WOM Finance Raih Laba Bersih Rp97,3 Miliar per 30 Juni 2024

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 02 Agustus 2024 - 05:00 WIB

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance
PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau WOM Finance meraih pertumbuhan positif pada Triwulan Kedua 2024 dengan berhasil meraih laba bersih sebesar Rp97,3 miliar atau naik 10,42% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Di sisi lain, total aset per Juni 2024 tercatat sebesar Rp6,9 triliun, atau meningkat 1,72% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

 

“WOM Finance terus berkomitmen untuk melangkah maju dan berhasil membukukan kinerja yang positif walaupun tahun 2024 memiliki tantangannya tersendiri. Kami telah mengimplementasikan berbagai strategi  untuk menghadapi dinamika bisnis yang terjadi saat ini,” kata Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar.

 

Selain itu, WOM Finance juga berhasil mempertahankan rasio keuangan yang baikserta terus melakukan optimalisasi biaya operasional secara efisien. Ekspansi bisnis di berbagai wilayah Indonesia untuk memberikan layanan yang lebih luas juga turut memberikan kontribusi positif terhadap kinerjaPerusahaan.

 

Total ekuitas WOM Finance per Juni 2024 tercatat sebesar Rp 1,7 triliun atau meningkat 11,81% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. WOM Finance sendiri berhasil mencatatkan Return on Asset (ROA) sebesar 4,01% dengan Return on Equity (ROE) sebesar 11,34%, sedangkan Non Performing Financing (NPF) - Gross terjaga dengan baik di 2,44% seiring dengan pertumbuhan bisnis Perusahaan.

 

Djaja juga mengakui bahwa meskipun tantangan ekonomi global masih ada, perusahaan tetap mampu menjaga kinerja keuangan yang solid. "Kami terus berupaya untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada, sambil tetap memperhatikan risiko dengan cermat," pungkasnya.

 

Dengan pencapaian ini, WOM Finance tidak hanya berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemain utama di industri pembiayaan di Indonesia, tetapi juga mampu memberikan nilai tambah yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan perusahaan. Perusahaan optimis dapat terus melanjutkan pertumbuhan bisnis danmemberikan kontribusi yang berarti bagi perekonomian nasional.

 

 

Tentang WOM Finance

 

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk didirikan pada 1982 dengan nama PT Jakarta Tokyo Leasing yang bergerak di bidang pemberian pembiayaan sepeda motor, khususnya untuk sepeda motor merek Honda. Pada tahun 2000, Perseroan mengubah nama menjadi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan Perseroan terus mengalami perkembangan dan tidak lagi hanya melayani pembiayaan sepeda motor merek Honda, tapi juga sepeda motor merek Jepang lainnya, seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

 

Pada tahun 2005, WOM Finance menjadi bagian dari kelompok usaha PT Bank Maybank Indonesia Tbk (MBI) setelah mengakuisisi 43% kepemilikan saham Perseroan. Pada tahun 2015, Perseroan melakukan right issue melalui Penawaran Umum Terbatas, di mana MBI bertindak sebagai standby buyer. Dalam right issue ini, WOM Finance menerbitkan 3.481.481.480 saham baru.

 

Kini, kepemilikan saham MBI di Perseroan sebesar 67,49%. Pemegang saham terbesar kedua adalah PT Wahana Makmur Sejati dengan jumlah kepemilikan saham sebesar 25,01% dan publik sebesar 7,50%.

 

Saat ini, WOM Finance telah bekerjasama dengan beragam platform aplikasi digital untuk mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran. Selain itu, penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran konsumen merupakan upaya WOM Finance dalam memberikan layanan berkualitas yang didukung oleh MBI.

 

WOM Finance juga terus meningkatkan permodalan baik melalui penerbitan obligasi maupun pinjaman dari bank. Hingga Juni 2024, Perseroan telah mendapatkan pendanaan dari bank senilai Rp 1,2 triliun.

 

Kinerja operasional WOM Finance didukung oleh 205 kantor jaringan dengan lebih kurang 2.321 karyawan untuk melayani lebih kurang 299 ribu konsumen aktif melalui sumber daya manusia yang unggul dan layanan yang berkualitas.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama FWD Insurance dan OCBC

Senin, 09 September 2024 - 12:58 WIB

Perkuat Kemitraan Bisnis, FWD Insurance dan OCBC Tandatangani Kerja Sama Bancassurance

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) memperkuat kemitraannya dengan PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pemasaran produk asuransi melalui kanal…

Direktur Utama PT Reethau Dharma Andalan Arry Pasya bersama President Director PT Pertagas Niaga Aminuddin seusai penandatanganan kontrak kerja sama

Senin, 09 September 2024 - 12:25 WIB

Reethau Group - Pertagas Niaga Teken Kontrak Kerja Sama Regasifikasi LNG di Kalimantan Timur

Reethau Group, perusahaan yang fokus pada industri energi melalui, PT Reethau Dharma Andalan menandatangani kontrak kerja sama dengen PT Pertagas Niaga untuk pekerjaan Jasa Pengangkutan Penyimpanan,…

Kenko dan Sampari berkolaborasi

Senin, 09 September 2024 - 12:17 WIB

Kenko Stationery Gandeng Sampari Luncurkan Produk Alat Tulis Sekolah

PT Kenko Sinar Indonesia (Kenko Stationery) menggandeng kerja sama dengan Sampari resmi meluncurkan serangkaian produk alat tulis sekolah Kenko Stationery yang diperkenalkan melalui wadah kreasi…

Presiden Jokowi Resmikan Tiga Infrastruktur Konektivitas di Jawa Timur

Senin, 09 September 2024 - 10:43 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tiga Infrastruktur Konektivitas di Jawa Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Flyover Djuanda (858 m) yang berada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur,…

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem

Senin, 09 September 2024 - 10:38 WIB

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem, Ajak Masyarakat Berlari Sambil Membersihkan Lingkungan

Melalui event bertajuk Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem, Garmin Indonesia mengajak masyarakat untuk berlari bersama sembari membersihkan sampah di sepanjang rute lari