Perkuat Capital Market Syariah, BSI Siapkan Modal Kerja Jangka Pendek Syariah Pertama Bagi Sekuritas

Oleh : Wiyanto | Jumat, 02 Agustus 2024 - 07:54 WIB

Penandatangan perjanjian line facility dilakukan oleh SVP International & Financial Institution BSI Anna Kristanty (dua dari kiri) dan Direktur PT Mandiri Sekuritas Alex Widi Kristiono (tiga dari kiri) disaksikan oleh pihak BSI dan Mansek.
Penandatangan perjanjian line facility dilakukan oleh SVP International & Financial Institution BSI Anna Kristanty (dua dari kiri) dan Direktur PT Mandiri Sekuritas Alex Widi Kristiono (tiga dari kiri) disaksikan oleh pihak BSI dan Mansek.

INDUSTRY.co.id-Jakart —PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan inovasi dalam melakukan penguatan bisnis melengkapi layanan capital market dengan memberikan fasilitas modal kerja jangka pendek untuk perusahaan sekuritas.

Layanan tersebut merupakan fasilitas pertama yang berprinsip syariah bagi perusahaan sekuritas.

Wisnu Sunandar Corporate Secretary BSI menjelaskan, pemberian fasilitas ini diawali dengan pemberian modal kerja jangka pendek syariah kepada PT Mandiri Sekuritas (Mansek). 

Seperti diketahui, Mansek merupakan _top tier_ sekuritas di Indonesia yang menduduki posisi 3 besar. Hal tersebut dinilai dari kegiatan _brokerage_ maupun _underwriting_  Mansek pada 2023, serta telah memiliki lisensi Syariah Online Trading System (SOTS).

“Sebagai _market leader_ perbankan syariah di Indonesia, fasilitas yang diberikan BSI ini melengkapi solusi keuangan syariah bagi perusahaan sekuritas dalam memenuhi kebutuhan likuditas untuk mendukung aktivitas bisnis yang dimiliki. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekosistem capital market syariah,” kata Wisnu.

Wisnu menyebut saat ini terdapat 16 perusahaan sekuritas aktif yang telah memiliki SOTS. Namun, belum ada solusi pendanaan berprinsip syariah yang diberikan oleh perbankan syariah bagi sekuritas dalam memenuhi kebutuhan likuiditas. 

Menurut Wisnu hal ini menunjukkan masih terdapat potensi market yang besar untuk dapat dikembangkan oleh perbankan syariah dalam memenuhi layanan _capital market_ berbasis syariah. 

“Kalau kita lihat secara kapitalisasi pasar pada tahun 2023 terdapat 52,65% saham yang termasuk Indonesia Sharia Stock Index (ISSI),” paparnya.

Sebelumnya, BSI juga mendukung ekosistem capital market syariah dengan berbagai layanan. Di antaranya adalah Rekening Dana Nasabah (RDN) Online, kustodian, wali amanat, _fixed income_, deposito on call (DOC), serta termasuk berbagai layanan perbankan dasar lainnya. 

Selain itu sebagai emiten, BSI turut aktif meramaikan pasar modal dimana pada tahun 2022 BSI telah melakukan Right Issue, BSI juga melakukan penerbitan Sukuk Mudharabah Muqayadah Tapera, Sukuk Mudharabah Subordinasi dan EBAS-SP pada tahun 2023. Yang terbaru, pada Juni 2024 BSI melakukan penerbitan Sukuk Mudharabah Berlandaskan Keberlanjutan Tahap I yang disambut baik oleh market ditandai dengan oversubscribed hingga Rp9 Triliun atau 3 kali dari target bookbuilding.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama FWD Insurance dan OCBC

Senin, 09 September 2024 - 12:58 WIB

Perkuat Kemitraan Bisnis, FWD Insurance dan OCBC Tandatangani Kerja Sama Bancassurance

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) memperkuat kemitraannya dengan PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pemasaran produk asuransi melalui kanal…

Direktur Utama PT Reethau Dharma Andalan Arry Pasya bersama President Director PT Pertagas Niaga Aminuddin seusai penandatanganan kontrak kerja sama

Senin, 09 September 2024 - 12:25 WIB

Reethau Group - Pertagas Niaga Teken Kontrak Kerja Sama Regasifikasi LNG di Kalimantan Timur

Reethau Group, perusahaan yang fokus pada industri energi melalui, PT Reethau Dharma Andalan menandatangani kontrak kerja sama dengen PT Pertagas Niaga untuk pekerjaan Jasa Pengangkutan Penyimpanan,…

Kenko dan Sampari berkolaborasi

Senin, 09 September 2024 - 12:17 WIB

Kenko Stationery Gandeng Sampari Luncurkan Produk Alat Tulis Sekolah

PT Kenko Sinar Indonesia (Kenko Stationery) menggandeng kerja sama dengan Sampari resmi meluncurkan serangkaian produk alat tulis sekolah Kenko Stationery yang diperkenalkan melalui wadah kreasi…

Presiden Jokowi Resmikan Tiga Infrastruktur Konektivitas di Jawa Timur

Senin, 09 September 2024 - 10:43 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tiga Infrastruktur Konektivitas di Jawa Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Flyover Djuanda (858 m) yang berada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur,…

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem

Senin, 09 September 2024 - 10:38 WIB

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem, Ajak Masyarakat Berlari Sambil Membersihkan Lingkungan

Melalui event bertajuk Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem, Garmin Indonesia mengajak masyarakat untuk berlari bersama sembari membersihkan sampah di sepanjang rute lari