Pembiayaan BSI Griya Tumbuh Positif, Tembus Rp54,34 Triliun

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 Agustus 2024 - 20:42 WIB

Ilustrasi rumah yang akan dibeli secara aqad syariah
Ilustrasi rumah yang akan dibeli secara aqad syariah

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatatkan kinerja positif pada segmen retail, termasuk sektor perumahan atau griya.

Hingga Juni 2024, pembiayaan BSI Griya menembus Rp54,34 triliun dengan kualitas pembiayaan yang semakin baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan bahwa pembiayaan BSI Griya berhasil meraih minat yang besar dari nasabah, terutama untuk pembelian rumah baru yang memiliki permintaan tinggi di masyarakat. Pembelian rumah dengan kisaran harga Rp500 juta-Rp2 miliar masih menjadi primadona pilihan masyarakat karena sesuai dengan rata-rata penghasilan profesi pegawai.

Selain pembelian rumah baru, kebutuhan akan renovasi rumah, pembelian rumah second dan takeover rumah juga menjadi produk pembiayaan yang dicari masyarakat.

“Kebutuhan ini mendorong BSI untuk memberikan berbagai alternatif solusi pembiayaan syariah bagi masyarakat dengan jangka waktu yang relatif panjang dan angsuran tetap, sehingga bagi anak-anak muda yang baru mau memiliki investasi rumah bisa memilih pembiayaan syariah,” jelas Anton.

Anton mengatakan bahwa pihaknya optimistis tren pembelian rumah akan terus mengalami peningkatan. Hal ini sejalan dengan stimulus yang diberikan pemerintah yaitu kebijakan program insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN DTP) melalui program PMK 007/2024, sehingga para investor bisa memiliki rumah baru tanpa harus membayar PPN. PPN DTP ini dapat dimanfaatkan untuk setiap satu orang pribadi atas perolehan 1 rumah tapak atau 1 rumah susun.

Orang pribadi yang telah memanfaatkan insentif PPN DTP sebelum berlakunya PMK 120/2023 pada tahun 2023 lalu dapat kembali memanfaatkan insentif PPN DTP ini.

Selain faktor kebijakan, menurut Anton, BSI juga melihat peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memiliki hunian yang layak dan sesuai dengan prinsip syariah sebagai faktor kunci dalam pertumbuhan ini. Pada posisi Juni 2024, terdapat lebih dari 200 ribu nasabah yang telah menikmati fasilitas BSI Griya.

Di sisi lain BSI juga turut serta dalam Program Pemerintah dan memperhatikan kebutuhan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dalam mendapatkan hunian melalui BSI Griya Subsidi.

“Permintaan terhadap pembiayaan syariah terus meningkat, terutama di segmen perumahan. Kami berkomitmen untuk terus menyediakan pembiayaan yang tidak hanya kompetitif dari sisi harga, tetapi juga memberikan keberlanjutan bagi nasabah”. ujar Anton.

Keberlanjutan tersebut yakni rumah yang dibeli, transaksinya dengan cara yang halal, berada di lokasi yang strategis dan menjaga kelestarian lingkungan serta dari sisi pembelinya bisa memberikan keberkahan. Angsuran yang tetap, jadi tidak mengganggu cashflow dan juga terjamin karena BSI bekerjasama dengan notaris-notaris yang mumpuni sehingga nasabah aman bertransaksi.

BSI Griya memberikan beberapa penawaran menarik seperti Special Price Merdeka mulai setara 7,90% fix sd 15 tahun yang berlaku sampai dengan September 2024, dan program BSI Griya Mabrur yang memberikan benefit berupa porsi haji / umrah/ paket wisata / emas senilai Rp 25,5 juta tanpa diundi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produksi Alas Kaki (Foto BBC.com)

Jumat, 13 September 2024 - 06:20 WIB

Ini Wujud Komitmen Kemenperin Kembangkan Industri Alas Kaki Nasional

Industri alas kaki lokal kini semakin diminati oleh pasar dalam negeri maupun pasar global. Berbagai jenama lokal kini telah hadir dan berkembang, serta mampu bersaing dengan produk bermerek…

Para peserta CPNS (ist)

Jumat, 13 September 2024 - 06:15 WIB

Kabar Gembira! Kemenperin Buka 971 Formasi CPNS untuk Tahun 2024

Kementerian Perindustrian membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 dengan total alokasi kebutuhan sebanyak 971 formasi, yang meliputi 925 tenaga teknis, 43 tenaga guru,…

Bluebird group

Jumat, 13 September 2024 - 05:45 WIB

13 Ribu Barang Tertinggal di Armada Bluebird Group Kembali ke Pelanggan Sepanjang Tahun 2024

Di tengah persaingan layanan mobilitas yang semakin ketat, Bluebird tetap berkomitmen pada nilai integritas dan pelayanan Prima, yang dibuktikan melalui pengembalian barang ketinggalan di armada.…

Sushi Tei Gelar Talk show Halal di Kota Kasablanka beberapa hari lalu

Jumat, 13 September 2024 - 05:30 WIB

Sushi-Tei Komitmen Kehalalan Rangkul Masyarakat Pecinta Kuliner di Tanah Air

Untuk meningkatkan kenyamanan konsumen saat bersantap, PT Sushi-Tei Indonesia atau lebih dikenal dengan Sushi Tei Group, sebuah grup restoran terkemuka yang fokus pada makanan khas Jepang di…

IN2MF Paris 2024 menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia

Kamis, 12 September 2024 - 22:51 WIB

Modest Fashion Indonesia Kembali Menembus Pasar Global di IN2MF Paris 2024

IN2MF Paris 2024 yang kembali digelar di Paris, Prancis menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia