Jababeka Gandeng Auk Industries Gelar Workshop Dukung Tenant Adopsi Teknologi 4.0

Oleh : Ridwan | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 13:30 WIB

Workshop teknologi industry 4.0
Workshop teknologi industry 4.0

INDUSTRY.co.id - Cikarang – PT Jababeka Tbk, melalui salah satu anak usahanya PT Jababeka Infrastruktur bekerjasama dengan Auk Industries, sukses menggelar workshop untuk membantu para tenant Kawasan Industri Jababeka menjalankan operasional produksi yang lebih efisien, pada Selasa (6/8) lalu, di Fablab Correctio, Kawasan Jababeka-Cikarang.

Mengusung tema "Achieving Operational Excellence", workshop ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Jababeka dalam mendorong pertumbuhan ekosistem teknologi di Indonesia, terutama di Correctio sebagai wadah pusat inovasi, solusi dan teknologi dalam mempertemukan startup dengan industri yang ada di Kawasan Jababeka.

Sekadar informasi, Correctio adalah sebuah kawasan di Kawasan Jababeka Cikarang sebagai “The New Sillicon Valley” Indonesia dengan Fablab Jababeka sebagai driver dari Correctio bersama dengan pilar Society 5.0, Industry 4.0, dan Transit Oriented Development (TOD).

“Kami berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi para pelaku industri di Kawasan Jababeka melalui program-program yang bisa meningkatkan kualitas operasional mereka. Dengan menggandeng Auk Industries, kami yakin workshop ini akan membantu perusahaan-perusahaan di kawasan kami meraih keunggulan operasional melalui implementasi lean manufacturing,” kata Iman Firmansyah Head of Fablab Correctio.

Dijelaskan Felius Yuseli - Head Business Development AUK Industries Indonesia, lean manufacturing atau produksi ramping ialah upaya menghilangkan pemborosan di semua tingkat dalam seluruh sistem manufaktur dan merancang suatu metode atau tata letak yang membuat kinerja produksi jadi lebih baik. 

Penghilangan pemborosan biasanya terkait sistem produksi, mulai dari waktu siklus, material, tenaga kerja, energi dan lain sebagainya. Di mana pemborosan ini tergolong kategori tersembunyi, yang berdampak kegiatan produksi terganggu. 

Lebih dalam, Felius menerangkan bahwa cara menerapkan lean manufacturing ialah dengan mengadopsi teknologi industri 4.0. Sebab, saat ini sudah ada teknologi industri dengan sistem internet of Things (IoT) yang dengan mudah bisa membaca keadaan sebuah area produksi dan maintenance mesin. 

Dengan perangkat yang dihubungkan ke mesin dan terhubung juga ke internet dan terintegrasi sistem cloud, "sistem" ini bisa membantu mengumpulkan data-data secara otomatis, transparan dan realtime. Alhasil, teknisi perusahaan pun bisa menganalisa dan mengambil keputusan yang cepat untuk operasional produksi yang lebih efisien. 

Contoh konkret penggunaan “perangkat analisa” ini, setelah proses screening teknisi bisa mengetahui bahwa mesin yang seharusnya memproduksi 100 unit ternyata hanya mampu mencapai 80 unit karena ada bagian yang perlu diperbaiki. Sebaliknya, mungkin saja mesin tersebut mampu melebihi 100 unit. 

Selain itu, teknisi juga bisa menemukan bahwa mesin tidak bisa beroperasi maksimal selama delapan jam penuh karena ada komponen yang memerlukan perawatan.

Di samping itu, jika perawatan mesin produksi dahulu dilakukan secara manual. Tapi dengan perangkat analisa ini, mesin-mesin bisa secara otomatis mengumpulkan data secara detail dalam bentuk visual. 

“Sehingga, teknisi sudah tahu mana bagian mesin produksi yang perlu dilakukan perawatan, sehingga pengerjaan lebih tepat dan cepat,” urai Felius.

Saat ini sudah banyak perusahaan memakai perangkat ini untuk melakukan transformasi ke industri 4.0. Salah satu perusahaan penyedia solusi IoT yang banyak dipercayai ialah Auk Industries. 

Hal itu bisa terjadi, kata Felius, karena perangkat analisa mesin produksi pihaknya bisa membantu berbagai sektor industri, yaitu  F&B, consumer products, metal processing dan precision engineer, cetakan polimer (molding), packaging, dan elektronik dan semicon.

"Mengapa lean manufacturing sangat penting diterapkan perusahaan saat ini? Karena bisa membuat bisnis tetap kompetitif di pasar. Dengan mengintegrasikan dengan alat yang kami miliki, perusahaan bisa mencapai peningkatan efisiensi dan penghematan biaya yang signifikan, yaitu 10-30%," kata Felius.

Adapun animo dari workshop ini sangat luar biasa. Total partisipan mencapai 40-an tenant aktif bertanya implementasi lean manufacturing. Tak hanya itu, peserta juga akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam sesi interaktif dan kegiatan praktis untuk memperkuat pembelajaran mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM Craft binaan BRI

Selasa, 25 Februari 2025 - 05:50 WIB

Lewat UMKM EXPO(RT) BRI Buka Jalan Pengusaha UMKM Rajut Tembus Pasar Ekspor

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berkembang dan menembus pasar global. Salah…

Pemenang Lomba Kuali Sedaap Bersama Perwakilan Kecap Sedaap

Senin, 24 Februari 2025 - 22:43 WIB

Pesta Kuliner Sedaap 2025: Surga Kuliner Nusantara Sambut Ramadan di Depok

Diselenggarakan di Pesona Square Mall pada 22 Februari 2025, Pesta Kuliner Sedaap 2025 menjadi surga bagi pecinta kuliner menjelang Ramadan.

Wardah persembahkan tujuh pilar misi bagi perempuan Muslim Indonesia terhubung lebih kuat dengan Al-Qur’an.

Senin, 24 Februari 2025 - 22:14 WIB

Wardah Ajak Perempuan Menangkan Langkah Kebaikan Lewat Journey to Ramadan 2025

Melalui Wardah Journey to Ramadan: Menangkan Langkah Kebaikan, Wardah ingin mendukung perempuan agar siap menyambut Ramadan dengan semangat Brave Beauties

FANTA Rasa Fruit Punch edisi spesial Ramadan hadir untuk melengkapi keceriaan di momen berbuka puasa

Senin, 24 Februari 2025 - 21:50 WIB

FANTA Rasa Fruit Punch Baru Edisi Spesial Ramadan, Ajak Masyarakat Berkreasi

FANTA Ajak Masyarakat Kreasikan FANTA Rasa Fruit Punch baru Edisi Spesial Ramadan untuk Lengkapi Menu Berbuka Puasa.

Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono

Senin, 24 Februari 2025 - 21:40 WIB

KIJA Melampaui Target Dengan Marketing Sales Rp3,19 Triliun di 2024

PT Jababeka Tbk ("KIJA") merealisasikan Rp3,19 triliun penjualan pemasaran real estat (marketing sales) untuk tahun 2024, meningkat 28% dibandingkan target awal Rp2,5 triliun. Pada paruh kedua…