Siap Dukung Pemenuhan Kebutuhan Listrik Jawa - Bali, Hutama Karya Rampungkan PLTGU Tambak Lorok Blok 3

Oleh : Candra Mata | Jumat, 23 Agustus 2024 - 18:23 WIB

Hutama Karya Rampungkan PLTGU Tambak Lorok Blok 3
Hutama Karya Rampungkan PLTGU Tambak Lorok Blok 3

INDUSTRY.co.id - Semarang – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali mencatat kemajuan dalam proyek Engineering, Procurement & Construction (EPC) yang tengah digarap dengan merampungkan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok Blok 3 yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah sejak bulan Juni 2024 lalu. 

Proyek pembangkit listrik hasil Kerja Sama Operasi (KSO) antara Hutama Karya dengan kontraktor internasional yakni General Electric (GE) dan Marubeni Corporation (MC) (KSO GE-MC-HK) ini berhasil rampung dengan kualitas baik setelah digarap sejak 2017 lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menjelaskan dengan nilai investasi sebesar Rp 4,8 Triliun, kehadiran PLTGU ini memiliki kapasitas sebesar 779 Megawatt (MW), yang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan listrik di wilayah Jawa dan Bali.

“Rampungnya proyek ini menambah portofolio Hutama Karya pada proyek EPC. Ini merupakan pencapaian besar perusahaan dalam menghasilkan proyek yang dapat meningkatkan kapasitas listrik nasional, terutama dengan adopsi teknologi canggih yang belum pernah diterapkan di Asia Pasifik,” ujar Adjib.

Lebih lanjut Adjib menyampaikan bahwa dalam proyek ini, Hutama Karya berhasil menyelesaikan pekerjaan sipil yang meliputi perbaikan tanah, pembangunan struktur dan bangunan, serta instalasi peralatan. 

“PLTGU Tambak Lorok Blok 3 akan menjadi pembangkit listrik pertama di Asia Pasifik yang mengadopsi teknologi turbin gas HA (High-efficiency Air-cooled), dimana memungkinkan efisiensi energi yang optimal melalui kombinasi pembangkit tenaga gas dan uap yang telah memenuhi standar manajemen kualitas lingkungan internasional,” imbuh Adjib.

Dalam penyelesaiannya, proyek ini menghadapi tantangan cuaca dikarenakan area proyek yang berada pada area Pelabuhan Tanjung Emas sehingga sering kali mengalami banjir rob, sementara tantangan lainnya yakni pembangunan proyek ini melewati kondisi Pandemi Covid-19. 

Menjawab tantangan tersebut, KSO GE-MC-HK melakukan beberapa strategi melalui optimalisasi manajemen proyek yang solid dan kolaborasi erat dengan supplier lokal dan nasional sehingga proyek ini dapat diselesaikan dengan baik.

Kolaborasi yang solid ini juga berfungsi sebagai katalis untuk pertukaran ilmu bagi perusahaan lokal dalam membangun PLTGU.

PLTGU Tambak Lorok merupakan Proyek Pembangkit Listrik milik PT PLN Indonesia Power, anak perusahaan PT PLN (Persero), yang menjadi salah satu penugasan Pemerintah dan secara khusus bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di area Jawa dan Bali.

“Sebelum dioperasikan pembangkit listrik ini rencananya akan diresmikan terlebih dahulu oleh Direktur Utama PLN,” tutup Adjib Al Hakim.

Di samping PLTGU Tambak Lorok Blok 3, Hutama Karya telah mengantongi sejumlah portofolio proyek pembangkit listrik sejak tahun 2010. Proyek tersebut diantaranya PLTM Parmonangan-2 berkapasitas 2 x 5 MW di Sumatera Utara; PLTM Gunung Wugul berkapasitas 2 x 1,5 MW di Jawa Barat; dan PLTM Harjosari berkapasitas 3 x 3,3 MW di Jawa Tengah. 

Selain itu, Hutama Karya juga mengerjakan beberapa mega proyek pembangkit listrik lain, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya berkapasitas 2 x 1000 MW di Cilegon, Banten; PLTGU Muara Tawar berkapasitas Add on 650 MW di Bekasi, Jawa Barat; dan PLTU Grati di Pasuruan, Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kegiatan Kerja Bakti Koramil 07/Mapurujaya bersama warga kampung membersihkan jalan dan drainase sekaligus memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat.

Sabtu, 14 September 2024 - 14:44 WIB

Wujudkan Lingkungan Bersih, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Bersama Warga Kampung Gotong Royong Bersihkan Jalan dan Drainase

Dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri, Babinsa Koramil 07/Mapurujaya Kodim 1710/Mimika Sertu Yulius Nampe bersama warga Kampung Poumako gotong royong membersihkan jalan di RT 9 Kampung…

KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL

Sabtu, 14 September 2024 - 14:20 WIB

Siaga Eskalasi Konflik, Satgas MTF XXVIII-0/UNIFIL Laksanakan Latihan Rencana Kontijensi

(Puspen TNI) - Guna mengantisipasi situasi Lebanon yang secara umum masih rawan terkendali dan eskalasi konflik, KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL…

Peluncuran mesin cuci Toshiba

Sabtu, 14 September 2024 - 10:39 WIB

Toshiba Luncurkan Mesin Cuci Terbaru Berteknologi Canggih untuk Lindungi Kulit Keluarga

Produsen elektronik global Toshiba meluncurkan produk mesin cuci terbaru dalam acara  bertajuk "Cleaner Clothes, Healthier Skin #UltimateHygieneMatters" di Jakarta, Jumat (13/9/2024). Produk…

Presiden Jokowi Pimpin Sidang Paripurna Terkahir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

Sabtu, 14 September 2024 - 09:11 WIB

Panglima TNI Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Terakhir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda IKN

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) Ke-2 sekaligus Sidang Kabinet Paripurna terakhir pada masa pemerintahan Kabinet Indonesia Maju…

Prof. Ari Fahrial Syam menawarkan kombinasi unik antara pengalaman lapangan, keahlian medis, kepemimpinan akademis, dan visi internasional

Sabtu, 14 September 2024 - 08:39 WIB

Prof. Ari Fahrial Syam dan Rencana Transformasi UI di Era Global

Universitas Indonesia (UI) tengah melakukan seleksi pemilihan calon rektor periode 2024-2029. Salah satu nama yang masuk dalam bursa tersebut adalah Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH,…