Diaspora Berperan Besar Sebagai 'Brand Ambassador' Diplomasi Ekonomi Indonesia

Oleh : Candra Mata | Jumat, 23 Agustus 2024 - 20:21 WIB

Diaspora Engagment Summit di AS
Diaspora Engagment Summit di AS

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Diaspora Indonesia dapat memainkan peran besar dalam diplomasi ekonomi Indonesia dengan menjadi good storyteller dan brand ambassador untuk mempromosikan Indonesia dan menjadi agen integrasi ekonomi Indonesia di tingkat global. 

Demikian disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Nugraha Mansury dalam sesi pleno Diaspora Engagement Summit yang diselenggarakan oleh Indonesian Diaspora Network-United di Jakarta (19/8).

Wamenlu Pahala menjelaskan mengenai potensi diaspora Indonesia yang diestimasikan mencapai 8 (delapan) juta jiwa di seluruh dunia. Hal ini memberikan banyak peluang, dalam bentuk modal, bakat, dan lainnya.

Wamenlu Pahala menjabarkan peran utama diaspora Indonesia untuk berkontribusi pada pertumbuhan Indonesia.

Pertama, diaspora Indonesia memiliki potensi untuk mengisi kesenjangan talenta, terutama di sektor strategis seperti kesehatan, energi, dan manufaktur berteknologi tinggi. 

Dengan adanya peningkatan jumlah diaspora Indonesia di negara-negara OECD, hal ini membuka akses terhadap pendidikan, teknologi, dan pengembangan kapasitas di sektor prioritas tersebut.

Kedua, diaspora Indonesia dapat berperan sebagai 'brand ambassador' untuk mempromosikan potensi ekonomi Indonesia.  Pada saat yang sama, dapat membantu menepis narasi yang tidak benar, termasuk melawan kebijakan-kebijakan yang diskriminatif terhadap produk-produk Indonesia, misalnya, minyak kelapa sawit, biofuel, dan kebijakan hilirisasi industri.

Ketiga, Diaspora Indonesia dapat berperan untuk memfasilitasi integrasi perekonomian Indonesia terhadap perekonomian global, dengan mempromosikan Indonesia sebagai mitra dagang dan investasi serta tujuan wisata yang potensial.

Lebih lanjut, Wamenlu Pahala menjelaskan Pemerintah Indonesia terus mengupayakan enabling environment untuk memberdayakan dan meningkatkan pelibatan diaspora Indonesia untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi.

Pertama, menggunakan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) sebagai instrumen strategis untuk membangun basis data dan memetakan potensi diaspora Indonesia.

Kedua, integrasi KMILN dengan layanan jasa keuangan. Kemlu RI saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan bank seperti Bank BNI dan Bank Mandiri, guna memungkinkan penggunaan KMILN sebagai identitas yang sah bagi diaspora Indonesia untuk membuka rekening bank dan mengakses fasilitas perbankan Indonesia.

Ketiga, Mobilisasi talenta pada sektor strategis seperti kesehatan, ekonomi hijau termasuk transisi energi, dan digital. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Diaspora Visa dan Visa for Global Talent, serta sedang dibahas nya fasilitas lain seperti izin tinggal dan kerja untuk diaspora.

Keempat, finalisasi Grand Strategy yang ditujukan untuk menjadi blueprint untuk kementerian/lembaga terkait untuk menyusun kebijakan yang mendukung peran diaspora Indonesia untuk pembangunan nasional.

"Saya optimis bahwa dengan dukungan dari diaspora Indonesia, Visi Indonesia Emas 2045 dapat terwujud dan akan semakin mendorong Indonesia untuk mencapai status sebagai negara maju di masa yang akan datang," pungkas Wamenlu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produksi Alas Kaki (Foto BBC.com)

Jumat, 13 September 2024 - 06:20 WIB

Ini Wujud Komitmen Kemenperin Kembangkan Industri Alas Kaki Nasional

Industri alas kaki lokal kini semakin diminati oleh pasar dalam negeri maupun pasar global. Berbagai jenama lokal kini telah hadir dan berkembang, serta mampu bersaing dengan produk bermerek…

Para peserta CPNS (ist)

Jumat, 13 September 2024 - 06:15 WIB

Kabar Gembira! Kemenperin Buka 971 Formasi CPNS untuk Tahun 2024

Kementerian Perindustrian membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 dengan total alokasi kebutuhan sebanyak 971 formasi, yang meliputi 925 tenaga teknis, 43 tenaga guru,…

Bluebird group

Jumat, 13 September 2024 - 05:45 WIB

13 Ribu Barang Tertinggal di Armada Bluebird Group Kembali ke Pelanggan Sepanjang Tahun 2024

Di tengah persaingan layanan mobilitas yang semakin ketat, Bluebird tetap berkomitmen pada nilai integritas dan pelayanan Prima, yang dibuktikan melalui pengembalian barang ketinggalan di armada.…

Sushi Tei Gelar Talk show Halal di Kota Kasablanka beberapa hari lalu

Jumat, 13 September 2024 - 05:30 WIB

Sushi-Tei Komitmen Kehalalan Rangkul Masyarakat Pecinta Kuliner di Tanah Air

Untuk meningkatkan kenyamanan konsumen saat bersantap, PT Sushi-Tei Indonesia atau lebih dikenal dengan Sushi Tei Group, sebuah grup restoran terkemuka yang fokus pada makanan khas Jepang di…

IN2MF Paris 2024 menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia

Kamis, 12 September 2024 - 22:51 WIB

Modest Fashion Indonesia Kembali Menembus Pasar Global di IN2MF Paris 2024

IN2MF Paris 2024 yang kembali digelar di Paris, Prancis menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia