Kodim 1710/Mimika Gelar Karya Bakti

Jumat, 13 September 2024 - 16:37 WIB

Sambut HUT Ke-79 TNI, Kodim 1710/Mimika Gelar Karya Bakti

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 TNI Tahun 2024, Kodim 1710/Mimika melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan masjid, bertempat di Masjid Al Fattah, Kelurahan Karang Senang,…

PT Asuransi Allianz Life (IST)

Jumat, 13 September 2024 - 16:36 WIB

Allianz Syariah Gandeng Third Party Administrator untuk Tingkatkan Layanan Asuransi Kesehatan

Sebagai salah satu bentuk komitmennya kepada para peserta asuransi, Allianz Syariah telah bekerja sama dengan Third Party Administrator (TPA) Global Excel Indonesia sebagai pengelola cashless…