Kemenperin Gandeng Krakatau Posco, Tempa Kompetensi SDM Industri Baja

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 22 Agustus 2024 - 05:39 WIB

Kemenperin Gandeng Krakatau Posco, Tempa Kompetensi SDM Industri Baja
Kemenperin Gandeng Krakatau Posco, Tempa Kompetensi SDM Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Industri logam dasar terus konsisten menunjukkan kinerja yang gemilang, terlihat dari pertumbuhannya paling tinggi dibanding sektor lainnya, dengan mencapai angka 18,07 persen pada semester I tahun 2024. 

Pertumbuhan ini didorong tingginya permintaan domestik dan luar negeri. Komoditas logam dasar juga mengalami peningkatan volume ekspor yang cukup tinggi dengan mencapai 25,2 persen untuk logam dasar besi dan baja, serta 24,29 persen untuk pengecoran logam.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif melalui pelaksanaan berbagai program dan kebijakan strategis guna membangun industri manufaktur yang berdaya saing global. “Untuk memperkokoh industri logam dasar, yang menjadi salah satu concern Kemenperin adalah menyiapakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten,” tutur Menperin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (21/8).

Untuk menyediakan dan meningkatkan kompetensi calon SDM industri agar semakin produktif dan berdaya saing, Kemenperin menyelenggarakan berbagai program, di antaranya melalui pendidikan vokasi reguler, kelas khusus industri, pendidikan setara Diploma 1 dan pelatihan jangka pendek. 

“Saat ini telah dilaksanakan program kelas industri baja di Politeknik Industri Petrokimia Banten yang bekerja sama dengan PT. Krakatau Posco,” ujar Kepala Pusat Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPVI) Kemenperin Wulan Aprilianti Permatasari, mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Masrokhan.

Wulan menyampaikan, kegiatan establishment Kelas Teknologi Industri Baja (KTIB) di Politeknik Industri Petrokimia Banten di Serang bertujuan untuk memberdayakan SDM daerah. “Dari 20 orang peserta yang telah lolos seleksi dan tergabung di kelas ini, mayoritas adalah para calon mahasiswa dari wilayah Provinsi Banten dan beberapa wilayah lainnya. Kami mengutamakan pemberian kesempatan bagi putra-putri terbaik daerah setempat untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan daerahnya melalui perusahaan yang berada di wilayah sekitar tempat tinggal mereka,” paparnya.

Lulusan kelas khusus industri yang memenuhi kriteria tersebut bisa mendapatkan pengalaman bekerja lapangan di Krakatau Posco. Selanjutnya, melalui kerja sama ini, diharapkan tenaga kerja unggul industri baja Indonesia dapat menjalankan program kerja langsung di Posco Korea dan perusahaan baja mitranya.

“Sebagai kelas industri pertama di Politeknik Industri Petrokimia Banten, saya berharap program ini dapat berjalan dengan baik sehingga akan membuka peluang pengembangan kelas-kelas industri lainnya,” ujar Wulan.

Menurutnya, perjalanan Politeknik Industri Petrokimia Banten masih sangat panjang, untuk itu perlu mempersiapkan diri dalam mewujudkan ‘One vocational unit, one great achievement’ yang menjadi motto dan target kinerja dari setiap politeknik Kemenperin.

Kerja sama tesebut mendapatkan apresiasi dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Humaidi. "Kami sangat senang sekali dengan adanya kerja sama Krakatau Posco dengan Politeknik Industri Petrokimia Banten ini yang meningkatkan penyerapan SDM yang ada di wilayah Banten," kata Humaidi.

Sementara itu, Presiden Direktur Krakatau Posco, Bum-su Jung mengemukakan, pihaknya membuka peluang kerja sama lainnya pada waktu mendatang. “Acara peresmian hari ini merupakan awal kerja sama baru antara Kemenperin dengan Krakatau Posco. Untuk itu, kami berharap dapat bekerja sama di lebih banyak bidang seperti penguatan perusahaan baja dan pengembangan teknologi di Indonesia,” ungkapnya.

Kemenperin sendiri menanungi 11 politeknik, dua akademi komunitas, dan sembilan SMK yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Masing-masing unit pendidikan memiliki hubungan baik dengan mitra industri untuk mencetak calon SDM industri yang unggul di berbagai sektor industri.

Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan salah satu unit pendidikan naungan Kementerian Perindustrian yang memiliki kekhususan di bidang petrokimia dengan program studi D3 Teknologi Proses Industri Petrokimia, D3 Teknologi Mesin Industri Petrokimia, dan D3 Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia. Selain program reguler, politeknik tersebut juga membuka kelas khusus seperti kelas industri baja yang baru saja dibuka.

“Saya berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk masa depan mereka. Mari kita terus bekerja sama dalam mewujudkan tujuan bersama dan menciptakan masa depan yang lebih cerah,” ujar Supardi, Direktur Politeknik Industri Petrokimia Banten.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IN2MF Paris 2024 menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia

Kamis, 12 September 2024 - 22:51 WIB

Modest Fashion Indonesia Kembali Menembus Pasar Global di IN2MF Paris 2024

IN2MF Paris 2024 yang kembali digelar di Paris, Prancis menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia

Tekko Signature Panglima Polim resmi dibuka sejak Agustus 2024 dengan konsep baru.

Kamis, 12 September 2024 - 22:33 WIB

Tekko Signature Panglima Polim Kenalkan Konsep Baru dan Menu Eksklusif

Tekko Signature Panglima Polim menjadi gerai pertama yang mengusung konsep baru, melengkapi dua kategori layanan sebelumnya, yaitu Tekko dan Tekko Premium.

Pelayanan di kantor Bank DKI

Kamis, 12 September 2024 - 21:56 WIB

Nasabah Ikut Bangga! Bank DKI Raih Penghargaan The Best Contact Center Indonesia 2024

Jakarta – Bank DKI berhasil meraih 2 (dua) penghargaan sekaligus sebagai The Best Reporting Team – Gold, dan The Best Agent Inbound – Gold, dalam ajang The Best Contact Center Indonesia…

Penyerahan sertifikasi Lab Operational Licence (LOL) dari Kemenkes pada acara peresmian Pabrik Sel Punca Daewoong

Kamis, 12 September 2024 - 21:36 WIB

Daewoong Resmikan Pabrik Sel Punca, Dukung Pengembangan Industri Farmasi dan Biofarmasi di Indonesia

Daewoong Biologics Indonesia (DBI), anak perusahaan lokal Daewoong Pharmaceutical, mengumumkan bahwa pabrik sel punca yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka Cikarang telah menerima sertifikasi…

Bincang-Bincang Literasi bersama Duta Baca Indonesia, yang digelar di Kota Palangka Raya, Kamis (13/9/2024).

Kamis, 12 September 2024 - 21:36 WIB

Literasi Sebagai Kunci Pembangunan Karakter Generasi Emas 2045

Kekayaan budaya Indonesia akan tetap lestari jika masyarakatnya memiliki pengetahuan literasi yang baik.