Bamsoet Dukung Kementan Perkuat Program Makan Gizi Gratis

Oleh : Wiyanto | Selasa, 06 Agustus 2024 - 17:01 WIB

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Menteri Andi Amran Sulaiman
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Menteri Andi Amran Sulaiman

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung penuh upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mempersiapkan program makan bergizi gratis melalui penguatan produksi dalam negeri.

Dengan demikian, kata dia, Indonesia tak perlu lagi bergantung pada kebijakan impor karena semua kebutuhannya sudah dipersiapkan secara baik.

"Saya kira Kementerian Pertanian sudah siap terutama untuk mengurangi impor. Dan ini kita berupaya terus mendorong Kementan memperkuat produksi dalam negeri. Saya rasa itu jauh lebih baik," ujar Bamsoet saat menggelar audiensi bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Kantor Pusat Kementan, Selasa, 6 Agustus 2024.

Menurut Bamsoet, makan bergizi gratis adalah perintah negara yang memiliki perhatian khusus pada peningkatan kualitas SDM serta kesejahteraan rakyat. Karena itu, dia mengaku optimis program tersebut adalah program tepat yang bisa membawa Indonesia jauh lebih kuat dan berkualitas.

"Makan gizi ini adalah perintah negara untuk mensejahterakan rakyat sekaligus meningkatkan pendidikan dan intelektual masyarakat agar lebih baik dan berkualitas," katanya.

Bamsoet mengatakan, pemenuhan gizi bagi anak-anak bangsa mutlak dilakukan agar Indonesia mampu sejajar dengan negara-negara maju seperti China, Korea dan Jepang. Maka itu, pertanian menjadi sektor penting sekaligus garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan dan asupan.

"Ya mereka (negara maju) memiliki gizi yang baik, asupan kalori yang cukup dari anak-anak sampai ke dewasa. Nah kita harus bisa melaksanakan persiapan ini dari sekarang. Mudah-mudahan dengan program bergizi ini dalam kemampuan 5-10 tahun ke depan Kita bisa mengejar ketinggalan kemampuan anak-anak kita," katanya.

Bamsoet menegaskan bahwa apa yang dilakukan Menteri Pertanian saat ini sudah sangat tepat, yaitu meningkatkan produksi dalam negeri untuk menekan impor. Dia berharap, persiapan ini mampu mensukseskan program Presiden terpilih ketika dilantik pada Oktober mendatang.

"Pak Menteri tadi menyampaikan bahwa Kementan sudah mempersiapkan (program makan bergizi gratis) lebih awal sehingga nanti begitu pelantikan Presiden terpilih program ini sudah berjalan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SSB bersama peserta penerima CSR

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 16:36 WIB

SSB Lahirkan Tenaga Kerja Bersaing di Industri Manufaktur

Anak usaha PT ABM Investama Tbk. (ABMM) yang bergerak di sektor rekayasa industri, PT Sanggar Sarana Baja (SSB), menyelenggarakan closing ceremony program Machining Development Program (MDP)…

Danone tanam pohon di Hari Santri

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 16:11 WIB

Danone Indonesia dan Serikat Ekonomi Pesantren Tanam 5000 Bibit Pohon

Dalam rangka merayakan Hari Santri Nasional 2024 yang jatuh pada hari ini, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Serikat Ekonomi Pesantren (SEP), Pondok Pesantren Cintawana Tasikmalaya, dan…

Jalan Tol Pekanbaru - XIII Koto Kampar telah menjadi komponen penting dalam jaringan Tol Trans Sumatera yang merupakan bagian dari ruas Tol Pekanbaru - Padang.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:05 WIB

Tol Pekanbaru – XIII Koto Kampar Perkuat Konektivitas Antar Provinsi dan Permudah Akses Pariwisata

Riau – Sejak dioperasikan oleh PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), Jalan Tol Pekanbaru - XIII Koto Kampar telah menjadi komponen penting dalam jaringan Tol Trans Sumatera yang merupakan…

BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada ajang tahunan Urban Sneaker Society (USS) 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:39 WIB

USS 2024 presented by BRImo: Kolaborasi Fashion dan Lifestyle, Dukungan BRI Dorong Kreativitas Generasi Muda

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Terbaru, BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada…

Penerima bantuan Gerobak Kuliner SIG pada acara Serah Terima Bantuan di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat (18/10/2024).

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:28 WIB

Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan, SIG Bantu Pengembangan Usaha Mikro dan Infrastruktur Pertanian di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program TJSL kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan melalui…