Diresmikan Jokowi, PT BTR New Energy di Kawasan Industri Kendal Siap Jadi Pabrik Anoda Terbesar Ke-2 di Dunia

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 08 Agustus 2024 - 13:23 WIB

Presiden Jokowi resmikan Pabrik ke 2 PT Indonesia BTR New Energy Material di Kawasan Industri Kendal
Presiden Jokowi resmikan Pabrik ke 2 PT Indonesia BTR New Energy Material di Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - KIK Kendal – Secara resmi PT Indonesia BTR New Energy Material melakukan peresmian pembukaan pabrik komponen baterai listrik Anoda di Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, Jawa Tengah. 

Peresmian ini turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Investasi, Perwakilan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, serta beberapa pemerintah daerah.

BTR sendiri merupakan perusahaan asal China yang berdiri sejak tahun 2000 dan saat ini telah berhasil menjadi Pabrik Anoda terbesar nomor satu di dunia. 

Kemudian di akhir tahun 2023, BTR memutuskan untuk berekspansi ke Indonesia dengan nilai investasi sebesar USD 478 juta di tahap pertama, kemudian USD 299 juta pada tahap berikutnya.  Dengan berdirinya pabrik BTR ini, diproyeksi akan ada 7,800 tenaga kerja terserap dengan penyerapan 6,000 tenaga lokal pada saat konstruksi, dan 1,800 tenaga kerja lokal pada saat beroperasi di tahap pertama dan kedua.

Setelah resmi beroperasi, PT Indonesia BTR New Energy Material akan memproduksi material anoda sebanyak 80,000 ton, sembari terus melakukan perluasan pembangunan di lokasi yang sama. Pembangunan tahap dua akan segera dimulai dan ditargetkan selesai pada kuarter pertama 2025 dengan kapasitas produksi tambahan sebesar 80,000 ton per tahun. 

Dengan total produksi sebesar 160,000 ton per tahun, maka ini menjadikan Indonesia sebagai produsen bahan anoda baterai lithium-ion terbesar kedua di dunia setelah China.
 
Dalam acara peresmian, Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia saat ini sedang fokus untuk melakukan hilirisasi industri, yang tidak hanya di komoditas nikel tapi juga tembaga, timah, dan lain-lain, termasuk di dalamnya komponen kendaraan listrik. 

“Karena Indonesia ingin membangun ekosistem kendaraan Listrik, membangun ekosistem EV yang terintegrasi menjadi hal yang harus dilakukan untuk menjadikan kita bagian penting dari rantai pasok dunia," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip redaksi dari keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Kamis (8/8/2024).

Asalbtau saja, hasil produksi dari pabrik BTR ini akan disuplai ke beberapa brand seperti BYD, SK Group, LG, Samsung, dan bebagai perusahaan terkemuka lainnya. Serta melakukan ekspor ke berbagai perusahaan terkemuka di Amerika, Eropa, Jepang hingga Korea.
 
Ditemui secara langsung, He Xueqin selaku Chairman dari BTR New Material Group mengungkapkan tujuan dan harapannya berinvestasi di Indonesia.

“Selain mendukung program hilirisasi pemerintah, kami berharap proyek ini juga dapat meningkatkan devisa negara. Kami juga berharap proyek BTR ini dapat mendukung Indonesia untuk berintegrasi ke dalam rantai pasokan global bahan baterai lithium dan menjadi pemain global dalam ekosistem baterai dan kendaraan listrik," paparnya.
 
Adapun kedepannya, guna memenuhi permintaan atas green product, BTR akan menggunakan energi dari gas, serta berkomitmen untuk melakukan transisi energi dan berencana untuk melakukan perjanjian jual beli listrik hijau dengan PT. PLN (Persero) pada tahap kedua.

Setyono Djuandi Darmono, Founder & Presiden Direktur PT Jababeka Tbk selaku perusahaan Joint Venture dari PT Kawasan Industri Kendal mengungkapkan multiplier efek yang diciptakan dari keberadaan BTR di KEK Kendal. 

“Saat ini, industri otomotif dan renewable energy mulai menjadi trend baru di KEK Kendal. Tentunya kami berharap dengan beroperasinya BTR, hal ini akan menarik industri renewable energy dan otomotif lainnya untuk masuk dan terciptanya ekosistem industri terintegrasi di dalam Kawasan. Selain itu dengan semakin bertumbuhnya industri di dalam kawasan, diharapkan dapat memperluas penyerapan tenaga kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan juga nasional” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Head of Portfolio Analytical Group PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat tengah memberikan paparan di kegiatan Goes to Campus yang bertajuk "Literasi Keuangan". Kegiatan tersebut berlangsung di Universitas Trisakti, Selasa (24/09/2024).

Jumat, 27 September 2024 - 17:52 WIB

Pahami Risiko Investasi, IFG Ajak Generasi Milenial dan Gen Z Kelola Keuangan dengan Bijak

Jakarta- Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen mendorong penguatan literasi finansial khususnya terkait investasi bagi milenial dan Gen…

Pipa Vinilon KRAH Berdiameter 3000mm Hingga 100 Tahun Pemakaian

Jumat, 27 September 2024 - 17:27 WIB

Dahsyat! Pipa Vinilon KRAH Berdiameter 3000mm Hingga 100 Tahun Pemakaian Turut Andil Memajukan Infrastruktur di Indonesia.

Vinilon Group adalah produsen dan distributor sistem perpipaan HDPE dan uPVC terbaik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1963 dan berkomitmen penuh dalam menghasilkan produk pipa berkualitas tinggi…

Astragraphia Luncurkan Fujifilm Apeos C2450 S

Jumat, 27 September 2024 - 16:45 WIB

Astragraphia Luncurkan Printer Multifungsi Berwarna Fujifilm Apeos C2450 S

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melalui unit usaha Solusi Dokumen meluncurkan printer multifungsi A3 berwarna, Fujifilm Apeos C2450 S. Printer ini didesain untuk memenuhi kebutuhan modern…

Founder & Chairman ALETRA, Megusdyan Susanto

Jumat, 27 September 2024 - 16:14 WIB

Chairman ALETRA Beberkan Visi Besar Proyek Fasilitas R&D Center Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia

ALETRA, merek mobil listrik hasil kerja sama antara PT Aletra Mobil Nusantara dan LIVAN Auto, anak perusahaan dari Geely Group, secara resmi memulai pembangunan pusat penelitian dan pengembangan…

Aset Holding BUMN Pangan Terus Tumbuh, ID FOOD Siap Eksekusi Sejumlah Program Strategis Ketahanan Pangan

Jumat, 27 September 2024 - 16:06 WIB

Aset Holding BUMN Pangan Terus Tumbuh, ID FOOD Siap Eksekusi Sejumlah Program Strategis Ketahanan Pangan

Jakarta – Langkah penguatan sektor pangan nasional perlu didukung keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dapat diandalkan dalam menjalankan program-program ketahanan pangan pemerintah.…